passport terkuat di dunia

Negara Mana yang Memiliki Passport Terkuat di Dunia?

(Business Lounge Journal – News and insight)

Setelah lebih dari 2 tahun pandemi, maka lalu lintas perjalanan antar negara terus semakin meningkat. Henley and Partners, sebuah global citizenship and residence advisory kembali memperbaharui worldwide index-nya yang terakhir. Henley Passport Indeks ini didasarkan pada data eksklusif dan resmi dari International Air Transport Association (IATA). Sehingga kita dapat mengetahui passport terkuat di dunia.

Indeks passport Henley ini telah digunakan selama 17 tahun untuk membantu pemerintah dalam melakukan assessment terhadap keberadaan kewarganegaraan di seluruh dunia berdasarkan passport mana yang menawarkan paling banyak akses bebas visa atau visa saat kedatangan.

Passport Terkuat di Dunia

Mengukuhkan passport Jepang menjadi passport terkuat di dunia. Hal ini dikarenakan pemegang passport dimungkinkan untuk masuk dengan bebas visa di 193 negara.

Menduduki peringkat kedua, adalah passport Singapura dan passport Korea Selatan. Adapun pemegang passport Singapura dan Korea Selatan dapat bepergian tanpa visa ke 192 negara.

Berada di peringkat ketiga, adalah passport Jerman dan Spanyol dengan akses bebas visa ke 190 negara. Diikuti dengan passport Finlandia, Italia, dan Luxembourg pada posisi keempat dengan akses bebas visa ke 189 negara. Juga Austria, Denmark, Belanda, dan Swedia berada di posisi ke-5 dengan akses bebas visa ke 188 negara.

Dapat dikatakan bahwa negara-negara Eropa telah mendominasi 10 peringkat teratas sebagai passport terkuat di dunia walaupun yang terkuat bukan dari Eropa.

Baca juga: Panduan Perjalanan ke Singapura

Passport Indonesia

Passport Indonesia sendiri menduduki peringkat ke-76 dengan akses bebas visa ke 72 negara. Bersama dengan Indonesia, juga terdapat passport Kenya, Tanzania, dan Zambia.

Informasi lainnya yang dapat kita lihat adalah Malaysia berada di peringkat ke-13 (bebas visa ke 179 negara), Brunei berada di peringkat ke-22 (bebas visa ke 166 negara), Thailand berada di peringkat ke-70 (bebas visa ke 79 negara). Sedangkan passport Vietnam berada di peringkat ke-92 (bebas visa ke 55 negara).

Rusia dan Ukraina

Dalam sebuah pernyataan Henley and Partners seperti dilansir oleh The Straits Times, bahwa adanya sanksi, larangan perjalanan, dan penutupan wilayah udara yang diberikan kepada Rusia membuat posisi passport Russia berada di posisi ke-50 dalam indeks. Pemegang passport Rusia mendapatkan kemudahan untuk memasuki 119 negara.

Namun berbeda kondisinya dengan passport Ukraina yang justru mengalami peningkatan. Pada tahun lalu, passport Ukraina berada di posisi ke-38 sedangkan tahun ini berada di peringkat ke-35. Pemegang passport Ukraina dapat mengakses 144 tujuan di seluruh dunia tanpa memerlukan visa.

Passport Terlemah

Berada di peringkat ke-112 sekaligus menjadi passport yang terlemah adalah Afghanistan (bebas visa ke 27 negara). Diikuti oleh Irak (bebas visa ke 29 negara), Siria (bebas visa ke 30 negara), Pakistan (bebas visa ke 32 negara), dan Yaman (bebas visa ke 34 negara).

Arti Sebuah Passport

Bukan kebetulan bahwa negara-negara di 10 besar Indeks Passport Henley juga dapat ditemukan di 10 besar Indeks Perdamaian Global (the Global Peace Index) demikian dicantumkan sebuah laporan yang dibuat oleh Institute for Economics and Peace, yang berkantor pusat di Sydney. Begitu juga, untuk negara-negara dengan peringkat terbawah yang berada pada peringkat terendah pada Indeks Perdamaian Global.

Dapat diakui bahwa status passport sebuah negara di dunia sesungguhnya berbicara tentang kepercayaan yang dimiliki dunia terhadap negara yang mengeluarkan passport tersebut.

Bahkan sebuah pendapat dari Stephen Klimczuk-Massion, Oxford University, “Kekuatan atau kelemahan yang relatif dari sebuah paspor nasional tertentu secara langsung mempengaruhi kualitas hidup bagi pemegang paspor dan bahkan mungkin menjadi masalah hidup dan mati dalam beberapa keadaan.”

Bukan sebuah hal yang dianggap sepele sebab kita dapat menilai keberadaan sebuah negara dari peringkat passport yang ditempatinya.