(Business Lounge Journal – Marketing)
Perkembangan dunia digital rasanya tidak dapat dibendung lagi. Sehingga tidak bisa tidak, jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, maka Anda perlu membuat strategi digital yang sesuai.
Apalagi jika Anda belum terjun ke dunia digital. Rasanya akan sangat sulit berkompetisi di masa mendatang.
Salah satu hal penting yang perlu untuk diperhatikan adalah Search Engine Optimization (SEO). Dapat dipastikan bahwa memiliki strategi SEO yang tepat sangat dibutuhkan oleh hampir semua jenis bisnis.
Bahkan dapat dikatakan bahwa hal ini menjadi salah satu hal terpenting untuk dipahami oleh para pengecer eCommerce. Apalagi lebih dari 2 tahun terakhir ini ketika penjualan online seakan “meledak” karena konsumen yang sangat menikmati kemudahan bertransaksi online.
Maka persaingan demi persaingan di dunia digital pun mulai terjadi. Karena itu bagaimana Anda dapat menguasai teknik SEO sangat dibutuhkan? Sangat disayangkan, jika Anda memiliki produk yang unik dan berkualitas namun tidak memperoleh pasar karena tidak ada yang melhatnya di dunia online. Dalam hal inilah SEO mengambil peranan yang sangat penting pada dunia eCommerce.
SEO dapat membantu Anda untuk tampil paling atas di Search Engine Results Pages (SERP). Bila hal ini terjadi, maka semakin banyak pengunjung datang pada situs web Anda. Dampaknya sudah tentu pada penjualan. Dari sebuah riset yang dilakukan maka dihasilkan situs yang nampak pada posisi teratas memiliki Click-Through Rate (CTR) sebesar 31,7%, sementara kurang dari setengahnya akan mengklik hasil kedua dan kurang dari 1% pengguna mengklik apa pun setelah halaman pertama.
Sehingga sebuah kesimpulan yang dapat kita ambil adalah: SEO itu penting. Lalu bagaimana Anda dapat melakukannya dengan baik? Untuk pemilik bisnis yang sibuk, hal ini tetap harus ada pada titik perhatian Anda. Pasti akan sangat bermanfaat.
Mengapa SEO eCommerce Begitu Penting?
Ada beberapa alasan tambahan mengapa SEO sangat penting untuk bisnis Anda.
1. Hal ini penting untuk semua jenis bisnis, mulai dari toko yang paling sederhana hingga toko yang telah merambah ke dunia internasional
2. Ini termasuk hal yang dapat dengan mudah dipelajari pada banyak bisnis.
3. SEO dapat dilakukan pada tingkat lokal yang ditargetkan.
4. Ini bisa dikatakan merupakan pengembalian investasi tertinggi dari strategi pemasaran apa pun.
5. Dasar-dasarnya tidak rumit – bahkan pemula dapat menerapkan perubahan yang bermanfaat.
6. SEO yang baik tidak hanya membantu meningkatkan visibilitas Anda di antara pembeli, tetapi juga menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi mereka yang mengunjungi situs web Anda.
Kill Two Birds With One Stone
Strategi SEO memerlukan pendekatan holistik dan akan mengerjakan bisnis Anda dengan baik dalam jangka panjang. Deskripsi produk yang lebih baik, checkout eCommerce yang lebih cepat dan nyaman, gambar produk berkualitas tinggi, dan peningkatan kecepatan situs tidak hanya akan meningkatkan lalu lintas organik Anda, tetapi juga akan meningkatkan tingkat konversi Anda.
Hipotesis Lalu Lintas Organik
Hanya untuk mengilustrasikan betapa pentingnya SEO untuk bisnis online, mari kita lihat beberapa hipotesis singkat berikut.
Jika Anda menjual sarung tangan baseball anak maka kata kunci “sarung tangan baseball anak” akan menjadi cukup penting. Faktanya, diperkirakan istilah penelusuran itu saja mendapatkan 5.400 penelusuran setiap bulan.
Katakan saja bahwa Anda tidak mengiklankan situs Anda, maka tempat organik teratas akan menerima klik untuk 35% dari pencarian tersebut atau setara dengan 1.890 pengunjung unik. Jika Anda memiliki tingkat konversi 10%, itu berarti bisnis Anda menjual 189 sarung tangan bisbol anak setiap bulan hanya melalui lalu lintas organik.
Namun, jika peringkat Anda berada di posisi kedua, lalu lintas Anda akan berkurang sekitar setengahnya. Dengan 17% klik, Anda akan memiliki sekitar 918 pengunjung dan 92 penjualan.
Lalu bagaimana jika situs Anda berada di posisi 10? Anda hanya akan menerima 2,5% klik. Ini berarti sekitar 135 klik dan 13 penjualan setiap bulan.
Meskipun Anda dapat mengatakan bahwa masih lebih baik berada pada posisi ke-10 dibandingkan tidak sama sekali, namun cobalah untuk tetap mengejar posisi 3-5 teratas. Menaikkan satu tempat saja akan menghasilkan perbedaan mencolok dalam total penjualan.
Apa yang dapat Anda lakukan?
1. Mulailah Dengan Riset Kata Kunci eCommerce
Melakukan penelitian kata kunci yang menyeluruh adalah langkah pertama yang paling penting dari proses ini.
