Ini Karateristik Kunci bagi Bisnis Ritel Anda

(Business Lounge Journal – Marketing)

Masih tentang industri ritel. Apalagi menjelang akhir tahun, maka bagi Anda pemilik bisnis ritel, ini jadi kesempatan untuk melakukan review atas bisnis Anda. Tidak hanya berhenti pada review, penting untuk merumuskan apa yang akan Anda kerjakan pada tahun depan.

Sampai hari ini, industri ritel terus berubah dan berkembang. Dapat dikatakan bahwa tren selalu datang dan pergi, dan pasar semakin kompetitif. Benar kan?

Karena itu, penting untuk menciptakan konsep yang berbeda dan menarik yang akan membedakan Anda dari pesaing Anda. Ini sangat penting! Kemudian, Anda harus menerapkan konsep tersebut, agar target audiens tercapai dan menjadi pelanggan seumur hidup.

Jangan lupa bahwa semua perusahaan ritel terkemuka memiliki karakteristik dan strategi yang menentukan.

Sekarang mari kita perhatikan karakteristik utama bisnis ritel dan beberapa sumber penting untuk mengelola bisnis ritel Anda dengan lebih baik.

Pahami Brand Anda

Salah satu ciri utama bisnis ritel adalah adanya pemahaman/pengetahuan yang kuat tentang brand Anda. Perusahaan dengan konsep ritel yang sukses cenderung memiliki visi yang kuat yang menghubungkan mereka dengan main customer Anda.

Pelanggan Anda perlu tahu siapa Anda. Hal ini dapat Anda gambarkan dengan detil baik secara online juga pada toko fisik Anda. Ini akan mengungkapkan segala sesuatu tentang siapa Anda, apa yang Anda jual, pesan yang Anda ingin untuk pelanggan terima tentang brand Anda, dan siapa target pelanggan Anda.

Dalam hal ini dengan jelas akan tergambar apa yang menjadi penawaran Anda, siapa kelompok yang Anda sasar, dan apa yang menjadi value proposition Anda.

Jadi sangat penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang brand Anda.

Bagaimana caranya?

Pemahaman yang baik tentang brand Anda akan bermuara pada beberapa faktor utama. Misalnya: apakah barang yang Anda tawarkan termasuk barang yang high-end? Atau apakah barang-barang tersebut termasuk barang yang relatif murah namun sustainable? Apakah Anda menargetkan para eksekutif perusahaan atau malah para siswa yang relatif belum memiliki penghasilan?

Semakin Anda memahami siapa Anda sebagai sebuah brand dan siapa yang Anda layani, maka pesan yang Anda bawa akan semakin jelas.

Sebagai contoh: The Body Shop, Walmart, IKEA, Zara, H&M, Subway, Apple, dan banyak lagi. Mereka dapat dikatakan dapat menjadi contoh keberhasilan dalam mempertahankan penawaran yang khas, yang menarik, dengan basis pelanggan yang sangat loyal.

Jika Anda terhubung pada segmen pasar, maka selama ukurannya masuk akal, Anda akan cenderung memiliki basis penjualan, pesan yang jelas, dan serangkaian obyek yang dapat mengomunikasikan dan mendefinisikan konsep Anda. Visi yang jelas akan sangat membantu Anda menciptakan koneksi tersebut.

Strategi Penjualan Online

Seperti telah sering kita bahas bahwa pandemi COVID-19 telah membawa perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam industri ritel. Perubahan ini telah mengakibatkan peningkatan dramatis dalam belanja online dan perilaku konsumen dalam proses belanja mereka. Menurut Think with Google, 63% pembelian dimulai secara online, walaupun mungkin dapat diakhiri dengan membeli di toko eCommerce atau di toko fisik. Jadi salah satu karakteristik terpenting dari bisnis ritel saat ini berasal dari keberadaannya secara online.

Apakah Anda memiliki toko fisik atau tidak, maka kehadiran toko Anda secara online adalah hal yang sangat penting untuk pertumbuhan bisnis Anda secara keseluruhan.

Jika Anda tidak memilikinya, maka inilah saatnya untuk mempertimbangkan untuk memasukannya dalam rencana Anda.

