Meningkatnya Tren Scrolling membuat CEO Apple Tim Cook cemas, Apple memberikan solusi!

(Business Lounge Journal – Tech)

Hello Friends! Informasi penting untuk kamu pengguna Internet, kini Apple menghadirkan fitur screen time untuk membantu kamu menghitung berapa lama waktu yang kamu habiskan setiap harinya dengan media sosial atau dikenal dengan sebutan tren scrolling.

Dengan meningkatnya tren scrolling media sosial membuat kecemasan kepada CEO Apple Tim Cook. Diungkapkan Cook dalam wawancaranya dengan Bustle pada saat berbicara tentang kecanduan online dan teknologi, cook katakan harusnya teknologi yang melayani manusia bukan sebaliknya.

Fitur Screen Time dari Apple ini memberikan angka yang benar tentang jumlah waktu yang mereka habiskan diperangkat mereka, karena pada umumnya, itu jauh lebih banyak daripada yang dikatakan banyak orang. Di sini cook menyinggung hubungan antara media sosial dan kesehatan mental manusia. Karena scrolling media sosial ini dengan secara terus menerus bisa membawa pikiran negatif ke pengguna.

“Kami ingin orang-orang melakukan sesuatu dengan perangkat mereka, seperti pameran fotografi, atau terhubung dengan keluarga dan teman dengan Facetime. Bukan scrolling terus-terusan tanpa henti,” kata cook seperti dikutip dari MacRumors, Kamis (7/10/2021)

Kalau kita perhatikan, hampir semua media sosial menghadirkan fitur infinite scrolling yang memungkinkan pengguna melihat konten tanpa henti, karena tujuan dari penemu infinite scroling diciptakan untuk menjaga penggunanya agar selalu online.

Dengan adanya screen time kamu dapat mengakses laporan real time yang akan menampilkan berapa lama waktu kamu menggunakan iPhone atau iPad kamu. Bahkan dengan screen time ini, kamu juga dapat set time limits for apps yang ada di iPhone kamu. Dengan begitu dapat megurangi peningkatan tren scrolling.

Bagaimana cara mengaktifkan screen time di iPhone kamu?
Buka Pengaturan – Screen Time
Ketuk nyalakan Screen Time
Ketuk see All Activity

Untuk set time limits for apps kamu caranya :
Buka Pengaturan – Screen Time
Klik App Limits – Add Limit
Pilih Sosial Media – Next
set timer

Selamat mencoba Friends…