Google Kerja Keras Kembalikan Googler Bekerja dari Kantor

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Google yang berlokasi di Mountain View, California, Amerika Serikat sedang berupaya  mengembalikan karyawannya untuk bekerja dari kantor. Google memahami bahwa kendala jarak menyebabkan para Googler (sebutan untuk para karyawan Google) lebih memilih bekerja dari dengan alasan akan menjadi lebih produktif.

Karena itu, sebagai salah satu cara yang dilakukan Google adalah dengan menawarkan rate spesial jika karyawan mau menyewa kamar hotel yang terletak pada lokasi di mana kantor Google berada di Mountain View. 

Namun, nampaknya hal ini belum mendapatkan respons positif dari para karyawan.

Dalam keterangannya, Google menyampaikan bahwa perusahaan memberikan kesempatan pada karyawan penuh waktu untuk dapat memesan kamar di hotel seharga US $ 99 (setara dengan 1,5 juta rupiah) per malam selama musim yang disebut dengan “Summer Special”. Penawaran ini berlaku hingga 30 September 2023 sehingga diharapkan akan mempermudah para Googler untuk memilih beralih ke tempat kerja hybrid.

Google memang memiliki hotel di kampus barunya di Mountain View, California, yang telah dibuka sejak tahun 2022. Kampus ini memiliki luas 42 hektar dan bersebelahan dengan Ames Research Center milik Nasa. Hotel ini juga memiliki kapasitas yang sanggup menampung hingga 4.000 karyawan yang ketika itu sedang mengerjakan produk iklannya.

Terletak di jantung Silicon Valley, kota Mountain View memang sangat kekurangan perumahan dan berisi banyak perkantoran yang banyak di antaranya dimiliki atau disewa oleh Google.

Namun tawaran menginap ini hanya diberikan kepada para karyawan yang memang sedang tidak dalam perjalanan bisnis. Oleh karena itu, perusahaan tidak akan mengganti biaya inap karyawan dan akan mengharuskan mereka menggunakan kartu kredit pribadi mereka.

Google memang hanya sedang mencoba untuk mempermudah karyawan yang akan ke kantor pada esok hari. Sebab dengan demikian, para karyawan tidak perlu bangun terlalu pagi untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh. Sebaliknya, mereka dapat tidur lebih panjang, lalu bangun untuk sarapan dan masih sempat berolahraga sebelum menuju kantor.

Sebenarnya ini bukan upaya Google yang pertama untuk memfasilitasi karyawannya. Google secara teratur mengadakan penawaran khusus bagi karyawan untuk memanfaatkan ruang dan fasilitas perusahaan.

Namun demikian, penawaran ini masih dinilai terlalu mahal bagi para Googler.

Upaya Google untuk membawa sebagian besar Googler kembali ke kantor sudah dimulai pada tahun 2022, yaitu tiga hari dalam seminggu. Namun terkendala ketika tingkat infeksi Covid sempat melonjak kembali.

Pada bulan Juni, perusahaan menjadi lebih ketat, mengumumkan ketentuan baru yang mencakup penggunaan kehadiran di kantor dalam tinjauan kinerja dan pelacakan badge data. Kepala SDM perusahaan bahkan meminta pekerja jarak jauh yang sudah disetujui untuk mempertimbangkan kembali status mereka dan bergabung kembali dengan rekan mereka di kantor.

Pict: wikipedia