Interview Edward Tirtanata (Kopi Kenangan) – 2023:Normalization of Consumption Behavior in F&B Business

(Business Lounge Journal – Interview Session)

Pada acara tahunan PE-VC Summit 2023 yang diselenggarakan oleh DealstreetAsia, Business Lounge Journal berkesempatan berbincang singkat dengan Edward Tirtanata, CEO and Co-Founder Kopi Kenangan. Edward menjelaskan bagaimana ia memandang bisnis Food and Beverage pada tahun 2023 ini sangat berubah total jika dibandingkan pada saat covid.

Edward memberikan prediksinya, “Kalau untuk revenue yang third party, online, delivery – kemungkinan besar akan turun. Tetapi akan dikompensasikan dengan return of walking.” Demikian disampaikan Edward.

Ia pun menjelaskan bahwa tema dari Food and Beverage pada tahun 2023 ini adalah normalization dari consumption behaviour. Sebelumnya ketika memasuki masa pandemi maka dapat dikatakan bahwa hampir semua pelanggan melakukan pembelian secara online. Namun sekarang semua sudah dapat bertransaksi secara offline. maka Edward yakin bahwa bisnis akan kembali normal seperti sebelum pandemi.

Menutup perbincangan, Edward memberikan pesan bagi para startup. Jika mereka ingin survive di tahun ini, maka fokuslah pada profitability serta fokuslah pada margin. “Karena sebagai profitable company, mau down turn atau bull market, itu tetap saja … kita akan selalu bisa bertahan,” ujar Edward.