Soft Skill Penting yang Wajib Anda Miliki di Tahun Ini

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Selamat datang tahun 2022, tahun yang penuh harapan yang baik, keberhasilan, dan keberuntungan. Yes! Kita semua optimis memasuki tahun ini dengan tekad yang baru untuk mengasah hard skill dan soft skill di era yang semakin menantang ini.

Pada dasarnya hard skill merupakan keahlian yang didapat dan diasah dari pendidikan formal maupun informal yang dibutuhkan untuk suatu pekerjaan tertentu. Sedangkan soft skill merupakan kemampuan seseorang yang terbentuk dari kepribadian, karakter, serta kebiasaan yang dilakukan sehari-hari sehingga cakap melakukan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Mengawali tahun 2022 ini, coba check apakah beberapa soft skill di bawah ini sudah Anda miliki.

1. Kemampuan menganalisa masalah dan inovasi baru
Pada masa pandemi yang serba dinamis ini, sudah pasti dibutuhkan karyawan yang memliki kemampuan untuk berpikir secara analitis dan mampu selalu berinovasi. Jadi, tiap kali ada masalah jangan panik dulu, tapi pahami akar masalah yang sedang memuncak tersebut dengan tenang, apa penyebabnya dan bagaimana menyelesaikannya satu persatu dengan berbagai inovasi baru. Kalau kamu punya kemampuan ini, pasti kamu akan semakin cepat berkembang.

2. Selalu aktif belajar untuk menemukan strategi jitu
Hidup berarti tidak pernah berhenti belajar. Jadi selama kita hidup maka pelajari dan kuasai semua teknologi atau berbagai tools yang dibutuhkan untuk menunjang karier. Ingat, kegiatan ini bukan hanya untuk orang yang memiki IQ diatas rata-rata saja loh tetapi untuk semua orang yang mau maju. Bersikaplah profesional untuk senantiasa belajar, selalu ingin tahu, berkembang, serta teruslah mengkombinasikan ide-ide Anda. Apalagi pada zaman serba digital seperti sekarang ini. Ambillah waktu untuk belajar dari kejadian sehari-hari. Anda dapat mendiskusikannya, menulisnya, dan menjelaskannya kembali dengan lebih sederhana. Jika Anda adalah seorang karyawan, kegiatan ini akan sangat membantu Anda untuk menemukan strategi yang segar dan original sehingga perusahaan akan bangga memiliki karyawan seperti Anda.

3. Kreativitas dalam berpikir
Berpikir itu tidak akan ada habisnya. Bahkan menurut para pakar kesehatan, dalam keadaan tidur sekalipun otak kita tidak akan pernah berhenti bekerja. Karena itu teruslah kreatif dalam berpikir dan lihatlah segala sesuatu dalam sudut pandang yang berbeda dan ciptakan ide-ide baru yang orisinal.

4. Bersikap kritis dan mampu memecahkan masalah
Bersikap kritis bukan berarti menyalahkan keadaan, namun memahami setiap kondisi dengan logis, rasional, mendalam dan membuat evaluasi berdasarkan analisa dan identifikasi masalah yang membuahkan problem solving.

5. Kepemimpinan dan pengaruh sosial
Kepemimpinan ini sangat penting dibutuhkan untuk Anda dapat menjadi tenaga kerja yang potensil. Ini akan memampukan Anda untuk dapat bekerja dalam satu tim bahkan memimpin orang banyak yang karakternya berbeda serta mampu memengaruhi mereka untuk bekerja mencapai target perusahaan. Tidak hanya itu, Anda pun akan dapat memengaruhi banyak orang untuk membeli produk perusahaan Anda.

6. Emotional intelligence
Anda tidak bekerja sendiri dalam sebuah perusahaan, namun berhubungan dengan orang banyak. Bukan hanya Kecerdasan Intelektual (IQ) yang dibutuhkan, namun erat kaitannya dengan Kecerdasan Emosional (EQ) yang berarti kehadiran Anda di perusahaan selalu membawa energi positif yang meningkatkan kinerja perusahaan.

7. Kemampuan resilensi dan beradaptasi
Pada masa pandemi yang serba tidak pasti ini penting untuk mengukir pola pikir semua orang untuk tetap bersikap optimis meskipun keadaan tidak seperti yang diharapkan. Bahkan ketika sudah jatuh, tidak berlama-lama terpuruk atau terbawa perasaan (baper) tapi cepat bangkit kembali dan tetap bersikap sebagai petarung. Selain itu kemampuan adaptasi juga dibutuhkan untuk cepat tanggap untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang serba dinamis.

Nah.. itu tujuh tips yang bisa kamu lakukan untuk mengantar kemenangan kariermu di tahun 2022. Semoga berhasil.

Simon Wagner/VMN/BLJ