Dapatkan Pelanggan Pertama Anda Hari Ini

(Business Lounge Journal – Marketing)

Bagaimana bisnis Anda pada minggu pertama di tahun yang baru ini? Apakah sudah ada tanda-tanda deal? Ini waktu yang paling tepat untuk memulai kembali kegiatan bisnis Anda dengan sebuah semangat dan rasa optimis. Yuk targetkan untuk segera mendapatkan klien pertama Anda. Susahkah?

Sebenarnya untuk mendapatkan klien pertama adalah tugas yang cukup menantang, karena harus mempunyai strategi yang tepat. Namun ada beberapa ide yang dapat membantu Anda membangun portofolio klien untuk memulai aktivitas bisnis Anda pada tahun ini.

Gempur dengan e-flyer atau flyer
Memasuki awal tahun 2022, pasti sudah banyak tempat-tempat usaha yang mulai gencar dalam melakukan promosi-promosi. Sekalipun saat ini masih masa pandemi Covid-19, tetapi promosi tetap dapat dilakukan dengan cara membagikan e-flyer yang menarik. Karena itu penting memperhatikan judul yang menarik, unik, atau tidak monoton, serta menonjolkan penawaran yang spesial. Jangan lupakan untuk mencantumkan nama bisnis dan kontak perusahaan Anda. Tetapi jika memungkinkan, bila Anda telah mempunyai target yang spesific pada area yang spesific juga, Anda masih dapat melakukan secara offline.

Menawarkan sample gratis
Bagaimana seseorang bisa tahu jika mereka menyukai produk atau layanan Anda jika mereka tidak mencobanya? Berikan sample gratis atau tester dari produk Anda, atau tawarkan voucher untuk layanan gratis. Anda dapat melakukannya misalnya dengan menawarkan kelas percobaan lalu promosikan melalui jejaring sosial Anda.

Diskon pengiriman
Buatlah promosi khusus untuk pelanggan pertama Anda. Salah satu idenya adalah sejak Anda membuka toko, Anda mengirimkan voucher yang berlaku selama 30 hari. Dengan cara itu Anda memastikan bahwa mereka menguji layanan atau produk Anda dengan cepat dan bahwa basis pelanggan pertama Anda dihasilkan dalam waktu kurang dari sebulan.

Menghadiri pertemuan bisnis
Dalam kondisi seperti saat ini tidak boleh ada kata menyerah, sebelum mencoba. Bisnis dapat terus berjalan dengan adanya komunikasi virtual dan ini cara seseorang dalam melakukan sebuah pertemuan bisnis. Seorang pebisnis tidak perlu lagi bergegas dari satu kota ke kota lain untuk melakukan pertemuan secara langsung. Sebenarnya, dalam beberapa hal komunikasi virtual atau video konferensi adalah cara lain teknologi digital yang telah meningkatkan fungsi bisnis.

Cari referensi
Jangan lupakan semua kontak yang ada pada phone book Anda. Ini berarti betapa pentingnya Anda menjaga hubungan baik dengan para relasi Anda, sebab dari merekalah kelak Anda akan mendapatkan customer baru. Segera kirimkan ucapan selamat tahun baru dan kalimat sukses untuk mereka. Saya rasa belum terlambat jika Anda melakukannya hari ini.

Buat skrip 30 detik
Persiapan sangat penting. Sebelum mendekati klien potensial mana pun, Anda harus tahu betul apa yang akan Anda katakan padanya dan apa yang ingin Anda dapatkan darinya. Tentukan tiga skrip dasar yang berbeda: jika Anda berhadapan langsung dengan calon pembeli, jika Anda berhubungan dengan pihak hubungan masyarakat sebuah perusahaan atau media, dan juga bila Anda berhubungan dengan calon mitra dan investor. Ini akan memudahkan Anda untuk membuat presentasi pertama.

Ciptakan publik Anda sendiri
Tidak ada salahnya jika Anda mencoba menghubungi media atau perusahaan yang lebih besar dan memperkenalkan perusahaan Anda dan bagaimana Anda dapat membantu mereka.

Manfaatkan jejaring sosial
Pastikan Anda telah memiliki profil di Facebook, Twitter, dan Instagram sebagai wadah bagi Anda untuk berbagi. Bukan hanya informasi tentang produk atau layanan Anda, tetapi juga tips, tren, saran-saran, dll. Mintalah teman-teman Anda untuk turut membagikan konten Anda, retweet, atau rekomendasikan Anda di blog mereka. Dengan platform ini Anda akan dapat mencari pengguna yang cocok dengan profil target audiens Anda.

Ayo kita bangkitkan kembali bisnis yang akan dapat menghidupkan perekonomian bangsa kita. Jangan lupa untuk terus berinovasi sehingga tidak ketinggalan jaman tentunya.