Maka untuk menentukan rencana Anda, Anda perlu memahami apa yang membuat Anda unik dan menonjol di antara semua hiruk pikuk belanja online. Setelah Anda menentukan apa yang membuat Anda unik, barulah Anda merumuskan bagaimana cara menampilkannya pada situs Anda.

Perhatikan! Beberapa detik pertama kunjungan pelanggan pada toko online Anda adalah yang paling penting. Ini adalah satu-satunya moment bagi Anda untuk memberikan kesan pertama yang akan menarik pengunjung untuk menjelajahi situs Anda.

Setelah Anda menyiapkan e-store, barulah Anda perlu memikirkan bagaimana strategi untuk meningkatkan lalu lintas toko online Anda. Namun ingatlah bahwa hal yang terpenting adalah mengubah pengunjung menjadi konsumen Anda. Salah satunya, Anda dapat menjalankan kampanye iklan berbayar di media sosial.

Pikatlah para pelanggan melalui konten marketing yang Anda buat dan gunakan Search Engine Optimization untuk meningkatkan visibilitas toko Anda.

Siapa yang Melihat Etalase Anda?

Semakin banyak orang yang mengunjungi toko Anda, semakin tinggi kemungkinan bertambahnya penjualan Anda. Selain itu, kontak langsung dengan pembeli merupakan sebuah kesempatan berharga untuk membangun hubungan yang menghasilkan loyalitas. Dalam hal inilah keterampilan pemasaran dan komunikasi Anda dibutuhkan.

Karena itu kembangkanlah rencana komprehensif yang dapat menarik pelanggan untuk mengunjungi toko fisik Anda. Cara efektif untuk mengarahkan lalu lintas ke toko ritel adalah dengan meningkatkan kehadiran jangka pendek. Apa itu? Bagaimana membuat program di dalam toko Anda untuk memperkenalkan produk atau membuat sebuah demonstrasi. Ini merupakan sebuah strategi yang baik untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Demikian pula dalam mengatur fasilitas, tampilan produk, dan barang dagangan menjadi sangat penting untuk mengarahkan lalu lintas ke toko ritel Anda. Mengembangkan strategi merchandising berikut dengan rencana tata letak toko Anda akan membantu Anda memanfaatkan ruang lantai secara maksimal untuk meningkatkan arus lalu lintas.

Cara Anda memamerkan barang di toko, termasuk pajangan produk, manekin, dan etalase, juga meningkatkan lalu lintas pejalan kaki ke toko ritel Anda secara signifikan.

Misalnya, menempatkan produk terlaris di bagian depan toko akan dapat membantu menarik orang yang lewat yang kemudian melihatnya dari jalan untuk mampir ke toko Anda. Berinvestasi pada etalase Anda juga merupakan cara yang jitu untuk menarik pengunjung ke toko Anda.

Selain itu, mengirimkan email marketing dapat menjadi pertimbangan strategi bagi Anda. Mereka yang berada pada daftar email Anda seringkali adalah pembeli yang lebih setia. Anda perlu menjaga mereka dan memastikan mereka tetap menjadi penggemar Anda. Tawarkan pratinjau khusus dalam setiap peluncuran produk atau koleksi baru kepada mereka. Doronglah mereka untuk memiliki keinginan untuk semakin mengenal brand dan perusahaan Anda. Bahkan buatlah mereka bangga jika mereka mengetahui Behind the Scene produk dan brand Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menawarkan insentif bagi mereka jika mereka mau datang dan berbelanja di toko Anda.

Pahami Visual Merchandising

Pada bisnis ritel, maka kesan pertama adalah hal yang paling penting. Jika Anda menginginkan toko Anda terlihat menonjol di tengah-tengah keramaian, maka Anda harus memberikan yang terbaik secara konsisten. Anda harus memberikan tampilan visual yang terbaik dan representatif secara kondisten. Begitu juga dengan produk yang Anda tawarkan.

Dengan demikian, milikilah pemahaman yang solid tentang strategi visual merchandising. Namun tidak hanya paham, tetapi juga bagaimana dapat menerapkannya. Ini akan sangat penting untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Visual Merchandising mencakup segalanya mulai dari tampilan etalase dan tampilan produk hingga papan nama di dalam toko. Juga tampilan toko online Anda akan sangat berbicara.