Pastikan Anda Memiliki 5 Keterampilan Dasar Ini untuk Menjadi Entrepreneur

(Business Lounge Journal – Entrepreneurship)

Menjadi seorang wirausahawan atau dalam bahasa bekennya nih … ‘entepreneur’ mungkin adalah sebuah impian bagi sebagian orang. Namun tidak sedikit juga yang mengurungkan keinginannya karena tidak memiliki keberanian mengambil risiko atau menghadapi banyaknya tantangan di depan. Sebut saja pendapatan yang tidak pasti, risiko investasi tidak berkembang, memiliki beban pikiran yang cukup berat karena harus bisa bersaing, dan hal-hal lain yang akan ditemui seiring berjalannya waktu.

Apakah Anda salah satunya?

Eitss tuggu dulu, profesi ini juga memiliki kelebihannya loh. Selain terlihat lebih keren (pastinya dong, karena dinilai punya usaha sendiri, hehehe), Anda juga memiliki kesempatan untuk mengisi pundi-pundi dengan mengerjakan apa yang Anda sukai, membuka lapangan kerja bagi orang lain, serta kebebasan untuk mengatur waktu kerja seperti yang Anda inginkan. Terdengar sangat menyenangkan bukan?

Jika Anda benar-benar tertarik menjadi seorang pengusaha, mulailah merenungkan dan memikirkan keterampilan apa yang Anda miliki dan keterampilan mana yang perlu untuk Anda terus kembangkan dalam memulai bisnis Anda. Ini merupakan bagian penting untuk merencanakan bisnis yang ingin Anda kembangkan.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai 5 keterampilan dasar yang harus Anda miliki untuk menjadi seorang pengusaha. Penasaran? Mari kita bahas bersama.

  1. Ketangguhan – ini dasarnya

Sebagai seorang wirausahawan, memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan dan beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi merupakan salah satu karakteristik penting yang harus Anda miliki. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, memilihi ketangguhan akan membantu Anda mampu mengambil risiko dan mengatasi krisis.

Dengan kata lain, ketangguhan pasti akan membuahkan sikap yang namanya pantang menyerah. Apalagi di awal-awal membangun sebuah usaha, tidak jarang terjadi beberapa kesalahan. Sikap pantang menyerah inilah yang akan memampukan Anda mencari solusinya dan membangun budaya kerja yang produktif dan inovatif dengan team work Anda.

  1. Intrapreneurship – di atas segalanya

Intrapreneurship adalah dasar lain bagi para wirausahawan. Jika Anda orang yang memiliki inisiatif, proaktif, bertanggung jawab, bisa menganalisa risiko, mahir mengidentifikasikan peluang pertumbuhan baru dan membuat keputusan dengan tepat, maka jangan ragu untuk memulai bisnis Anda. Mengapa? Karena itu tandanya Anda memiliki DNA kewirausahaan. Wowww!!! Ayo mulai membuat daftar sudah sejauh mana Anda berkembang dalam hal-hal ini.

  1. Budaya digital

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini kita hidup di era digital yaitu ketika manusia dan teknologi ‘hidup’ berdampingan. Memiliki sebuah gadget bukanlah hal yang tabu lagi bagi anak kecil sekarang ini. Bahkan masyarakat saat ini memiliki ketertarikan dan kemudahan dalam menggunakan alat teknologi seperti internet, aplikasi seluler atau jejaring sosial.

Hal ini menandakan budaya digital harus juga menjadi keterampilan dasar bagi seorang entrepreneur. Anda dituntut untuk bisa berinovasi seiring dengan berkembangnya teknologi. Are you ready? Mulailah memikirkan apa saja yang bisa Anda kembangkan menggunakan berbagai teknologi yang ada saat ini.

  1. Tranformational Leadership

Dengan berbagai perubahan yang berkembang pesat, maka menjadi seorang pemimpin yang otoriter sudah bukan zamannya lagi. Gaya kepemimpinan seperti ini tidak akan bekerja dengan baik sekarang karena membuat tim Anda tidak solid. Bisa jadi, anggota tim Anda tidak berani mengemukakan pendapat atau ide-ide cemerlang mereka karena ‘tembok’ tinggi yang Anda bangun.

Justru saat ini dibutuhkan seorang pemimpin yang transformasional, artinya terbuka untuk berubah dan terus berinovasi. Jadilah pemimpin yang mampu membangun sebuah team work untuk mengembangkan bisnis Anda.

  1. Selalu Empati

Sikap empati sangatlah penting untuk Anda miliki dalam memahami kebutuhan klien dan mengerahkan tim kerja. Empati akan menciptakan hubungan kerja berdasarkan sebuah kepercayaan. Jadi tidak sulit bagi Anda untuk mendengarkan orang lain dan menulari orang lain untuk mencapai tujuan usaha.

Tidak dapat dipungkiri, pastinya akan ada berbagai tantangan yang akan Anda hadapi ke depannya dalam menjalankan bisnis Anda. Tetapi dengan memiliki keterampilan dan sikap yang benar, tentu saja akan memungkinkan Anda mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Jika Anda berpikir sepertinya kemampuan ini tidak ada dalam diri Anda, mulailah dengan menciptakan kebiasaan dan pola pikir yang berorientasi pada perubahan.

Anda pasti setuju bukan apabila saya katakan ‘keterampilan itu dikembangkan dan dipraktikkan setiap hari’. Jadi, segera pahami dan kerjakan keterampilan ini dan mulailah membangun usaha Anda. Kesuksesan ada di depan mata Anda.

Betania Mangkey/VMN/BLJ