(Business Lounge Journal – Marketing)
Melanjutkan pentingnya Search Engine Optimization (SEO) bagi bisnis ritel khususnya eCommerce. Berikut langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan.
4. Faktor Sekunder
Perhatikanlah beberapa faktor sekunder. Selain konten, ada beberapa praktik terbaik Search Engine Optimization (SEO) lainnya yang perlu diperhatikan saat mengoptimalkan toko eCommerce Anda. Ini umumnya mudah diterapkan setelah dipelajari.
Buatlah URL tetap sederhana
Jangan membuatnya terlalu panjang dan pastikan mereka menyertakan kata kunci produk Anda. Tambahkan kategori sekunder bila perlu.
Sertakan tag judul
Susun halaman produk Anda dengan tag judul yang sesuai. Anda ingin kata kunci utama Anda memiliki tag H1 di bagian atas. Selain itu, sertakan kata kunci utama dan kata kunci sekunder di subjudul H2 dan H3.
Tambahkan kata kunci di badan
Anda tidak ingin “memasukkan” kata kunci tetapi Anda ingin agar kata kunci Anda tersebar secara alami di seluruh isi konten Anda.
Untuk halaman produk eCommerce, ini berarti menyertakan kata kunci Anda di judul, deskripsi, dan URL produk Anda.
Tambahkan gambar yang relevan
Setiap toko eCommerce yang bagus juga akan memiliki gambar produk. Apa pun yang Anda sertakan harus memiliki tag alt yang dilampirkan yang menjelaskan konten gambar secara akurat. Idealnya, deskripsi ini juga mengandung kata kunci penting yang terkait dengan produk.
Tulis deskripsi meta
Semua halaman juga harus memiliki deskripsi meta. Ini membantu pengguna mesin pencari memiliki ide dasar tentang konten halaman sebelum mengkliknya. Semua deskripsi meta harus mengandung kata kunci utama Anda juga.
5. Halaman Produk Anda
Fokuslah pada halaman produk Anda. Sekarang pastikanlah bahwa halaman produk Anda jelas dan dapat membuat pembeli percaya untuk membeli. Meskipun konsumen menjadi lebih terbiasa dengan belanja online, namun sering kali masih terdapat keraguan ketika mau melakukan pembelian eCommerce.
Untuk alasan ini, maka sangat penting bagi pedagang eCommerce untuk menampilkan produk secara menyeluruh dan akurat. Karena itu, perhatikan beberapa hal berikut.
Ambil foto berkualitas tinggi
Sertakan beberapa foto dari setiap produk yang Anda jual. Ini harus menggambarkan produk secara akurat dan memberikan gambaran kepada pembeli tentang ukuran, tekstur, dan kualitasnya.
Tambahkan foto dari berbagai sudut serta gambar produk yang sedang digunakan.
Pastikan Anda menambahkan tag alt ke setiap foto dengan kata kunci yang relevan.
Tuliskan deskripsi produk dengan bagus
Gunakan kolom deskripsi Anda untuk lebih menjelaskan produk dan menambahkan lebih banyak kata kunci. Sertakan semua informasi yang relevan tentang produk, seperti ukuran, jumlah, warna, bahan, pabrikan, dll.
Tampilkan juga item serupa yang dapat menjadi referensi bagi pelanggan.
Sertakan kebijakan pengembalian toko Anda
Sering kali penjual mengabaikan hal ini sebab tidak ingin ada barang yang dikembalikan. Namun Anda harus bersikap fair. Hal ini akan menambahkan kepercayaan pelanggan Anda.
Karena itu, tambahkanlah informasi tentang kebijakan pengembalian atau garansi produk Anda di semua halaman produk. Ini adalah informasi yang relevan dan juga akan membantu meyakinkan pembeli bahwa mereka memiliki garansi apabila produk yang mereka beli tidak sesuai dengan harapan mereka.
Tambahkan alur yang jelas ke halaman pembayaran
Memberikan tombol checkout yang jelas akan meminimalkan item-item yang tertinggal di keranjang belanja. Tombol checkout yang jelas akan mendorong pembeli untuk segera pindah ke halaman checkout dan menyelesaikan pembelian.
Iklankan pengiriman gratis
Jika Anda dapat menawarkan pengiriman gratis atau menyertakan pengiriman gratis untuk minimal pembelajaan tertentu, maka cantumkan hal ini di seluruh halaman produk dan halaman pembayaran. Ini adalah nilai jual bagi banyak pengecer online dan pembeli akan cenderung menyelesaikan transaksi.
6. Strategi SEO Lokal Anda
Sekarang tingkatkanlah strategi SEO lokal Anda. Jika Anda termasuk penjual eCommerce yang menargetkan penjualan ke luar negeri, maka Anda perlu menyadari bahwa Anda masih memiliki peluang besar untuk penjualan dalam negeri. Apalagi jika Anda masih memiliki toko fisik.
