Langkah-langkah dalam Menyusun Pernyataan Visi Anda

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Kita sudah membahas perbedaan pernyataan visi dan pernyataan misi. Sekarang bagaimana langkah-langkah menyusun pernyataan visi Anda?

Menyusun pernyataan visi

1. Tentukan siapa yang akan membentuk visi Anda.
Langkah pertama dalam menulis pernyataan visi adalah menentukan siapa yang akan menyusunnya. Dalam bisnis kecil, Anda mungkin dapat meminta semua orang untuk mendapatkan wawasan mereka. Dalam operasional yang lebih besar, Anda mungkin perlu lebih selektif sambil tetap menangkap berbagai pendapat atau masukan karyawan.

2. Evaluasi materi yang diterbitkan perusahaan Anda.
Perusahaan Anda kemungkinan besar telah menerbitkan tujuan dan nilai-nilai yang ditetapkan dalam buku pegangan karyawan, materi pemasaran, dan publikasi lainnya. Gunakan informasi ini untuk memandu pekerjaan Anda. Misi, tujuan, sasaran, dan nilai perusahaan semuanya akan terlibat dalam penciptaan visi perusahaan.

3. Adakan lokakarya untuk bertukar pikiran tentang visi Anda.
Anda dapat menyelenggarakan lokakarya dengan pemangku kepentingan utama yang mewakili lintas bagian organisasi Anda. Kumpulkan tim dan gunakan alat kolaborasi untuk membuat versi alternatif dari pernyataan tersebut, dan kumpulkan umpan balik karyawan tentang bagaimana setiap versi beresonansi.

4. Dapatkan masukan individu.
Lakukan wawancara dengan pemangku kepentingan individu untuk mendorong umpan balik yang jujur. Karyawan dapat mengidentifikasi tema umum, menggambarkan masa depan organisasi dengan kata-kata atau menggunakan alat branding visual sebagai dasar untuk pernyataan visi.

5. Lihat pernyataan visi pesaing.
Lihatlah pernyataan visi pesaing Anda untuk menentukan bagaimana Anda dapat membedakan bisnis Anda dari bisnis mereka.

6. Tetap singkat tapi bermakna.
Pernyataan visi harus ringkas – tidak lebih dari satu atau dua kalimat. Anda ingin seluruh organisasi Anda dapat mengulanginya dengan cepat dan, yang lebih penting, memahaminya. Namun, pernyataan visi harus lebih dari sekadar tagline yang menarik.

7. Buat versi yang lebih panjang hanya untuk pandangan kepemimpinan.
Jangan khawatir jika Anda merasa bahwa pernyataan visi singkat tidak sepenuhnya mengungkapkan seluk-beluk visi Anda. Anda dapat membuat versi yang lebih panjang, tetapi itu bukan versi yang Anda publikasikan ke umum. Memiliki versi lengkap dari visi Anda hanya untuk sisi kepemimpinan. Pikirkan versi panjangnya sebagai panduan referensi Anda tentang mengapa Anda berbisnis sejak awal.

8. Petakan tujuan terbesar bisnis Anda.
Saat Anda menyusun pernyataan visi Anda, mulailah dengan memetakan tujuan bisnis Anda yang paling berani. Meninjau tujuan jangka panjang Anda dalam pengaturan kolaboratif akan membantu Anda kemudian memperkecil seperti apa organisasi Anda dan dunia jika Anda mencapainya. Pandangan yang diperkecil dari kesuksesan Anda adalah inti dari pernyataan visi Anda.

9. Pertimbangkan potensi dampak global perusahaan Anda.
Ajukan pertanyaan yang mencerminkan skala dan dampak akhir bisnis Anda. Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda telah membuat peta jalan antara masa kini dan masa depan Anda.

Ini adalah beberapa pertanyaan yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi pernyataan visi Anda:
Apa dampak akhir yang saya inginkan dari merek saya terhadap komunitas saya, industri saya, atau dunia?
Dengan cara apa merek saya pada akhirnya akan berinteraksi dengan pelanggan dan klien?
Seperti apa budaya bisnis saya, dan bagaimana pengaruhnya dalam kehidupan karyawan?

10. Bercita-cita tinggi.
Jangan takut untuk bermimpi besar setelah Anda mengumpulkan semua informasi dan mulai menulis. Jangan khawatir tentang kepraktisan untuk saat ini; apa yang awalnya terlihat mustahil dapat dicapai dengan tim dan teknologi yang tepat. Berusahalah untuk membentuk pernyataan visi yang mencerminkan sifat spesifik bisnis Anda dan aspirasinya.

