Analisa Pasar untuk Usaha Kecil

(Business Lounge –

Jika Anda ingin membuat suatu usaha/bisnis ataupun Anda baru memulai sebuah bisnis,  maka diperlukan analisa pasar yaitu satu identifikasi potensi keuntungan dan kerugian dari bisnis yang ingin Anda jalankan.

Analisa pasar adalah bagian yang penting dalam membuat sebuah rencana bisnis. Juga merupakan bagian yang akan menjadikan bisnis Anda menjadi kuat dan berkembang seiring dengan  pasar yang terus mengalami perubahan.

Saat Anda memulai suatu bisnis, maka Anda harus memperhatikan dengan cermat pasar yang ingin Anda masuki. Hal ini yang akan membantu Anda dalam merencanakan strategi pemasaran, penetapan harga, dan operasional bisnis Anda.

Setelah bisnis Anda berdiri dan mulai berjalan, hal selanjutnya Anda perlu menganalisa lingkungan bisnis Anda secara berkala. Dengan melakukan analisa pasar maka Anda dapat memeriksa bisnis Anda, target demografis, struktur harga, dan persaingan pasar.

Analisa pasar ini  penting dilakukan, jika Anda ingin meraih sukses dalam menjalankan usaha Anda. Sehingga Anda dapat membuat satu strategi yang tepat bagi usaha ataupun bisnis Anda.

Analisa ini  meliputi riset terhadap industri, target demografi,  struktur harga, dan competitor.

Industri

Anda perlu meneliti bisnis yang Anda lakukan jika Anda sudah memulai bisnis ini, dengan melihat bagaimana kinerjanya dan berapa profit yang Anda peroleh. Apakah karena dampak pandemi usaha Anda mengalami penurunan dan sampai saat ini masih proses recovery atau belum pulih seperti sediakala? Ataukah mengalami pertumbuhan yang lambat, atau stagnan.

Target Demografi

Siapa pelanggan ideal Anda? Anda perlu mengetahui pelanggan ideal Anda, dari mengetahui siapa mereka, di mana mereka tinggal, berapa banyak uang yang mereka miliki, dan berapa banyak uang yang mereka keluarkan. Untuk itu diperlukan suatu survei.

Jikalau bisnis Anda berbasis lokal, Anda perlu mengetahui berapa banyak target demografis Anda yang meninggalkan/pindah dari wilayah tersebut setiap tahunnya. Setelah Anda mengetahui semua hal di atas, maka mulailah melihat, apa yang mereka suka? Apa yang mereka beli? Layanan pelanggan seperti apa yang mereka harapkan?

Struktur Harga

Dalam rencana bisnis Anda, Anda harus mematok harga produk Anda. Dengan analisis pasar yang telah Anda lakukan, maka ini akan sangat berguna. Anda tidak bisa menetapkan harga secara sembarangan. Jika Anda berencana mengenakan biaya yang jauh lebih mahal dibandingkan kompetitor, Anda dapat mempertimbangkan apakah produk atau layanan Anda memiliki manfaat yang lebih bagi pelanggan?

Kompetitor

Hal terakhir adalah analisa competitor/pesaing Anda. Anda dapat melihat apa yang dilakukan pesaing Anda berdasarkan analisis pasar Anda. Apa yang membuat bisnis Anda akan lebih unggul dari mereka? Di manakah mereka gagal dalam pasar? Anda harus memahami cara pesaing Anda melakukan segala sesuatunya – dan pelajarilah hal-hal tersebut.

Semakin dalam Anda melakukan analisa pasar, maka akan semakin baik hasil yang akan Anda capai.

Bersiaplah untuk memikirkan kembali beberapa strategi marketing Anda saat Anda mengetahui apa yang terjadi pasar. Bisnis Anda mungkin tampak bagus dalam pikiran Anda, tapi apakah pada kenyataanya bisnis Anda sukses dalam meraih keuntungan. Karena itu lakukanlah analisa pasar secara berkala. Dengan melakukan analisis pasar secara berkala, Anda bisa membuat satu strategi yang sesuai dengan perkembangan pasar. Salam Sukses!