Bosan di Kantor? Cobalah 5 Langkah Ini untuk Mengatasinya

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Menjadi hal yang biasa apabila seorang karyawan harus menghabiskan minimal sembilan jam di kantor. Berhadapan dengan setumpuk kertas atau sebuah monitor, merupakan hal yang lumrah. Tetapi padatnya rutinitas seperti ini terkadang membuat karyawan merasa jenuh dengan pekerjaannya. So, apakah Anda salah satunya?

Mengulur pekerjaan dengan mengudap makanan ringan, membuka situs berita atau blog-blog yang menarik, serta membuka sosial media seperti Instagram, twitter, dan facebook hanya untuk sekedar melihat konten-konten yang lucu, setidaknya itulah yang saya pernah lakukan saat rasa bosan itu menghampiri. Tidak dapat dipungkiri, rasa jenuh dalam dunia kerja dapat berimbas pada kinerja sehari-hari seperti tidak fokus, kurangnya ide-ide kreatif, hasil kerja yang tidak maksimal, juga turunnya semangat untuk menyelesaikan setiap detil pekerjaan pada hari itu.

Jika Anda ada dalam posisi seperti ini, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa langkah berikut untuk mengembalikan ‘mood’ Anda dalam bekerja.

  1. Apresiasi pekerjaan Anda saat ini

Terkadang dengan seringnya melakukan rutinitas yang sama selama bertahun-tahun, membuat kita merasa “biasa saja” dengan pekerjaan yang kita miliki. Namun, cobalah untuk mengapresikan pekerjaan yang Anda geluti. Bayangkan, ada berapa banyak orang di luar sana yang mendambakan posisi kerja Anda saat ini tapi tidak dapat mereka raih.

Mulailah dengan mengapresiasi setiap hal-hal kecil dari detil pekerjaan yang telah selesai Anda kerjakan. Tidak perlu mengeluarkan budget yang tinggi, sebuah cokelat kecil pun bisa menyenangkan hati. Menghargai usaha diri sendiri untuk membangkitkan semangat kerja, mengapa tidak? Hehehehe.

2. Pikirkan kembali motivasi Anda bekerja

Jika Anda adalah seorang kepala keluarga, mulailah untuk memikirkan kembali hal-hal manis apa yang dapat Anda wujudkan dengan keluarga apabila Anda bekerja dengan giat. Intinya, temukan kembali apa yang menjadi motivasi Anda dalam bekerja hingga Anda benar-benar memiliki pengertian mengapa Anda membutuhkan pekerjaan Anda sekarang. Dengan demikian, kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan ‘asal-asalan’ menjadi sulit dilakukan (bukan sebaliknya). Ibaratnya nih, ada sebuah ‘hadiah’ besar menanti di depan mata ketika Anda mengerjakan pekerjaan Anda dengan sungguh-sungguh. Wow!!

3. Ubah suasana kerja

Cobalah untuk mulai mendekorasi ruangan kerja atau bilik Anda sesuai dengan selera. Jika Anda senang dengan tumbuh-tumbuhan, tidak ada salahnya menaruh tanaman kecil di meja kerja Anda. Atau Anda bisa mengajukan untuk mengubah posisi duduk Anda apabila itu memungkinkan. Buatlah hal sekreatif mungkin untuk memanjakan mata Anda di kantor.

4. Tidur dengan cukup

Mungkin terdengar sepele, tetapi kualitas tidur Anda cukup menentukan kinerja Anda. Kurang tidur bisa menyembabkan rasa lesu di pagi hari dan sulitnya berkonsentrasi. Namun,  dengan istirahat yang cukup, akan membuat Anda memulai hari dengan sebuah semangat. Cobalah untuk mengatur waktu tidur dengan mengurangi melakukan hal-hal yang tidak urgent pada waktu istirahat Anda.

5. Bangun hubungan baik dengan rekan kerja.

Memiliki teman untuk bisa diajak ngobrol di sela-sela waktu kerja, bisa menjadi alternatif Anda dalam mengatasi kejenuhan di kantor. Kadang, suasana ruangan yang menyenangkan juga akan mempengaruhi semangat kerja. Dengan adanya teman untuk sekedar ‘ngobrol santai’ bisa memecah kepenatan Anda.

Sebaliknya, hubungan yang tidak baik dengan sesama rekan kerja dapat berimbas pada suasana kantor yang membosankan. Rasa-rasanya, ya ingin sekali waktu cepat berlalu supaya Anda tidak berlama-lama dengan mereka. Oleh karena itu, mulailah untuk membangun relasi yang baik dengan rekan kerja Anda, minimal dengan mereka yang berada satu ruangan dengan Anda.  Sedikit  jokes juga bisa mencairkan suasana loh. Ketegangan menghadapi  proyek-proyek yang Anda tangani sekarang pun sepertinya terasa lebih ringan.

Kebosanan tidak akan bisa hilang dengan sendirinya. Bertahan dalam suasana kerja yang penuh dengan kejenuhan, juga tidak akan membuahkan apa-apa. Jadi, mulailah untuk mengatasi kebosanan itu. Anda pasti bisa, jika Anda mau untuk mengubahnya. Salam semangat!

Betania Mangkey/VMN/BLJ