Berencana Masih WFH Tahun Depan? Yuk Kita Remote dari Malta!

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Tawaran untuk menjadi digital nomad ternyata masih terus berlanjut dan kali ini datang dari pemerintahan Malta. Penawaran ini dapat segera Anda pertimbangkan, siapa tahu dapat menjadi salah satu lokasi kerja di tahun 2022.

Republik Malta atau biasa dikenal dengan Malta, baru saja membuka aplikasi untuk program visa bagi para digital nomaden untuk jangka waktu setahun. Aplikasi ini memberikan tawaran bagi para pekerja remote dari seluruh dunia untuk memindahkan kantor mereka ke kepulauan Mediterania. Wow, ini keren banget.

The Nomad Residence Permit sebenarnya sudah dikeluarkan untuk para digital nomad dari Uni Eropa, tetapi sekarang program ini dibuka juga untuk para peminat dari negara-negara non-UE yang memenuhi syarat untuk visa Malta. Nantinya, setelah jangka satu tahun berakhir, izin dapat diperpanjang dengan kembali mengajukan aplikasi dengan ketentuan selama pemohon masih memenuhi kriteria kelayakan yang ditetapkan. Sedangkan pemohon yang tertarik untuk tinggal kurang dari satu tahun, akan diberikan visa nasional selama mereka tinggal.

Pict: Reuben Farrugia
Pict: Ferenc Horvath

Jadi mau bekerja atau berlibur?

Suasana Malta akan membuat Anda seakan ada dalam liburan setiap hari. (Kira-kira ini berita baik atau buruk ya?) Terletak di antara Italia dan pantai Afrika Utara, menjadikan Malta sebagai negara multikultural dengan komunitas ekspatriat yang beragam.

Kesan yang nampak dari penduduk negara ini adalah bagaimana mereka memiliki gaya hidup yang rileks dan santai. Wajar saja, sebab negara ini merupakan salah satu negara popular sebagai tujuan wisata di Eropa Selatan, khususnya bagi orang Eropa. Kota-kotanya yang selalu disinari matahari membuat negara ini memiliki iklim yang hangat. Dipenuhi dengan bangunan-bangunan yang berwarna oker, membuat suasana yang sangat khas dan menarik untuk menjadi tujuan wisata. Belum lagi bangunan-bangunan berasitektur dunia nan sarat sejarah, pemandangan alam yang indah, serta citra rasa masakan yang unik, akan menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, Anda juga dimungkinkan untuk memilih bekerja di pedesaan dalam segala musim.

Jangan kuatir dengan masalah jaringan komunikasi sebab Malta memiliki infrastruktur telekomunikasi yang kuat dan merupakan negara Uni Eropa pertama dengan layanan internet seluler 5G nasional.

Pict: Zoltan Tasi

Tentang Malta

Ada berbagai informasi yang penting untuk kita ketahui sebelum memutuskan bekerja di Malta. Malta adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan yang berbatasan dengan Italia, Tunisia, dan Libya. Sebagai perbandingan, luas Malta (316km2) tidak lebih besar dari luas kota Surabaya (350km2) dengan jumlah penduduk tidak lebih banyak dari penduduk kota Surakarta. Bisa terbayang!

Malta memang salah satu negara terkecil di dunia dengan penduduk yang paling padat. Sebagai negara kepulauan, Malta terdiri dari lima pulau dengan tiga di antaranya berpenghuni, yaitu Malta, Gozo dan Comino. Ibu kota negaranya adalah Valletta, dengan luas daerah sekitar 0,8 km2, ibu kota terkecil di Uni Eropa. Jangan kuatir untuk berkomunikasi di Malta sebab selain mempunyai satu bahasa nasional yaitu bahasa Malta, bahasa Inggris juga menjadi bahasa resmi yang digunakan di sana.

Lokasi Malta yang sangat strategis di tengah Laut Tengah telah menyebabkan Malta menjadi penting di dalam sejarah. Malta telah digunakan sebagai basis angkatan laut, dan serangkaian kekuasaan seperti Fenisia, Kartagena, Yunani, Romawi, Byzantin, Moor, Norman, Sisilia, Spanyol, Ordo Santo Yohanes, Prancis dan Inggris telah memerintah Malta.

Persyaratan Pengajuan Visa

Untuk mengajukan visa digital nomad, Anda harus sudah divaksinasi secara lengkap dan menunjukkan bukti. Selain itu, Anda harus mengambil asuransi kesehatan yang akan melindungi Anda selama Anda tinggal serta membayar biaya administrasi €300.

Bagaimana? Tertarik untuk membuat rencana bekerja dari Malta pada tahun depan?