Ngemil Sehat Yuk!

(Business Lounge Journal – Medicine)

Februari sudah datang, apakah Anda sudah mulai menjalankan resolusi kesehatan di tahun baru? Setiap tahun pasti membawa tren kesehatan yang menarik. Media sosial adalah tempat berkembangnya berita kebiasaan kesehatan yang viral di tengah masyarakat. Kini tidak hanya nakes yang membagikan tentang kebiasaan hidup sehat, tapi semua orang.

Kali ini yuk kita lakukan “Camilan” Olahraga.
Mungkin sulit untuk mengatur waktu untuk bergerak, terutama jika Anda sangat sibuk dan tidak terbiasa berolahraga. Jika Anda belum memiliki rutinitas, tampaknya mustahil untuk memenuhi rekomendasi olahraga 150 menit per minggu (lima kali seminggu durasi 30 menit)

Shirisha Avadhanula, MD, ahli endokrinologi mengatakan, “Jika Anda baru memulai, mungkin menakutkan mendengar bahwa Anda perlu berolahraga selama 30 menit sehari”. Namun, seperti kata pepatah lama, lebih baik sedikit tapi banyak manfaatnya. Hal yang sedikit inilah yang disebut camilan olahraga. Di tahun 2023, tambahkan apa yang disebut “makanan ringan olahraga” ke dalam rutinitas harian Anda.

Dr. Avadhanula menjelaskan, “Camilan olahraga adalah 15 menit olahraga dua kali sehari selama hari kerja”. “Misalnya, Anda memiliki tabel pekerjaan dan mendapatkan satu jam untuk makan siang. Anda dapat menggunakan 15 menit terakhir istirahat makan siang Anda untuk melakukan olahraga intensitas sedang, lalu melakukan hal yang sama lagi di akhir hari kerja.” Nah, tercapai bukan? 150 menit olahraga mingguan tidak lagi sulit.

Namun apakah yang dimaksud “latihan intensitas sedang”? Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mendefinisikannya sebagai aktivitas fisik apa pun yang meningkatkan detak jantung dan membuat Anda berkeringat. Itu bisa berarti berjalan cepat, mengendarai sepeda, mengikuti sirkuit kardio cepat, atau bahkan mendorong mesin pemotong rumput. Gerakan teratur dan konsisten memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan lainnya.

Melakukan sedikit aktivitas fisik sepanjang hari dapat berdampak besar pada kesehatan Anda secara keseluruhan, seperti dikatakan Dr. Avadhanula. Selamat ngemil olahraga!

Hidup lebih sehat adalah tujuan yang cukup umum, tetapi mencapainya bisa menjadi perjuangan. Solusi lain jika camilan olahraga masih juga tidak mempan bagi Anda, mungkin Anda membutuhkan pelatih kesehatan pribadi Anda sendiri untuk menjadi panduan dalam perjalanan kesehatan Anda.

Apa sebenarnya pelatih kesehatan itu? Pada dasarnya, ini adalah profesional perawatan kesehatan yang dapat membantu Anda menetapkan tujuan kesehatan secara keseluruhan dan kemudian menawarkan dukungan, saran, dan dorongan saat Anda mengusahakannya.

Pelatih kesehatan biasanya bekerja dengan Anda secara pribadi saat terhubung melalui panggilan telepon, email, obrolan video, atau secara langsung. Beberapa program yang dipimpin pelatih kesehatan juga melibatkan kelompok kecil.

Lawton mengatakan, “Sebagian besar dari kita sangat sukses ketika kita bertanggung jawab kepada seseorang”. “Selain itu, pelatih Anda dapat menjawab pertanyaan saat Anda melanjutkan dan dapat menawarkan dukungan saat Anda membutuhkan dorongan atau kepastian.” Sebagian besar pelatih kesehatan biasanya berfokus pada masalah gaya hidup yang luas, seperti:

• Perbanyak aktivitas dan olahraga.
• Membuat pilihan makanan yang lebih bergizi.
• Mencari cara untuk mengurangi stres.
• Cukup tidur.

Lawton menambahkan, “Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, maka pelatih kesehatan itu sangat menolong”. Mereka dapat membantu Anda bergerak di arah yang benar. Kabar baiknya di Indonesia pelatih kesehatan ini juga sudah ada lho.. Hidup sehat? Kini saatnya!