Degan Septoadji Sebuah Perjalanan Kuliner: Behind The Chef

(Business Lounge Journal – Event)

Masih ingat? Kita telah pernah mengulas sedikit perjalanan hidup Chef Degan Septoadji. Sangat menarik untuk mengikutinya. Tidak heran jika akhirnya kisah hidup selebriti chef ini pun dibukukan. Awal penulisan telah dimulai sejak awal tahun 2019. Namun pandemi Covid-19 membuat proses tertunda. Namun tidak kebetulan, pada momentum ulang tahun ke-55 Chef Degan, biografi ini pun rampung dan dapat diluncurkan.

Pada buku berjudul Degan Septoadji Sebuah Perjalanan Kuliner: Behind The Chef Anda akan dibawa untuk mengikuti perjalanan hidup mantan juri MasterChef. Mulai lahir di Jakarta, menghabiskan masa kanak-kanak dan remaja selama 14 tahun di Jerman, sebelum kembali ke tanah air di akhir tahun 80-an, meniti karir di dapur professional selama hampir empat dekade.

Profesi in pun membawa Chef Degan melanglang buana. Mulai dari Jerman, Indonesia, Kepulauan Bahama, Thailand, Cina, Sri Lanka, Maroko, Australia, Prancis, hingga ke Inggris. Sebuah perjalanan yang penuh dengan suka dan duka. Sebuah kisah perjuangan profesi chef yang lebih dalam dan tak mudah.

Melalui buku ini, mantan juri MasterChef Indonesia musim kedua dan ketiga (2012-2013) serta Junior MasterChef Indonesia musim pertama (2014) pun berharap akan memberikan inspirasi dan motivasi. Terutama bagi mereka yang memiliki minat untuk malang melintang di dunia kuliner. Namun bukan hanya oleh mereka yang berlatar belakang industri kuliner, tetapi bagi semua yang punya mimpi, cita-cita, keinginan, obsesi, yang belum bisa dicapai dan terasa sulit meraihnya, bahkan mustahil.

Biografi ini bisa jadi salah satu booster motivasi yang dibutuhkan.

Sangat menarik bagaimana biografi setebal 318 halaman ini ditulis. Sebuah kisah hidup yang inspiratif  dengan endorsement dari Chef Juna Rorimpandey (juri MasterChef Indonesia), Anggun C. Sasmi (artis, juri Asia’s Got Talent), Chef Heinz von Holzen (chef internasional, penulis buku), Letjen (Purn) Hotmangaradja Pandjaitan (mantan Dubes Indonesia untuk Prancis, Andorra, Monaco, 2014-2019) dan Nina Akbar Tandjung (pemerhati sejarah dan budaya, penulis).

Buku ini diterbitkan oleh Republika dan ditulis oleh sastrawan Akmal Nasery Basral, penerima Penghargaan National Writer’s Award 2021.

Dengan spesial, peluncuran buku ini dijadwalkan pada hari terakhir ajang IIBF (Indonesia International Book Fair), 13 November, pukul 10.30-12.00 WIB di Panggung Utama JCC.