Startup Pra-peluncuran juga Bisa dapat Pendanaan lewat Surge dari Sequoia. Jangan Kuatir!

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Para startup tahap awal bahkan startup pra peluncuran kelihatannya dapat semakin terpacu sebab Sequoia India dan Asia Tenggara sedang memperluas jangkauan pendanaannya dengan menambah besaran investasi yang akan ditanamkan lewat sebuah program mereka yang diberi nama Surge. Sequoia memang tidak berasal dari Indonesia, namun sederet nama startup lokal kita sudah menerima pendanaan mereka pada tiga tahun terakhir ini seperti Bobobox, CoLearn, Durianpay, Hangry, Lummo, Otoklix, Qoala, RaRa Delivery, dan Rukita. Tidak dapat dipungkiri bahwa Sequoia sebagai venture capital memiliki peranan penting dalam mendukung pertumbuhan startup. (Baca: Pentingnya Ekosistem Dalam Mendukung Pertumbuhan Startup).

Surge memang dikhususkan untuk pendanaan startup tahap awal. Semula pendanaan yang dipatok adalah antara US$1 juta hingga US$2 juta atau setara dengan 14,8 miliar rupiah hingga 29,6 miliar rupiah. Namun kini jangkauannya mencapai US$3 juta (setara dengan 44,4 miliar rupiah) dan tanpa minimum. Dengan demikian, Surge akan dapat menjangkau lebih banyak founder, mulai dari mereka yang baru saja mulai sampai mereka yang sedang mengumpulkan modal tambahan. Bahkan, sangat menarik untuk mengetahui bahwa para startup yang mulai bermitra dengan Surge namun masih dalam tahap melakukan pra-peluncuran, itu mencapai lebih dari 20%. Para founder dari startup pra-peluncuran ini sudah pasti masih ‘menggodok’ produk mereka. Mereka mungkin saja hanya membutuhkan pendanaan kurang dari US$1 juta. Wow, ini benar-benar menjadi salah satu faktor yang dapat memberikan jalan keluar bagi para startup yang mungkin sedang berpikir untuk berhenti.

Memperoleh dana tahap awal memang sangat penting bagi banyak startup yang masih dalam tahap pemantapan produk (product- market fit), belum lagi mereka masih harus membangun tim yang kuat dan solid. Sehingga sebelum mereka mencapai putaran pendanaan seri A, mereka sudah dapat memperoleh bantuan dari program Surge ini. Di satu sisi, ketika startup awal dapat mencapai ke-solid-an tim serta stabilitas yang baik, maka ini pun akan menjadi daya tarik bagi investor yang akan semakin berhati-hati dalam putaran pendanaan selanjutnya yang tentu saja akan memakan waktu lebih panjang sebelum ditutup.

Sequoia melalui Surge terus berkomitmen untuk membantu sebanyak mungkin founder dengan sejuta mimpi yang visioner. Ada banyak usaha rintisan yang telah didukung untuk memecahkan beragam permasalahan mulai dari ketahanan pangan sampai dengan inklusi keuangan. Mulai dari sektor AgriTech, EdTech, FinTech, HealthTech, supply chain dan logistik, serta brand konsumen. Menarik juga untuk diketahui bahwa lebih dari 40% startup Surge adalah perusahaan perangkat lunak yang membangun untuk dunia. Wow!

Surge memiliki lebih dari 30 orang anggota dan menawarkan program pendanaan yang ekstensif, menggabungkan program 16 minggu inti dan investasi seed ditambah kesempatan untuk memanfaatkan 50 tahun pengetahuan global Sequoia tentang apa yang diperlukan untuk benar-benar membangun perusahaan yang bertahan lama dari bawah ke atas.

Kini Surge telah menjalin kerja sama dengan 112 startup dengan 246 founder di Asia Tenggara dan India. Sedangkan dana yang telah berhasil dihimpun Surge mencapai lebih dari US$1,5 miliar dalam putaran pendanaan lanjutan. Dengan pendanaan ini maka para startup akan mampu melakukan perekrutan, mengembangkan produk, membuat strategi pemasaran, dan tentu saja akan berdampak besar pada berbagai industri dan pasar di tahun-tahun mendatang.