Talenta Digital Luar Biasa, Tokopedia Care Hadir di Yogyakarta

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Spirit gotong royong di negeri ini memang ternyata memang sangat kental hingga hari ini. Bukan hanya dikalangan kehidupan bermasyarakat tetapi juga di kalangan berbisinis. Hal ini nyata seperti yang dilakukan oleh Tokopedia yang sedang meluncurkan upayanya untuk membantu pertumbuhan para UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Yogyakarta. Tokopedia baru saja meresmikan gedung Tokopedia Care di Sleman City Hall, Tridadi, Sleman. Tokopedia ingin mendorong para UMKM ini untuk bisa naik ke next level. Keren ya!

Tokopedia Care pun telah diresmikan langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo pada Rabu (15/6) yang lalu. Untuk kita ketahui, Tokopedia Care merupakan pusat layanan untuk para penggunanya yang diharapkan akan dapat memberikan pelayanan ekstra bagi para pelanggan Tokopedia di seluruh Indonesia. Tokopedia Care dapat menerima keluhan dari para pelanggannya, namun bagi para UMKM setempat, Tokopedia Care tentu akan menghadirkan banyak keuntungan.

Mengapa Di DI Yogyakarta?

Lalu mengapa DIY yang menjadi incaran Tokopedia? Salah satu yang menjadi pertimbangannya adalah bahwa DIY memiliki SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas dan sesuai dengan nilai-nilai yang diusung oleh Tokopedia: friendly, proactive, simple, dan trusted. Hal ini tentu saja didukung dengan banyaknya universitas di Yogyakarta. Sebagai pertimbangan lainnya, selama kuartal 2022, jumlah pembeli di Tokopedia khusus di Yogyakarta meningkat hampir dua kali lipat dibanding periode yang sama pada tahun 2022.

Keputusan untuk melakukan ekspansi ini sebenarnya bukanlah sebuah keputusan yang dadakan, tetapi Tokopedia telah memikirkannya sejak hampir 4 tahun yang lalu. Tokopedia harus melebarkan sayapnya dan tidak hanya terpusat di Jakarta.

Dengan adanya Tokopedia Care, maka diharapkan para UMKM lokal dapat memperoleh edukasi untuk dapat berjualan di Tokopedia. Tokopedia Care selanjutnya akan dilengkapi dengan Merchant Engagement Hub yang akan menjadi tempat berkumpulnya UMKM untuk dapat berkonsultasi dengan tim Tokopedia Care serta mendapatkan berbagai program edukasi.

Tidak hanya membantu UMKM DIY untuk dapat mengembangkan bisnisnya secara lokal, Tokopedia Care pun akan mempersiapkan UMKM untuk bersaing di dunia internasional, sebab Tokopedia Care telah memiliki standarisasi internasional dalam hal melayani pengguna. Dengan demikian Tokopedia Care Yogyakarta membuka lapangan kerja dengan memberikan kesempatan bargi para talenta digital terbaik DIY, tidak terkecuali para perempuan dan difabel. Tokopedia yang adalah perusahaan teknologi Indonesia ini sangat yakin bahwa para talent merupakan aset terbesar perusahaan yang dapat berperan dalam mewujudkan misi besar Tokopedia untuk Indonesia yaitu pemerataan ekonomi secara digital.

Untuk para Nakama (sebutan bagi mereka yang bekerja di Tokopedia) maka ada banyak fasilitas yang disediakan untuk mendukung produktivitas mereka.

Canggihnya Tokopedia Care

Mengedepankan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Tokopedia menjadi perusahaan teknologi Indonesia pertama yang mengimplementasikan digital customer service atau layanan pengguna yang sepenuhnya berbasis digital. Hal ini memampukan Tokopedia dapat mengakses dan memberikan solusi atas setiap kendala secara cepat, tepat, dan transparan. Melalui layanan 24/7, Tokopedia Care memiliki berbagai kanal digital, termasuk chatbot, live chat, media sosial, dan surat elektronik, akan beroperasi setiap harinya.

Kantor Tokopedia Care didesain untuk dapat dilewati kursi roda, memiliki lift platfrom vertikal, serta kamar mandi dan tempat ibadah khusus difabel. Selain itu, meja kerja yang dipilih juga memiliki tinggi yang disesuaikan dengan tinggi kursi roda. Tokopedia memang serius untuk memberdayakan para kaum difabel.

Bekerja sama dengan PT IGT Solutions, Tokopedia Care Yogyakarta telah memberdayakan lebih dari 900 Nakama yang sebagian besar adalah talenta lokal setempat.

Untuk kita ketahui, secara keseluruhan, Tokopedia merupakan bagian dari Grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang terdiri dari Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, yang saat ini terdiri dari lebih dari 6.000 Nakama.