Karena itu perhatikan bagaimana Anda beriklan di dalam negeri.
Buat laman Google Bisnisku milik Anda
Mulailah dengan yang termudah. Klaim bisnis Anda di Google Bisnisku. Ini memberi Google dan penggunanya informasi yang relevan tentang toko Anda, termasuk jam buka toko, lokasi, situs web, tautan media sosial, dan banyak lagi. Meskipun ini sangat berguna untuk toko ritel fisik, namun tetap akan membawa lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.
Tambahkan kutipan lokal lainnya
Beriklanlah di situs web lokal lain yang relevan, sumber berita, majalah online, blogger, akun media sosial, dan outlet lain yang ditargetkan secara geografis.
Ini akan membantu memperluas kesadaran akan brand Anda dan juga menambahkan beberapa tautan balik yang berharga ke situs web Anda, membantu strategi Search Engine Optimization (SEO) Anda secara keseluruhan.
7. Tautan ke Situs eCommerce
Sekarang mulailah membuat tautan ke situs eCommerce Anda. Ini merupakan strategi jangka panjang penting lainnya. Memang, ini bisa menjadi proses yang “membosankan” dan membutuhkan banyak kesabaran.
Tautan balik ke situs web Anda berfungsi sebagai penegasan kepada Google bahwa situs Anda berisi konten yang berharga. Backlink dari situs profil tinggi akan berfungsi sebagai penegasan tambahan.
Ada sejumlah cara untuk mengumpulkan lebih banyak tautan ke situs web Anda.
Dengan membeli
Ada ribuan layanan di luar sana yang menjual tautan. Beberapa lebih baik dari yang lain. Setiap yang bagus tentu akan mahal. Membeli tautan adalah sebuah opsi, tetapi itu tidak terlalu disarankan. Itu mahal dan dapat ditandai oleh Google.
Tambahkan situs Anda sebagai resource
Cara yang lebih baik adalah memasarkan halaman tertentu sebagai resource berharga untuk situs web terkait. Miliki infografik yang bagus atau postingan blog berkualitas tinggi. Bagikan kelebihan ini dan mintalah blogger lain untuk menautkannya untuk meningkatkan kualitas konten mereka.
Gunakan influencer
Bergantung pada apa yang Anda jual, Anda juga dapat bermitra dengan influencer media sosial atau blog. Selain tautan, mereka juga akan membantu menyebarkan kesadaran atas brand Anda.
Perbaiki tautan yang rusak
Anda juga dapat menggunakan alat untuk menemukan tautan yang rusak atau mati di internet. Jangkau pemilik situs untuk memberi tahu mereka tentang tautan yang rusak dan sarankan salah satu milik Anda sebagai penggantinya.
8. Perhatikan Juga Hal-Hal Teknis
Terakhir, Anda harus memastikan bahwa situs eCommerce Anda sudah sesuai secara teknis. Namun, jangan terintimidasi jika Anda tidak memiliki latar belakang dalam hal tersebut. Secara garis besar, hal ini cukup mudah untuk diselesaikan walaupun Anda tidak memiliki latar belakang dalam pengembangan web.
Lakukan Web crawler
Periksalah untuk mengetahui apakah situs Anda sehat dan berkinerja baik. Pastikan tidak ada tautan yang rusak, tidak ada metadata yang hilang, dan tidak ada tautan/konten yang tidak didukung.
Siapkan Google Analytics dan Search Console
Daftarkan domain situs web Anda dengan kedua alat penting ini sehingga Anda dapat mengukur lalu lintas dan kinerja situs.
Pastikan semua konten unik
Periksa apakah ada tag judul duplikat, halaman, URL, atau konten lainnya. Konten duplikat akan merusak peringkat Search Engine Optimization (SEO) Anda.
Bersihkan backlink Anda
Meskipun mendapatkan backlink itu penting, sama pentingnya untuk tidak memiliki backlink yang buruk. Anda tidak ingin situs Anda ditautkan oleh situs web bayangan atau situs spam. Cobalah untuk menemukannya jika ada dan tolaklah melalui Google Search Console.
Tingkatkan kecepatan situs eCommerce Anda
Kecepatan adalah faktor yang lebih penting dalam peringkat. Lakukan beberapa langkah untuk menyempurnakannya dengan melihat laporan Google PageSpeed Insights Anda. Ini mengidentifikasi area masalah, membantu pengguna mengoptimalkan situs mereka untuk pengguna desktop dan seluler.
Semoga ini semua dapat membantu Anda untuk mengembangkan website eCommerce Anda menjadi semakin baik.