(Business Lounge Journal – Entrepreneurship)
Paul Buchheit adalah karyawan ke-23 Google. Dia adalah pencipta dan developer utama Gmail, sistem email berbasis web Google, yang mengantisipasi sebagian besar aspek dari apa yang sekarang disebut Web 2.0.
Sebagai bagian dari karyanya di Gmail, Buchheit mengembangkan prototipe pertama AdSense, program Google untuk menjalankan iklan di situs web lain. Dia juga menyarankan moto perusahaan yang sekarang terkenal, “Jangan jahat,” pada pertemuan tahun 2000 tentang nilai-nilai perusahaan.
Meskipun bukan seorang pendiri, Buchheit mungkin memberikan kontribusi lebih kepada Google daripada banyak pendiri yang melakukan startup mereka. Gmail sebenarnya adalah sebuah startup di dalam Google—sebuah proyek baru yang dramatis di pinggiran perusahaan, yang diprakarsai oleh sebuah kelompok kecil dan membawa membuahkan hasil melawan banyak perlawanan.
Artikel berikut ini menceritakan bagaimana Buchheit menuturkan bagaimana gmail dia ciptakan.
Bagaimana semuanya dimulai
Saya mulai bekerja pada perangkat lunak email sejak lama, mungkin tahun 1996, tapi itu hanya proyek kecil. Saya memiliki semua ide yang belum diwujudkan. Anehnya, saya pikir saya menyebutnya Gmail pada saat itu, untuk beberapa alasan lain. Itu hanya proyek sederhana— belum tentu pendahulu Gmail—tetapi itu adalah sesuatu yang telah saya pikirkan karena saya sudah lama tidak senang dengan email yang ada.
Itu sebelum Hotmail dan saya masih kuliah saat itu. Jika ingin memeriksa email, Saya harus kembali ke kamar asrama saya. Saya berpikir, “Itu sangat bodoh. Saya seharusnya bisa memeriksanya di mana saja.” Jadi saya ingin membuat semacam email berbasis web. Tapi saya benar-benar tidak tahu apa yang saya lakukan, jadi itu hanya gagasan. Saya menulis sesuatu, tetapi tidak pernah berguna dan tidak pernah berhasil.
Saya di sini di Google dan saya telah bekerja di Grup Google, yang tidak persis sama, tetapi terkait. Setelah sebagian besar Google Groups generasi pertama selesai, mereka bertanya apakah saya ingin membuat beberapa jenis email atau produk personal. Mereka hanya berkata, “Kami pikir ini adalah area yang menarik.” Tentu saja, saya bersemangat untuk mengerjakannya.
Mereka sangat umum—hanya mengatakan, “Ya, kami pikir ada sesuatu yang menarik untuk dilakukan di sini,” tetapi mereka tidak memberi saya daftar fitur. Orang-orang benar-benar tidak yakin apa itu. Dan saat itulah Google masih dianggap sebagai pencarian eksklusif, jadi bahkan ide untuk melakukan sesuatu seperti email itu aneh. Banyak orang agak tidak yakin. Pada titik ini, itu tidak akan tampak seperti masalah besar, tetapi pada saat itu agak kontroversial.
Selama ini saya hanya mengerjakannya sendiri. Saya membuat versi pertama Gmail dalam 1 hari, tetapi hanya mencari email saya. Saya merilisnya ke beberapa Googler dan orang-orang mengatakan itu berguna, jadi itu berkembang dari sana.
Itu adalah inti dari apa yang kami lakukan saat itu dan sangat berguna untuk mengelola email. Saya memiliki ambisi untuk melakukan lebih dari itu, tetapi pencarian tampak seperti langkah pertama yang alami—itu adalah salah satu hal yang paling jelas menjadi masalah.
Semua orang di sini memiliki banyak email. Perusahaan ini sedikit gila email. Saya mendapatkan 500 email sehari. Jadi ada kebutuhan yang sangat besar untuk pencarian. Itu adalah hal yang paling jelas yang bisa saya lakukan, dan itu juga salah satu yang termudah. Jadi saya membuat versi pertama ini dan itu hanya mencari email saya, tetapi bahkan itu berguna untuk orang lain, karena kami memiliki banyak email yang sama. Lalu mereka berkata, “Akan lebih baik jika saya bisa mencari email saya sendiri.”
