Apakah Penting Menemukan Kebahagiaan di Tempat Kerja?

(Businesslounge Journal-Human Resources)

Alarm Anda berbunyi dan Anda bangun, inilah waktunya bersiap untuk hari kerja Anda. Anda akan bekerja dengan bahagia hari ini, dan itu akan memacu langkah Anda. Namun tidak semua orang merasakan hal yang sama seperti Anda. Perasaan kita terhadap pergi bekerja setiap hari dapat berdampak pada kesejahteraan kita. Penting bagi kita untuk mempelajari bagaimana kita dapat merasa lebih positif terhadap lingkungan kerja kita, dan juga mengapa kita mungkin merasakan hal sebaliknya sehingga kita dapat menciptakan perubahan.

Terkadang, alasan mengapa kita tidak merasa senang berangkat kerja bukan karena diri kita sendiri, melainkan karena faktor lain di tempat kerja kita.

Pikirkan lebih jauh dari keuntungan yang Anda dapatkan di tempat kerja yang diberikan oleh perusahaan Anda. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kebahagiaan Anda di tempat kerja bisa mencakup hal-hal sebagai berikut:
-Hubungan dengan anggota tim
-Peluang untuk pengembangan profesional
-Keseimbangan kehidupan kerja
-Bagaimana pekerjaan Anda saat ini memengaruhi kesehatan mental Anda.

Cari tahu bagaimana menjadi bahagia di tempat kerja dan mengapa penting untuk menghargai kegembiraan.

Apa pentingnya menemukan kebahagiaan di tempat kerja?

Anda akan sering mendapatkan nasihat tentang bagaimana menjadi efektif dalam pekerjaan Anda. Namun jarang kita mendengar kebijaksanaan yang mengakui pentingnya kebahagiaan di tempat kerja.

Kesehatan mental dan kesejahteraan Anda jauh lebih penting daripada berapa banyak pertemuan yang Anda hadiri atau spreadsheet yang Anda buat dalam sehari. Tentu saja, karyawan yang bahagia menghasilkan pekerjaan yang lebih baik dan lebih produktif. Namun kebahagiaan di tempat kerja berkontribusi lebih dari sekedar kualitas kontribusi kita di tempat kerja.

Kebahagiaan karyawan bukanlah hal yang baik untuk dimiliki — melainkan suatu kebutuhan. Ini membantu anggota tim tetap termotivasi, menghindari kelelahan dan mengenali kemampuan satu sama lain.

Saat Anda senang pergi bekerja dan berada di sana, kemungkinan besar Anda juga akan pulang dalam keadaan lebih bahagia. Anda tidak akan membawa pulang pengalaman negatif, dan tanggung jawab profesional juga tidak akan membebani Anda. Semua ini menambah peningkatan kehidupan pribadi dan keseimbangan kehidupan kerja.

Apa yang bisa saya lakukan agar lebih bahagia di tempat kerja?

Tunjangan dari perusahaan tempat Anda bekerja dapat memberikan pengaruh besar terhadap kebahagiaan Anda di tempat kerja. Namun ada banyak hal yang dapat Anda lakukan sendiri untuk membuat pengalaman kerja Anda lebih bahagia.

Lihatlah tips berikut, yang dibagi menjadi beberapa cara untuk meningkatkan kebahagiaan di tempat kerja Anda saat ini — dan di masa depan. Anda dapat menerapkan tips ini dalam peran Anda saat ini. Atau, ingatlah hal-hal tersebut saat Anda mulai mencari pekerjaan lagi.

Hadiahi diri Anda sendiri untuk pencapaian apa pun, besar atau kecil
Buat playlist lagu yang meningkatkan mood Anda
Isi tubuh Anda dengan diet seimbang (ya, apa yang Anda makan memengaruhi suasana hati dan tingkat energi Anda)
Bangun, regangkan tubuh, dan lakukan aktivitas fisik
Gunakan self-talk positif untuk membantu Anda melewati masa-masa sulit
Miliki beberapa praktik perawatan diri
Sebarkan kegembiraan kepada rekan kerja lainnya dengan cara sekecil apa pun yang Anda bisa
Hiasi area kerja Anda dengan benda-benda nyaman seperti mug dan foto

10 tips untuk masa depan

Temukan karier yang Anda sukai dan selaras dengan nilai-nilai Anda
Carilah pekerjaan yang memungkinkan Anda menjadi kreatif
Pastikan tempat kerja Anda menghargai waktu istirahat
Tuliskan tujuan Anda untuk tahun depan dan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya
Waspadai tanda-tanda kelelahan di antara Anda dan anggota tim lainnya
Berani dan ambil risiko
Jaringan untuk memperluas daftar teman kerja dan koneksi profesional Anda
Jangan takut untuk menolak pekerjaan jika Anda merasa hal itu tidak baik bagi kesejahteraan Anda
Jadikan akhir pekan Anda berarti sehingga Anda merasa segar kembali

Faktor apa saja yang memengaruhi kesejahteraan Anda di tempat kerja?

Anda dapat melakukan banyak hal untuk tingkat kebahagiaan Anda. Namun tidak semuanya berada di bawah kendali Anda. Yang dapat Anda kendalikan adalah sikap Anda, dan lima faktor di lingkungan kerja berikut yang memengaruhi kebahagiaan Anda:

1. Hubungan Anda dengan rekan kerja

Kita semua ingin memiliki teman dan orang yang akrab dengan kita di tempat kerja. Selain menjadi sumber kegembiraan, anggota tim kami dapat mendukung kami baik secara profesional maupun pribadi.
Jika Anda menghadapi masalah, Anda ingin merasa bisa menjelaskan perasaan atau situasi Anda kepada tim Anda untuk mendapatkan dukungan. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti mengajak seseorang makan siang dapat membuat perbedaan dalam kebahagiaan kita di tempat kerja. Berusahalah untuk membangun hubungan yang bermakna dengan kolega Anda.

