Interview Prof Dante Harbuwono (Wamenkes RI): Dukungan Pemerintah untuk Pengembang Bisnis Telehealth

(Business Lounge Journal – Interview Session)

PE-VC Summit Deal Street Asia telah berlangsung pada tanggal 12 Januari 2023.

Dalam acara ini, salah satu perwakilan dari pemerintah yang hadir adalah Prof. Dr. Dante Harbuwono (Wamenkes RI) menyampaikan pidato utama dengan tema: Transformasi layanan kesehatan di Indonesia melalui teknologi dan inovasi.

Prof. Dr. Dante Saksono Harbuwono telah menjabat sebagai wakil menteri kesehatan Indonesia mulai tahun 2020, ketika ia mengambil peran tersebut, dunia sedang berada pada puncak pandemi virus corona.

Ia diangkat sebagai anggota Tim Kesehatan Kepresidenan Indonesia pada tahun 2014 – posisi yang diembannya hingga saat ini. Dia juga telah ditunjuk sebagai Anggota Dewan Pengganti Global Fund, yang akan menjabat hingga 2026. Prof. Dr. Dante Saksono Harbuwono menyelesaikan spesialisasi medisnya di bidang endokrinologi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 2004. Ia memperoleh gelar Doctor of Philosophy di University of Yamanashi, Jepang, pada tahun 2008. Pakar molekuler diabetes ini ditunjuk sebagai Chief of Metabolic Disorder, Klaster Kardiovaskular dan Penuaan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dari tahun 2015 hingga 2020.

Pada PE-VC summit 2023, Prof. Dr. Dante menyoroti kekuatan teknologi dan inovasi dalam meningkatkan akses ke solusi perawatan kesehatan yang andal, terjangkau, dan efektif untuk 280 juta penduduk Indonesia. Selanjutnya dalam interview eksklusif Business Lounge Journal dengan Prof. Dr. Dante, Ia menjelaskan juga bentuk dukungan pemerintah terhadap pengembang bisnis telehealth dan telemedicine.

Prof. Dante mengatakan,”Pasti akan dikembangkan lebih lanjut karena telehealth selain cost effective juga merupakah suatu model yang dapat menjangkau pelayanan kesehatan yang tidåak terjangkau dan yang tidak mempunyai tenaga kesehatan yang cukup.  Telemedicine kita kembangkan terus dan regulasinya dibuat lebih baik lagi.”

Ia juga menjelaskan bahwa baru-baru ini juga telah dibuat telehealth yang mengacu pada WHO yaitu PEC Model yaitu salah satu model yang mendesain kombinasi menggunakan informasi kesehatan yang dapat diakses dengan menggunakan telehealth antara lain adalah model dari aturan-aturan yang regulasinya akan dikeluarkan untuk telemedicine di masa yang akan datang.

Dengan demikian kita harapkan di tahun 2023, layanan telehealth dan telemedicine akan sangat menolong masyarakat Indonesia dengan geografis yang tersebar di ratusan ribu pulau dari Sabang sampai Merauke sehingga semua orang akan dapat memperoleh akses layanan kesehatan yang layak.