Untuk waktu yang cukup lama, itu hanya diri saya sendiri; dan kemudian orang lain, Sanjeev Singh, mulai mengerjakannya. Tetapi beralih proyek di sini, terutama saat itu, tidak mudah. Itu tidak seperti suatu hari, dia tiba-tiba berada di proyek baru. Cukup lama sebelum Sanjeev benar-benar dapat menghabiskan sebagian besar waktunya di Gmail. Jadi itu cukup lambat untuk waktu yang lama.
Itu kebanyakan hanya saya; lalu saya dan Sanjeev; kemudian orang lain, Jing Lim, mulai. Itu adalah jenis development yang sangat lambat. Dan orang-orang masih sedikit tidak yakin tentang gagasan melakukan sesuatu yang berbeda seperti email.
Bagian yang paling menantang
Ada banyak hal yang menantang. Kami memberi semua orang penyimpanan gigabyte untuk memulai. Pada saat itu, standarnya sekitar 2 atau 4 megabyte.
Banyak orang sebenarnya tidak berpikir itu nyata. Mereka mengira itu lelucon—sebagian karena kami meluncurkannya pada 1 April.
Mereka juga berpikir itu tidak mungkin. Ini bisa sedikit rumit, karena banyak data jika saya benar-benar menghitung: saya memiliki jutaan pengguna dan mereka semua memiliki banyak data, dan kemudian, untuk membuat sistem benar-benar andal, saya perlu menyimpan beberapa salinan data, backup dan segala sesuatu seperti itu. Ini membutuhkan banyak penelitian. Banyak mesin dan banyak sistem untuk membuat semuanya bekerja tanpa memerlukan pasukan orang untuk memelihara sistem dan membuatnya tetap berjalan. Ada masalah sistem yang sangat rumit di sana.
Kami juga melakukan banyak hal yang baru bagi Google. Saya rasa ini adalah salah satu perbedaan antara startup biasa dan memulai di Google—saya pikir itu sedikit berbeda sekarang, tetapi pada waktu itu masih ada visi bahwa, “Kami hanya melakukan pencarian web.” Sekarang kami melakukan banyak produk rapi yang melampaui itu, tetapi pada saat itu, banyak orang di dalam perusahaan yang tidak yakin.
Ide untuk melakukan produk ini yang menerima semua email—dan kami harus menyimpan email, yang merupakan masalah sistem yang berbeda, sebenarnya, dari pencarian web. Kami pergi mengambil halaman dan itu akan dapat dicari sedikit kemudian. Namun dalam email, semuanya harus instan, dan tentu saja pengguna juga tidak boleh kehilangan data apa pun.
Ternyata hal ini membuat perbedaan besar dalam cara membangun sesuatu. Banyak strategi yang mungkin digunakan untuk pencarian web dapat menjadi masalah ketika menerapkannya ke email pada tingkat sistem, hanya karena saya perlu membuat semuanya begitu cepat. Itu harus segera terjadi.
Saya tidak dapat mengatakan, “Yah, kami menerima email dan kemudian dalam setengah jam itu akan muncul.” Hal yang sebenarnya adalah cara kerjanya di salah satu versi awal saya.
Semua detail kecil itu menambah banyak tantangan, hanya untuk menyelesaikannya. JavaScript juga merupakan masalah besar, karena pada saat pertama kali kami mulai membuat front end dalam JavaScript, kebanyakan orang menganggap JavaScript sebagai alat untuk iklan pop-up dan hal-hal menjengkelkan lainnya seperti itu.
Ini sebelum seluruh masalah Ajax, jadi banyak orang cukup skeptis bahwa JavaScript dapat bekerja dengan andal. Bukan tanpa pembenaran—ini sedikit rumit karena jika saya melakukan kesalahan, saya akan merusak browser.
Jadi membuat semua itu berhasil dan bekerja dengan sangat baik membutuhkan beberapa pembelajaran dan mencari tahu teknik yang tepat dan bagaimana untuk menarik garis tentang fitur mana yang merupakan ide bagus dan mana yang tidak.
Penutup
Saya benar-benar terkejut sampai batas tertentu melihat betapa positifnya beberapa hal yang kami lakukan diterima. Kami cukup gugup tentang beberapa fitur kami.
Gagasan untuk melakukan semuanya dalam JavaScript—secara internal banyak orang sangat tidak yakin tentang itu, tetapi saya pikir pengguna kami menyukainya. Ini benar-benar bekerja lebih baik dari yang kami harapkan.
Kami cukup gugup tentang hal itu, karena ada begitu banyak browser di luar sana dan semuanya memiliki plug-in dan beberapa dari plug-in ini akan menyebabkan masalah. Ini benar-benar berhasil lebih baik dari yang kami kira.