2. Kesempatan Anda untuk menggunakan keahlian Anda

Anda tahu keahlian Anda, dan Anda ingin memanfaatkannya dengan baik. Mungkin Anda baru saja menyelesaikan sekolah dan bersemangat menerapkan ilmu yang telah Anda pelajari. Jika pekerjaan Anda tidak memuaskan Anda atau tidak memungkinkan Anda melakukan apa yang Anda sukai, hal itu bisa mengecewakan.
Menggunakan keterampilan kita membuat kita merasa mampu dan cerdas. Tanpanya, Anda mungkin merasa menyia-nyiakan bakat Anda.

Cobalah meminta lebih banyak peluang di tempat kerja Anda saat ini jika Anda merasa kurang memanfaatkan keterampilan Anda. Atau, pertimbangkan untuk mencari peran baru.

3. Tingkat kemandirian Anda

Jika atasan Anda selalu mengawasi Anda, Anda mungkin merasa tidak memiliki otonomi di tempat kerja. Kurangnya kemandirian berkontribusi pada kurangnya peluang pertumbuhan dan pengembangan karir.
Ini juga bisa menjadi tanda bahwa manajer Anda tidak mempercayai Anda. Memiliki seseorang yang terus-menerus mengevaluasi setiap gerakan Anda menghalangi kemampuan Anda untuk menikmati pekerjaan Anda. Menjadi orang yang dikelola secara mikro membuat kita merasa bahwa kita tidak mampu, meskipun sebenarnya kita mampu.
Cobalah mencari peluang untuk melakukan pekerjaan Anda sendiri. Ini bisa menjadi ujian bagi manajer Anda untuk melihat apakah mereka mengizinkan Anda melakukan hal tersebut, dan seberapa besar mereka memercayai Anda.

4. Budaya perusahaan

Bagaimana perasaan Anda saat masuk ke kantor? Apakah suasananya ramah dan positif, atau justru penuh persaingan dan ketakutan? Anda mengelilingi diri Anda dengan energi ini setiap hari, jadi tentu saja hal ini akan berdampak pada kebahagiaan di tempat kerja Anda.
Budaya perusahaan bukanlah sesuatu yang bisa kita ubah semudah makan siang bersama rekan kerja. Jika suasana dari atasan Anda, sesama anggota tim, dan tugas yang dituntut dari Anda merusak suasana hati Anda, maka akan sulit menemukan sumber kebahagiaan.
Memiliki budaya perusahaan yang positif tidak hanya penting bagi Anda. Deloitte menemukan bahwa 94% eksekutif dan 88% karyawannya percaya bahwa budaya perusahaan adalah bagian penting bagi kesuksesan bisnis.
Ini adalah bagian dari tempat kerja yang perlu dihargai tidak hanya demi kebahagiaan Anda sendiri, namun juga dari sudut pandang bisnis. Jika tempat kerja Anda tidak mementingkan budaya perusahaan, ini bisa menjadi sinyal bahwa mereka tidak melihat banyak manfaat dalam menjaga kebahagiaan karyawan atau mengembangkan bisnis mereka.
Mulailah percakapan dengan manajer Anda dan anggota tim lainnya. Tanyakan bagaimana mereka menghargai budaya perusahaan, dan bagaimana mereka berencana berupaya mempertahankannya.

5. Kemampuan Anda untuk menemukan makna dalam pekerjaan

Kita semua ingin pekerjaan kita bermakna. Ketika nilai-nilai kita selaras dengan pernyataan misi dan tujuan pekerjaan kita, hal itu akan meningkatkan kebahagiaan kita. Jika tidak, kita kesulitan menemukan motivasi untuk bekerja keras dan menikmati apa yang kita lakukan.
Keterlibatan karyawan membuat orang tetap fokus pada tujuan mereka dan mendorong mereka untuk bekerja dengan baik. Tanpanya, kita mungkin merasa seperti robot yang melakukan tugas yang sama setiap hari.
Karyawan yang menemukan makna dalam pekerjaannya memiliki kemungkinan 69% lebih kecil untuk berhenti dari pekerjaannya dalam waktu enam bulan. Karena pekerjaan mereka memuaskan dan membuat mereka merasa memiliki tujuan, mereka tidak melihat alasan untuk berhenti.
Berusahalah untuk menemukan pekerjaan yang berarti bagi Anda. Teliti dan pelajari nilai-nilai perusahaan tempat Anda bekerja, dan lihat apakah nilai-nilai tersebut selaras dengan nilai-nilai Anda.

Setiap orang berhak bahagia di tempat kerja, apa pun yang mereka lakukan. Ingat — menemukan kebahagiaan di tempat kerja tidak hanya untuk tujuan profesional. Kesehatan mental Anda mengikuti Anda kemana saja. Pergi bekerja dengan bahagia adalah sebuah kebutuhan, bukan sebuah kemewahan.
Terkadang kita bertahan pada pekerjaan yang membuat kita bahagia karena rasa takut, namun itu bukanlah cara yang pantas untuk kita jalani. Membuat perubahan pada pengalaman kerja Anda penuh dengan ketidakpastian, namun menemukan cara untuk menjadi lebih bahagia di tempat kerja akan bermanfaat bagi Anda di masa depan.