Tinkerlust Impact Report 2022: Lebih Banyak yang Menyukai Fast Fashion

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Tinkerlust baru saja merilis Tinkerlust Impact Report 2022 – Unlocking Fashion Sustainability & Circular Economy. Sebuah riset terhadap 665 responden di Indonesia mengenai dampak jangka panjang fashion terhadap lingkungan dan sosial.

Diluncurkan pada Tinkerlust Fashion Impact Summit 2022, Selasa 15 November 2022 di Alila Hotel. Pada riset ini disimpulkan bahwa sekitar 58% responden lebih menyukai membeli produk baru dibandingkan dengan barang bekas (preloved). Selain itu, sekitar 63,46% responden lebih memilih untuk membeli produk fast fashion sebab dianggap lebih murah dan memiliki gaya masa kini. Walau sebenarnya mereka menyadari bahwa perilaku fast fashion tentu saja dapat mengakibatkan penumpukan barang-barang.

Tinkerlust adalah sebuah marketplace yang menekuni jual beli fashion preloved dengan kualitas dan keaslian yang terjamin, Didirikan dengan misi mendukung gaya hidup berkelanjutan.

Dalam Tinkerlust Fashion Impact Summit 2022, Co-founder dan CEO Tinkerlust, Samira Shihab menyatakan bahwa industri fashion akan dapat berdampak pada lingkungan dan sosial. Hal ini akan membahayakan untuk jangka waktu yang lama. Tinkerlust sebagai ecommerce yang bergerak dalam bisnis preloved goods, berupaya untuk mensosialisasikan bagaimana sustainable fashion dapat menjadi solusi untuk lingkungan yang lebih baik dan menciptakan circular economy.

Tinkerlust ingin mengajak masyarakat untuk memiliki pengertian bahwa fashion yang sudah tidak dapat dipakai lagi untuk diperjualbelikan. Ini jelas akan mengurangi tumpukan dan menjaga nilai fashion itu sendiri selama mungkin. Tinkerlust pun mencoba memperkenalkan jual-beli barang preloved sebagai new shopping lifestyle.

Sebelumnya Tinkerlust juga telah membuat campaign drop and save berkolaborasi dengan salah satu lokal brand di Indonesia. Campaign ini pun berhasil mengumpulkan puluhan barang fashion yang dijual kembali oleh tim Tinkerlust sebagai perwujudan circular economy.

Hadir pada Tinkerlust Fashion Summit 2022 sebagai nara sumber seperti Irma Yunita (Corporate Affairs Director Uniqlo), Amanda Zahra Marsono (Head of Public Relations & Marketing Zero Waste Indonesia), Tara Ainun Adila (Team Leader Slow Fashion Indonesia), dan juga Tasya Kamila (Public Figure dan Founder Green Movement Indonesia). Beberapa topik yang menjadi pembahasan mulai dari sustainable fashion, hidden environmental cost of fashion industry, roads to sustainability, dan opportunity & challenge of secondhand fashion.

Aliya Amitra, Co-Founder & COO Tinkerlust juga berharap Tinkerlust Impact Report 2022 – Unlocking Fashion Sustainability & Circular Economy dapat membuka mata banyak pihak yang berkaitan dengan industri fashion untuk dapat memiliki tambahan pengetahuan terkait gaya hidup berkelanjutan.