Successful Brand Campaigns Sepatu NIKE – Bisa Kamu Tiru!

(Business Lounge Journal – Marketing)

Dunia marketing itu  dinamis dan selalu berubah.  Demikian juga dengan strategi marketing campaigns yang juga dinamis dan selalu berubah seiring dengan tren konsumen dan kondisi dunia pada saat ini. Inilah sebabnya mengapa setiap perusahaan membutuhkan strategi marketing yang baik, yang direncanakan dengan baik dan memiliki tujuan yang jelas.

Strategi pemasaran yang inovatif dan kreatif dapat membuat  bisnis Anda menghasilkan  penjualan yang berhasil.

Dinsini kita akan melihat brand sepatu Nike yang sanggup meraih kesuksesannya melalui strategi kampanye marketing yang berhasil.

Siapa tidak kenal brand Nike ?

Nike adalah perusahaan peralatan olahraga dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Kapitalisasi pasar Nike mencapai US$ 263,36 miliar per 5 Januari 2022.

Nilai kapitalisasi pasar Nike 4,5 kali lipat dari kompetitornya, Adidas yang berada di posisi kedua. Kapitalisasi pasar Adidas tercatat sebesar US$ 58,2 miliar, jauh di bawah Nike.

Segmentasi Nike:

Perusahaan Nike berdasarkan segmentasi psikografis, produk utamanya adalah sepatu, namun juga mengembangkan produk peralatan olahraga, pakaian olahraga, sehingga langkah yang dilakukan oleh perusahaan Nike adalah single segmen concentration, maksudnya perusahaan yang hanya memiliki satu segmen.

Target perusahaan:

Target perusahaan Nike adalah penggemar olahraga. Nike telah konsisten membidik pasar penggemar olahraga dengan hasil maksimal. Ini menjadikan Nike sebagai produk sport ware di seluruh dunia dengan gaya promosi mensponsori atlet.

Positioning:

Positioning perusahaan Nike adalah berdasarkan image sebagai produk sepatu olahraga, sehingga dengan positioning yang kuat menjadikan Nike bekerjasama dengan produsen peralatan olahraga. Hal ini berdampak baik  bagi perusahaan sehingga sampai saat ini Nike tetap berada sebagai market leader untuk produk sport ware.

Berikut kampanye pemasaran yang sukses yang dibuat oleh Brand sepatu Nike yang  terbaik sepanjang masa

Nike’s Just Do It

Pada tahun 1988, Nike meluncurkan kampanye yang paling ikonik, “Just do it” dengan menampilkan atlet profesional dan amatir yang membagikan pencapaian mereka dan menginspirasi pemirsa untuk melakukan hal yang sama. Salah satu iklan televisi pertama untuk kampanye tersebut menampilkan seorang pelari maraton berusia 80 tahun bernama Walt Stack, seorang atlet berdedikasi yang berlari sejauh 17 mil setiap pagi.

Setelah kampanye ditayangkan, ribuan orang mengirimkan kisah pribadi tentang saat-saat ketika mereka memutuskan untuk mengambil lompatan dan “Just do it”,  dari kebiasaan yang  “mager” (malas gerak) sampai ada yang berhasil  kehilangan lebih dari seratus pound berat badan.

Fokusnya tidak pada sepatu atau bagaimana sepatu membantu seseorang menjadi atlet yang lebih baik. Fokusnya adalah membangkitkan respons emosional terhadap brand itu sendiri.

Lalu, bagaimana Anda dapat membantu pelanggan Anda agar mereka merasa bahwa mereka dapat mengatasi tantangan yang mereka hadapi?

Apa yang membuat kampanye pemasaran ini berhasil ?

Nike mengidentifikasi hubungan emosional dengan audiensnya dengan memberikan motivasi, inspirasi, dan gaya hidup sehat.

Strategi Nike untuk mengintegrasikan proposisi nilai perusahaan dengan pesan yang digerakkan secara emosional menghasilkan kampanye pemasaran yang sangat sukses.

Kampanye Just Do It Nike adalah kampanye pemasaran yang  brilian yang menggunakan emosi untuk menjangkau target kliennya.

Nike’s Find Your Greatness

Ketika Adidas berhasil menjadi sponsor pakaian olahraga resmi Olimpiade Musim Panas 2012, Nike harus membuat sebuah  kampanye pemasaran yang brilian lainnya untuk melawan publisitas yang  diraih oleh  Adidas.

Nike membuat serangkaian iklan yang menunjukkan orang biasa melakukan hal-hal seperti lari maraton, berenang, bermain rugby, dan kegiatan atletik lainnya.

Dalam kampanye pemasarannya, Nike memberikan pesan bahwa  Anda tidak perlu menjadi bagian dari Olimpiade untuk menjadi hebat : “Greatness is wherever somebody is trying to find it.” “Kehebatan ada di mana pun seseorang berusaha menemukannya.”

Pesan penutupnya merupakan  sebuah kata-kata yang hebat yang sangat  inspiratif  “Find your greatness.” “Temukan kehebatan Anda.” Pesan inspiratifnya adalah kehebatan adalah untuk semua orang.

Pesan Nike ini  dapat menginspirasi pelanggan potensialnya  untuk membuat mereka merasa dirayakan seperti atlet olimpiade yang merayakan kemenangannya.

Nike’s Play Inside

Pada awal pandemi, Nike ingin tetap mendorong pelanggannya untuk melakukan social distancing sambil tetap melakukan aktifitasnya dengan baik dan tetap menjaga kesehatan dengan tetap melakukan olahraga.

Salah satu strategi kampanye pemasarannya, Nike menampilkan atlet seperti  Michael Jordan dan Serena Williams. Dengan pesan yang disampaikan “If you ever dreamed of playing for millions around the world, now is your chance. Play inside. Play for the world.

Artinya adalah “Jika Anda pernah bermimpi bermain untuk jutaan orang di seluruh dunia, sekarang adalah kesempatan Anda.  Bermain di dalam. Bermain untuk dunia.”

Nike juga membuat iklan video dengan pesan yang sama, yaitu menampilkan orang-orang yang bermain basket sendirian, mengangkat beban sendirian, dan berolahraga sendirian.

Strategi iklan Nike yang kreatif ini, terbukti  menghasilkan dampak yang cukup berkesan di benak konsumen, dan menggerakkan konsumen untuk melakukan ide-ide inspiratif yang disampaikan oleh brand ini

Karena itu, jika Anda ingin brand Anda sukses, buatlah ide-ide kreatif dan inspiratif bagi konsumen Anda. Bangunlah satu kecintaan konsumen kepada brand Anda dan lebih dalam lagi bagi pelanggan setia Anda. Teruslah untuk membangun ide kreatif Anda. Bangun ide kreatif Anda dari waktu ke waktu, di berbagai media, kepada target  market yang berbeda. Sehingga dapat menjangkau berbagai kalangan.

Dengan contoh terbaik dari brand Nike ini, dan juga kemauan untuk menjadi kreatif, Anda memiliki kesempatan untuk membuat kampanye  yang berhasil dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Salam sukses!

Pict: Nike