Tujuannya adalah untuk menentukan kata kunci mana yang lebih mudah untuk diberi peringkat tetapi tetap memberi Anda lalu lintas yang relevan dari para pembeli.
Ingat, tidak semua kata kunci dapat diakses, terutama di awal. Peringkat untuk kata kunci populer dapat membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dijaga.
Penting juga untuk diingat bahwa bukan semua kata kunci perlu untuk diberi peringkat. Belum tentu berguna. Juga bisa saja beberapa yang mengunjungi situs Anda tidak tertarik untuk melakukan pembelian, namun demikian, penting bagi Anda untuk tetap memaksimalkan lalu lintas yang relevan.
Ada banyak platform yang dapat membantu Anda untuk meneliti kata kunci. Beberapa platform gratis dan dapat memberi Anda pemahaman dasar. Namun opsi berbayar tentu akan jauh lebih mendalam dan memungkinkan Anda merencanakan strategi kata kunci dengan lebih baik.
Selain itu, Anda juga dapat melihat pesaing Anda. Perhatikan kata kunci mana yang diperingkat oleh pesaing Anda dan tidak ada salahnya untuk menambahkan ke daftar Anda.
Cobalah membuat daftar sepanjang-panjangnya dari semua kata kunci yang relevan dengan variasi yang signifikan. Pertimbangkan biaya per klik (BPK), volume pencarian, dan persaingan. Identifikasi kata kunci yang paling tepat – kata kunci dengan volume pencarian tertinggi dan persaingan terendah. Prioritaskan kata-kata tersebut di atas kata-kata yang lain.
Selanjutnya, identifikasilah kata-kata yang berada di tengah-tengah. Kata-kata ini mungkin memiliki persaingan menengah dan volume pencarian atau memiliki volume tinggi tetapi persaingan tinggi.
Terakhir, kategorikan kata kunci dengan prioritas terendah. Ini kemungkinan adalah kata kunci yang sangat kompetitif atau beberapa yang tidak terlalu terkait dengan produk Anda.
Setelah Anda menyusun semua kata kunci Anda, maka Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk mulai menulis konten dan mengoptimalkan situs web Anda. Jika Anda memiliki bisnis eCommerce, maka mayoritas kata kunci yang Anda miliki sudah tentu produk yang Anda jual di situs Anda. Jadi menemukan produk yang sedang tren untuk dijual di toko online Anda akan sangat penting untuk memenuhi permintaan konsumen.
2. Optimalkan Arsitektur Situs Web Anda
Selanjutnya Anda perlu mengembangkan situs web yang sederhana dan lugas. Untungnya, untuk sebagian besar bisnis eCommerce kecil, ada beberapa opsi yang dapat Anda gunakan dan banyak dari pilihan tersebut yang gratis.
Fokus utama Anda di sini adalah membuat navigasi menjadi intuitif. Anda ingin pengguna Anda dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari dan menyelesaikan transaksi.
Aturan praktis yang baik adalah bahwa tidak ada satu halaman pun dari situs Anda yang jaraknya lebih dari satu atau dua klik dari halaman lainnya. Anda tentu menginginkan peta situs eCommerce Anda seperti pohon utuh, bukan sebuah cabang tunggal.
Pikirkan halaman mana yang paling penting dibandingkan halaman lainnya. Anda ingin pengguna dapat menemukan halaman teratas Anda dengan mudah sehingga mereka dapat membukanya dengan cepat. Untuk toko eCommerce, halaman checkout tentu saja menjadi prioritas.
Selain itu, buat URL Anda dengan jelas. Masing-masing harus berisi kata kunci yang relevan juga.
3. Tambahkan Blog untuk Toko eCommerce Anda
Meskipun Anda benar-benar mengingingkan pengunjung datang ke toko Anda dan melakukan pembelian, namun pikirkan juga untuk memiliki konten tambahan. Ini hal yang penting.
Untuk merealisasikannya dengan mudah adalah melalui blog. Hal ini tentu saja akan membawa Anda kembali meneliti kata kunci untuk blog Anda. Anda dapat menargetkan kata kunci sekunder Anda di sini. Termasuk kata kunci yang sesuai dengan topik produk atau layanan Anda, tetapi belum tentu yang dicari oleh pembeli yang paling berniat. Biasanya, mereka akan lebih mudah diberi peringkat, sehingga menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan kesadaran brand.
Selain itu, Anda dapat menggunakannya untuk menautkan ke halaman kategori teratas Anda. Ini akan memungkinkan Anda membangun otoritas untuk mereka yang ada di dalam arsitektur situs Anda.
Penting untuk memastikan bahwa Anda menambahkan konten yang berharga ke blog Anda. Google dan mesin pencari lainnya akan menghargai situs web yang meningkatkan pengalaman pengguna. Konten pengisi akan dengan mudah ditandai oleh Google. Algoritme dapat menentukannya melalui bounce rate (persentase pengguna yang tidak membuka halaman kedua), waktu rata-rata yang dihabiskan di halaman, dan metrik sekunder lainnya, seperti tag alt, deskripsi meta, gambar, dan kata kunci.
Secara umum, penting untuk selalu menerbitkan konten yang benar-benar Anda yakini akan menambah nilai bagi pembaca Anda.
Bersambung