Art Jakarta Gardens – The Second Edition

(Business Lounge Journal – Event)

Art Jakarta Gardens segera hadir kembali di Hutan Kota by Plataran, Jakarta setelah sukses digelar pada tahun lalu. Akan berlangsung dari 7–12 Februari 2023, Art Jakarta Garden menjadi pameran seni rupa yang mendapat sambutan positif dari kalangan seniman, kolektor, dan pemangku kepentingan ekosistem seni rupa lainnya,

Tom Tandio selaku Fair Director mengungkapkan bahwa besarnya dukungan berbagai pihak tersebut menjadikan Art Jakarta Gardens sebagi ajang seni lainnya yang terpisah dari pekan seni raya tahunan Art Jakarta. Enin Supriyanto,

Artistic Director Art Jakarta Gardens juga menambahkan harapannya bagaimana karya patung atau instalasi yang ditempatkan di lingkungan taman dapat menjadi inspirasi sehingga banyak karya seni rupa bisa tampil di ruang publik Jakarta di masa mendatang. Sekedar berandai-andai dalam pertemuan dengan para awak media, Enin menyatakan sekiranya Art Jakarta Garden dapat diadakan di kawasan Monas pada masa yang akan datang.

Sebuah segmen khusus, Taman Patung, akan menampilkan patung luar ruangan oleh seniman seperti Ashley Bickerton, Adi Gunawan, Nyoman Nuarta, Gregorius Papadimitriou, Yim Yen Sum, dan Richard Winkler. Sementara itu, dua tenda khusus akan diseddikan bagi 22 galeri menjadi area pameran dalam ruangan.

Beberapa seniman juga akan hadir secara ekslusif, seperti FX Harsono, dengan instalasinya, The Light of Journey, yang menempati ruang khusus hasil rancangan this/PLAY. selain itu juga Digital Nativ, yang memadukan seni, kepengrajinan, dan teknologi, yang mempresentasikan Aquifer, dengan dukungan iForte. Juga mengambil bagian, Gaspack, perusahaan web 3.0, akan berkolaborasi dengan seniman Abenk Alter untuk menggelar aktivasi NFT. Ada juga Kandura Studio yang berkolaborasi dengan Of Animo yang akan mengadakan lokakarya bagi pengunjung. Casion, sebuah jaringan catu daya dan switching untuk mobilitas listrik, akan memamerkan pencatu daya sebagai hasil rancangan para seniman yaitu Naufal Abshar, Karafuru, Tutugraff, and Rizal Hasan.

Hari pertama Art Jakarta Gardens akan ditujukan khusus untuk tamu VIP sedangkan masyarakat umum dapat menyaksikan mulai dari Rabu, 8 Februari 2023, hingga pameran selesai. Selama pameran, pengunjung dapat menjelajahi kombinasi presentasi karya seni rupa dalam dan luar ruang dalam bentuk patung, instalasi, dan objek dua dimensi.