Dukung Karya Seniman dan Perupa Indonesia, Jagad Gallery pun Hadir di Jakarta

(Business Lounge Journal – Event)

Jagad Gallery hadir di Jakarta untuk ikut meramaikan dunia seni rupa di ibu kota tanah air.

Pada tahun 2015, Rambat, seorang penggemar seni rupa asal Klaten mendirikan sebuah galeri bernama Jagad Gallery di Seminyak, Bali. Rambat memiliki visi untuk mengangkat seniman-seniman “pinggiran” yang belum dikenal luas di “arus utama” dunia seni rupa Indonesia. Jagad Gallery pun bertkembang semakin pesat hingga membuka cabangnya di Surabaya.

Terus semakin kokoh, mengawali tahun 2023 ini, Rambat membawa Jagat Gallery ke Jakarta. Mengambil lokasi di Wisma Geha, Lt. 2, Jl. Timor 25, Menteng, Jagad Gallery Jakarta telah dibuka secara resmi pada Sabtu, 28 Januari 2023.

Pembukaan cabang yang baru sekaligus pameran perdananya, Jagad Gallery memajang hasil karya dari 13 seniman dan perupa kontemporer Indonesia. Sederet nama mulai dari Awang Behartawan, Ipan Lasuang, Pranagung, Budi Ubrux, Daniel Kho, Dadi Setiadi, Elyezer, Made Kenak Dwi Adnyana, Koeboe Sarawan, Mufti Handayani, Agapetus, Ivan Sagita, dan Slamet W. Bertindak sebagai kurator adalah Wahyudin, seorang kurator dan penulis yang berbasis di Yogyakarta.

Mengambil tema “Ungkap Jagad”, pameran perdana ini pun dibuka sekaligus diresmikan oleh Hidajat Wardhana Endramukti, arsitek senior dan pendiri Endramukti Design.

Dalam perbincangan dengan Rambat disampaikan bahwa Rambat selalu berupaya untuk menciptakan kepercayaan antara galeri dan bakal pengoleksi atau calon pembeli karya-karya seniman “pinggiran” itu. Salah satunya dengan menerapkan asas keterbukaan dan kenyamanan sehingga kedua belah pihak percaya bahwa harga mahal karya-karya seniman “pinggiran” atau “pusat” itu bukan soal yang tidak bisa ditawar, melainkan dapat dipahami bersama dari sudut pandang nilai benda seni yang sangat bergantung pada pengetahuan dan pengenalan masing-masing pihak.

Dengan kehadirannya di Jakarta, Jagad Gallery beraspirasi untuk melangkah lebih maju dalam mengapresiasi dan mempromosikan karya seniman dan perupa Indonesia.