11. Berani, tidak generik.
Tidak ada yang salah dengan pernyataan visi yang berani, berbeda, atau bahkan tidak menyenangkan. Jika pernyataan visi menetapkan tujuan umum yang dapat disetujui oleh siapa pun, kemungkinan akan menghasilkan hasil yang biasa-biasa saja.

12. Pertimbangkan untuk membuat papan visi merek.
Jika Anda tertarik untuk membawa visi Anda selangkah lebih maju, buatlah papan visi merek. Papan visi mencakup tagline perusahaan Anda, pernyataan “siapa kami”, bagian “apa yang kami lakukan”, pernyataan visi bisnis, ikhtisar klien ideal Anda, poin keluhan klien, pernyataan misi konten Anda, iklan, produk, dan SEO kata kunci. Papan visi berfungsi sebagai rencana bisnis satu halaman yang dapat dilihat oleh siapa pun di perusahaan dengan cepat untuk mengingat konsep kunci yang mendorong pekerjaan.

Tips singkat untuk pernyataan visi Anda

Berikut ini langkah-langkah apa yang harus dilakukan saat memformalkan pernyataan visi Anda:

– Rencanakan lima sampai 10 tahun ke depan.
– Bermimpilah besar, dan fokuslah pada kesuksesan.
– Gunakan present tense.
– Gunakan bahasa yang jelas, singkat, dan bebas jargon.
– Tanamkan dengan semangat, dan buatlah itu menginspirasi.
– Sejajarkan dengan nilai dan tujuan bisnis Anda.
– Buat rencana untuk mengkomunikasikan pernyataan visi Anda kepada karyawan Anda.
– Bersiaplah untuk mencurahkan waktu dan sumber daya untuk visi yang Anda tetapkan.

Pernyataan visi lengkap Anda harus menawarkan gagasan yang jelas tentang jalan perusahaan Anda ke depan. Pernyataan visi ini akan mengarahkan rencana keseluruhan perusahaan Anda untuk masa depan.

Apa yang harus dihindari saat menulis pernyataan visi

– Jangan mencampuradukkan pernyataan misi dan pernyataan visi Anda. Pernyataan misi umumnya lebih mudah ditulis karena mencerminkan apa yang Anda lakukan sekarang. Ingat, pernyataan misi adalah apa yang ingin Anda capai hari ini, sedangkan pernyataan visi adalah apa yang ingin Anda capai di masa depan.

– Jangan terlalu memikirkan kata-kata Anda. Salah satu bagian tersulit dalam membuat pernyataan visi adalah menemukan kata-kata yang tepat. Anda mungkin menemukan diri Anda tanpa henti menulis ulang dan resah apakah sudah melakukannya dengan benar. Apakah satu atau dua kalimat ini mendefinisikan nilai-nilai Anda dan menyoroti identitas perusahaan Anda dengan cukup jelas? Jangan tersesat dalam tekanan kata-kata yang sempurna; pernyataan visi yang spesifik dan unik adalah tempat yang baik untuk mulai membedakan bisnis Anda dari industri lainnya.

Bagaimana menggunakan pernyataan visi Anda?

Tentukan di mana pernyataan visi Anda akan muncul dan apa perannya dalam organisasi Anda. Ini akan membuat proses lebih dari sekedar latihan intelektual. Tidak ada gunanya menggantung pernyataan visi di lobi atau mempromosikannya melalui saluran media sosial bisnis Anda jika Anda tidak pernah benar-benar mengintegrasikannya ke dalam budaya perusahaan Anda.

Pernyataan visi bisnis harus dianggap sebagai bagian dari rencana strategis Anda. Ini adalah alat komunikasi internal yang membantu menyelaraskan dan menginspirasi tim Anda untuk mencapai tujuan perusahaan.

Dengan demikian, Anda harus melihat pernyataan visi sebagai suatu acuan yang selalu akan ditinjau kembali dan direvisi. Hal yang terpenting, itu harus berbicara langsung kepada karyawan Anda. Jika karyawan Anda tidak setuju dengan visi tersebut, Anda tidak akan pernah bisa melaksanakannya. Pernyataan visi harus menjadi sesuatu yang dipercaya oleh karyawan Anda. Hanya dengan begitu mereka akan membuat keputusan dan mengambil tindakan yang mencerminkan visi bisnis Anda.

Anda dapat membantu karyawan Anda mengambil alih visi dengan meminta mereka mengidentifikasi cara mereka dalam memasukkan pernyataan visi ke dalam pekerjaan sehari-hari mereka. Berikan karyawan dengan tunjangan atau reward saat Anda melihat mereka mencontohkan visi.