Merdeka! Dirgahayu Republik Indonesia – sebuah Refleksi

Hari ini, tepat pada tanggal 17 Agustus 2022 kita merayakan Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia. Tidak terasa sudah 77 tahun Bangsa Indonesia merdeka. Kemerdekaan yang kita peroleh merupakan sebuah anugerah dari Tuhan.

Bangsa kita telah melalui perjalanan selama 77 tahun sejak dikumandangkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada hari Jumat, tanggal 17 Agustus 1945, oleh Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56 – Jakarta Pusat.

P R O K L A M A S I

    KAMI BANGSA INDONESIA DENGAN INI MENYATAKAN KEMERDEKAAN INDONESIA.

    HAL-HAL YANG MENGENAI PEMINDAHAN KEKUASAAN DAN LAIN-LAIN DISELENGGARAKAN

    DENGAN CARA SAKSAMA DAN DALAM TEMPO YANG SESINGKAT-SINGKATNYA.

DJAKARTA, 17 AGUSTUS 1945

ATAS NAMA BANGSA INDONESIA.
SUKARNO-HATTA.

 

Tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia, kerena pada hari itulah bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaan. Sebuah kemerdekaan yang begitu berharga yang  telah diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa. Sekarang kita telah dapat menikmati kemerdekaan yang telah direbut dengan pengorbanan yang luar biasa, sepenuh jiwa dan raga dari para pahlawan.

Kemerdekaan Indonesia merupakan rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Para pejuang 45 dengan bersemangat telah memperjuangkan bangsa dan tanah air Indonesia, sampai terjadilah satu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Satu hari kemenangan, hari kelepasan dan kebebasan bangsa kita dari penjajahan.

Semangat perjuangan Bangsa Indonesia yang lahir dan berkembang dari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia selama ini harus kita lestarikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Semangat merdeka dalam masa perjuangan perang kemerdekaan sangat bergelora dalam hati para pejuang kemerdekaan kita. Semangat inilah yang membuat satu kekuatan yang mendorong Bangsa Indonesia untuk melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan dan mempertahankannya.

Sebagaimana cita-cita luhur para pendiri bangsa, untuk melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Demikianlah kiranya semangat untuk membangun Bangsa Indonesia menjadi sebuah negara yang maju dan mandiri dalam sektor  sosial, ekonomi, budaya dan politik  ini haruslah ada didalam hati setiap generasi penerus Bangsa Indonesia.

Para pejuang  telah mepertaruhkan nyawanya untuk mempersembahkan kemerdekaan bagi kita semua. Sehingga kita patut untuk melanjutkannya. Perjuangan kita belum selesai, kita masih harus memperjuangkan Bangsa Indonesia menjadi sebuah negara yang adil dan makmur dengan semangat seperti yang dimiliki oleh generasi pejuang 45.

Bangsa kita telah merasakan satu kemerdekaan selama 77 tahun dengan melalui berbagi tantangan yang ada sampai saat ini bangsa kita tetap berdiri dengan teguh.

Para pejuang, pahlawan bangsa telah tiada, tapi perjuangan mereka tetap kita rasakan sampai saat ini. Kitalah yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa ini dengan kita tetap berjuang membangun bangsa kita, mengisi kemerdekaan dengan sumbangsih untuk memajukan bangsa ini menjadi masyarakat yang adil dan makmur, aman dan sentosa.

Di negeri ini kita dilahirkan, di negeri ini kita bertumbuh dan hidup, di negeri ini kita menikmati segala kemurahan Tuhan. Indonesia negeri yang indah dan menawan, Indonesia zamrud katulistiwa, negeri yang elok ciptaan Tuhan. Bangsa kita adalah bangsa yang besar dan saat ini bangsa kita dikenal di berbagai mancanegara. Kita bangga menjadi bangsa Indonesia.

Seperti  lagu Hari Merdeka 17 Agustus ciptaan  H Mutahar

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia

Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia

Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita.

Melalui peringatan HUT -RI ke 77 ini, kita dapat bertanya, apa yang telah kita berikan bagi Negara Indonesia tercinta ini dan apa yang bisa kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan bangsa kita? Dengan mencintai bangsa ini, melakukan sumbangsih untuk bangsa ini, ikut serta dalam memajukan Bangsa Indonesia dalam segala aspek.

Selamat Ulang Tahun ke-77  Bangsaku Indonesia

Merdeka!!!