Kini Telegram Premium Segera Hadir di Hadapan Anda

(Business Lounge Journal – Tech)

Kabar baru bagi para pengguna aplikasi chatting Telegram, bahwa rencana aplikasi ini untuk menghadirkan versi berbayarnya, akan benar-benar direalisasikan pada bulan ini. Layanan berbayar yang disebut Telegram Premium akan segera diluncurkan pada bulan Juni ini. Adapun akun berbayar dari Telegram ini menawarkan fitur-fitur tambahan, kecepatan, dan sumber daya tambahan. Dengan demikian pelanggan bisa mengunggah file yang lebih besar dan stiker serta reaksi khusus premium. Belum diketahui seberapa besar ukuran file yang dimaksud, adapun sejauh ini Telegram mengizinkan penggunanya mengirimkan file dengan ukuran maksimal 2 GB setelah pembaruan tahun 2020 lalu. Sebelumnya pengguna hanya bisa mengirim file dengan ukuran maksimal 1,5 GB.

Pendiri Telegram Pavel Durov mengatakan bahwa Telegram Premium merupakan jawaban bagi permintaan pengguna yang ingin memiliki fitur yang lebih dari pada yang tersedia saat ini. Fitur yang lebih banyak berakibat penambahan biaya server, dengan demikian layanan berbayar menjadi solusi. Menurut Durov, penghasilan Telegram memang seharusnya dari penggunanya, bukan dari iklan, dengan demikian pelanggan dapat selalu menjadi prioritas utama bagi Telegram. Adapun ide untuk membuat versi berbayar ini sebenarnya sudah direncanakan sejak Desember 2020.

Masih menurut Durov, sejauh ini unggahan media serta file Telegram masih tak tertandingi aplikasi messaging lainnya. Akan tetapi masih banyak pengguna Telegram yang menginginkan unggahan yang lebih besar lagi, karena itu maka satu-satunya cara adalah dengan menghadirkan akun berbayar bagi pelanggan yang ingin menikmati fasilitas yang lebih besar. Sementara pengguna Telegram lainnya masih bisa menikmati layanan Telegram secara gratis seperti sedia kala dan juga bisa melihat dokumen yang dikirimkan oleh pengguna premium.

Sebagai informasi, Telegram adalah aplikasi perpesanan instan yang dibuat oleh dua bersaudara Nikolai dan Pavel Durov. Aplikasi perpesanan instan saingan WhatsApp ini sudah hadir sejak 2013, dengan menekankan keunggulannya lebih mementingkan privasi dan keamanan para penggunanya. Saat ini Telegram memiliki pengguna aktif lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia.

Nah apa saja fitur dari Telegram premium ini? Salah satunya adalah bahwa ukuran file upload maksimal 4 GB (selama ini maksimum hanya 2 GB). Selain itu Telegram premium menjanjikan kecepatan download yang lebih besar, adanya fitur konversi suara ke teks, adanya fitur reaksi baru dipesan dan juga adanya sticker premium. Selain itu yang tidak kalah pentingnya, layanan premium ini bersifat bebas iklan. Lantas berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan layanan premium ini belum diketahui secara pasti. Akan tetapi beberapa sumber mengatakan bahwa biayanya sekitar US$4,99 per bulan atau sekitar Rp 75,000.