Kamu Seperti Berhadapan Langsung dengan Sohib Kamu dengan Project Starline dari Google

(Business Lounge Journal – Tech)

Hello World! Kali ini saya akan memperkenalkan sebuah program baru yang dibuat oleh Google yaitu Google Project Starline, sebuah Komunikasi Gambar 3D secara Virtual. Sebuah panggilan video dengan gambar holografik dalam tampilan tiga dimensi yang merupakan sebuah impian yang dinantikan oleh banyak orang. Cara ini memungkinkan kita dapat berkomunikasi secara real-time, dalam bentuk yang lebih realistis antara personal. Yes, kali ini Google memberikan apa yang menjadi impian banyak orang.

Di sebuah acara Google I/O 2021, disini diperkenalkan Project Starline. Dengan perangkat ini pengguna dapat melihat model 3D yang besarnya seukuran manusia saat berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan orang yang dicintainya. Sehingga meningkatkan interaksi dan dapat meniru pengalaman yang didapat saat berbicara secara langsung.

Yuks kita pelajari bagaimana cara menjalankan Project Starline ini. Dalam menjalankan Project Starline ini kita membutuhkan lampu dan jendela seperti cermin yang ditempatkan di depan pengguna. Kenapa? karena, gambar 3D ini akan diaplikasikan pada media tersebut sehingga kita dapat melihat orang lain, seperti keluarga kita, teman, kerabat, bahkan orang yang kita cintai melalui semacam jendela ajaib seukuran aslinya dan dalam tiga dimensi.

Kita dapat berbicara secara alami, memberi isyarat, dan melakukan kontak mata. Dikutip dari Digital Trends (19/5), ini merupakan representasi virtual yang dibuat oleh cahaya dan data terkompresi. Sayangnya, kita belum dapat membeli perangkat yang menggunakan teknologi ini, karena hanya tersedia di beberapa kantor Google dan memerlukan peralatan kusus, bahkan dalam mewujudkan proyek ini dibutuhkan banyak data, komputasi, kemajuan kamera, dan akurasi. Namun seiringnya waktu, Google ingin membuatnya lebih terjangkau untuk masyarakat umum. Kita nantikan saja ya.