Bagaimana Mengelola dan Meningkatkan Retensi Karyawan (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Human Resources)

Retensi karyawan sangat penting bagi usaha kecil karena biaya perekrutan karyawan baru bisa sangat besar.Untungnya, beberapa strategi efektif dapat membantu bisnis mempertahankan karyawan, dan sebagian besar metode tersebut gratis atau murah. Selanjutnya merupakan dua cara berikut untuk meningkatkan retensi karyawan:

3. Membuat karyawan merasa dihargai untuk meningkatkan retensi.
Sebuah perusahaan hanya akan bagus jika karyawannya — dan itu berarti semua orang di organisasi, bukan hanya mereka yang berada di C suite. Menunjukkan kepada karyawan bahwa mereka penting akan meningkatkan moral perusahaan dan memberi tim Anda tujuan.

“Anda harus memastikan semua orang di organisasi, apa pun pekerjaannya, memahami betapa pentingnya pekerjaan mereka bagi keseluruhan,” kata Fiatte.

Jika karyawan mengetahui bahwa bisnisnya tidak dapat berfungsi tanpa mereka, mereka akan merasa senang untuk datang bekerja setiap hari. Fiatte mencatat bahwa penting untuk menghubungkan pekerjaan seseorang dengan nilai yang diberikannya kepada organisasi.

Cara gratis dan mudah untuk membantu karyawan merasa dihargai adalah dengan mengucapkan terima kasih. Meski terdengar sederhana, hal ini tidak lazim dilakukan di banyak perusahaan. “Bagi saya, itu adalah mata rantai yang hilang,” kata Fiatte. “Kamu tidak akan pernah bisa cukup mengucapkan terima kasih.”

4. Menawarkan manfaat peningkatan gaya hidup untuk meningkatkan retensi karyawan.
Memberikan “manfaat peningkatan gaya hidup” dapat menjadi cara ampuh untuk merekrut dan mempertahankan karyawan, kata Moses Balian, pakar SDM di Justworks.

“Ada banyak manfaat tambahan yang semakin populer yang berhubungan dengan gaya hidup,” kata Balian. Kebugaran, kesehatan mental, dan peningkatan manfaat medis sangat dihargai.

Balian menyarankan untuk menawarkan karyawan akses ke keanggotaan gym, kelas kebugaran digital, aplikasi kesehatan mental, program bantuan karyawan, dan jadwal kerja yang fleksibel untuk membantu menjaga pekerja tetap bahagia dan setia.

Tunjangan kerja keren yang meningkatkan kebahagiaan karyawan mencakup pijat dan yoga di rumah, buku gratis, waktu istirahat yang cukup, hari kesehatan mental, dan liburan mengambang.

Bagaimana Anda melacak retensi karyawan?
Anda dapat memiliki rencana retensi terbaik, namun jika tidak diterima oleh karyawan, hal ini akan membuang-buang waktu. Melacak pergantian sangat penting untuk mengukur keberhasilan strategi retensi Anda. Fiatte merekomendasikan pelacakan omset setiap bulan. “Dengan melakukan itu, Anda mulai melihat tren, dan Anda dapat merencanakan omset tersebut,” kata Fiatte.

Berikut beberapa tip yang perlu dipertimbangkan saat Anda melacak retensi karyawan:

Pahami omzet yang umum terjadi di industri Anda. Tingkat turnover sangat bervariasi tergantung pada industri dan perannya. Misalnya saja, bisnis dengan banyak posisi penjualan cenderung memiliki tingkat turnover yang tinggi, sedangkan perusahaan dengan staf yang lebih senior cenderung memiliki tingkat turnover yang lebih rendah. Oleh karena itu, saat Anda melakukan tolok ukur, penting untuk membandingkan tingkat retensi yang serupa.
Lakukan wawancara keluar. Saat Anda melacak retensi karyawan, ingatlah manfaat wawancara keluar, yang memberikan wawasan berharga untuk membantu mengurangi pergantian karyawan. “Anda harus bertanya kepada [karyawan yang keluar] mengapa mereka keluar, apakah mereka memanfaatkan beberapa tunjangan tambahan, dan apakah asuransi kesehatan sesuai dengan keinginan mereka,” saran Balian. Pertanyaan juga bisa fokus pada manajemen dan budaya perusahaan. “Sangat penting untuk duduk dan memikirkan kuesioner exit interview,” tambah Balian.
Perbarui pertanyaan wawancara keluar Anda. Periksa proses wawancara keluar Anda setiap tahun untuk memastikan Anda mengajukan pertanyaan yang tepat kepada karyawan yang akan keluar. Misalnya, sebelum pandemi, Anda mungkin bertanya tentang tunjangan komuter. Namun, pada tahun 2020, akses terhadap tunjangan kesehatan tambahan mungkin lebih penting bagi karyawan. Dan pada tahun 2023, kebebasan dan fleksibilitas adalah kuncinya.

Jangan sertakan atasan langsung karyawan yang akan keluar dalam wawancara keluar, terlepas dari apakah mereka adalah atasan yang baik atau atasan yang buruk. Anda ingin karyawan yang akan berangkat merasa nyaman berbicara dengan bebas.

Mengapa karyawan pergi?
Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, pada Januari 2022, median jumlah tahun pekerja berupah dan gaji tetap bekerja di suatu perusahaan adalah 4,1, turun sedikit dari 4,2 pada Januari 2018.

Berikut adalah beberapa alasan utama karyawan meninggalkan pekerjaannya:

Mereka menginginkan kompensasi yang lebih tinggi.
Pekerjaannya tidak menantang.
Tidak ada jalur yang jelas untuk tumbuh di dalam perusahaan.
Mereka tidak memiliki akses terhadap asuransi kesehatan dan program pensiun karyawan.
Mereka tidak merasa dihargai.
Waktu fleksibel bukanlah suatu pilihan.
Mereka punya masalah dengan manajer.
Mereka kelelahan karena terlalu banyak bekerja atau stres.
Mereka tidak diakui atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik.
Tidak ada arahan yang jelas dari manajemen.
Mereka tidak cocok dengan budaya perusahaan.

Mengapa karyawan tetap tinggal?
Karyawan akan cepat berganti pekerjaan ketika mereka tidak merasa dihargai dan tertantang. Namun, mereka juga setia jika diperlakukan dengan benar. Berikut beberapa alasan umum mengapa karyawan tetap bekerja di perusahaan:

Gaji yang kompetitif
Tingkat keterlibatan yang tinggi
Jadwal kerja yang fleksibel
Jalur yang jelas untuk maju dalam organisasi
Akses terhadap pembelajaran dan pengembangan
Program imbalan kerja yang komprehensif
Manajemen yang suportif dan empati
Hormat dan terima kasih
Budaya perusahaan dan tim yang hebat
Dukungan untuk misi perusahaan

Fokus pada pemenuhan kebutuhan karyawan untuk meningkatkan retensi

Tetap selaras dengan perubahan kebutuhan karyawan dapat membantu Anda mengelola dan meningkatkan retensi karyawan. Kebutuhan ini terus berubah berdasarkan faktor internal dan eksternal. Mempertahankan saluran komunikasi dua arah yang terbuka dapat membantu memastikan Anda mengendalikan sentimen dan kekhawatiran karyawan sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan staf Anda dan membendung gelombang pergantian karyawan.