Kamu Punya Mimpi dan Ingin Menggapainya? Coba Lakukan Metode Ini untuk Mewujudkannya

(Business Lounge Journal – General Management)

“Anda tidak pernah terlalu tua untuk menargetkan tujuan lain atau untuk mendambakan mimpi baru.”

– C.S. Lewis, Penulis & Pakar Sastra Britania Raya.

Yess! Ini benar banget, tidak ada kata terlambat untuk memiliki goal dalam hidup kita. Walaupun mungkin rasanya, wah … sudah terlambat nih. Atau, wah sudah tidak mungkin nih. Salah! Kenapa? Jangan lupa, bahwa setiap kita sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar di dalam diri kita. Wow! Ini yang mau saya bahas. Berapa pun usia Anda, maka tidak ada batasan untuk dapat bermimpi atau mencapai sebuah tujuan dalam hidup. Tapi permasalahannya, sering kali muncul sebuah pertanyaan, ‘Sudahkah saya berupaya untuk mencapai mimpi saya?’ Hmmm, kira-kira apa jawabannya?

Bagi sebagian orang, mereka bisa dengan fokus meraih tujuan hidupnya. Akan tetapi tidak dapat disangkali kalau masih banyak orang yang mungkin belum tahu the real purpose yang ingin dia capai. Wah, keren ya istilah yang saya pakai. Tetapi memang benar, Anda harus tahu apa yang menjadi tujuan sebenarnya yang ingin Anda capai. Kalau tidak, itu hanya menjadi sebuah mimpi yang hanyalah sebatas bunga tidur di malam hari tanpa sebuah action yang pasti. NATO! (No Action Talk Only)

Kalau begitu, jika Anda masih bingung untuk mendeskripsikan tujuan yang ingin Anda capai, maka janganlah memulainya dengan pertanyaan ‘apa yang harus aku lakukan?’ tetapi mulailah berpikir dengan menjawab ‘apa yang aku inginkan?’ Nah, ini akan membuat Anda fokus untuk mengubah cara Anda dalam merespons hal apa saja yang ada di depan Anda dan bagaimana mulai untuk mencapai tujuan Anda.

Tony Robbins, seorang pembicara motivasi dan seorang pelatih bisnis memperkenalkan Rapid Planning Method (RPM), sebuah metode yang dapat memberikan sebuah pandangan atau cara berpikir yang baru untuk Anda semakin memahami fokus yang dimaksud. Dikutip dari bukunya, “RPM adalah cara untuk memaksimalkan hasil hidup Anda dan memaksimalkan rasa pemenuhan dan kegembiraan. Jika Anda memiliki alasan yang cukup kuat dan tujuan yang cukup kuat, Anda akan melakukannya mencari tahu bagaimana menariknya.” Bingung? Kita bahas sama-sama.

Perlu digarisbawahi bahwa RPM adalah sistem berpikir, bukan sistem manajemen waktu. Jadi, ini bukan tentang sebuah list waktu yang rutin harus Anda kerjakan, tetapi ini merupakan bentuk dari keinginan yang kuat di dalam diri Anda untuk menciptakan sebuah kehidupan yang benar-benar berkualitas.

Coba kita lihat langkah-langkah berikut, yang dapat Anda kerjakan dengan berorientasi dari RPM untuk mencapai tujuan Anda:

  1. Berorientasi hasil

Mulailah dengan memikirkan apa yang ingin Anda capai. Rencana harian Anda harus berpusat pada hasil yang Anda harapkan sekarang dan di masa depan. Jadi tidak bisa terpisah. Misalnya, Anda memiliki tujuan masa depan untuk menjadi seorang pengusaha yang berhasil, maka apa yang akan Anda lakukan hari ini untuk sampai pada tujuan tersebut. Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana dan bisa Anda lakukan sehari-hari. Buatlah rencana dengan memvisualisasikan hasil akhir dari tujuan Anda dan jangan lupa untuk mengukur apa saja yang menjadi kemajuan Anda.

  1. Didorong oleh tujuan

Selanjutnya, cobalah untuk memikirkan mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan. Misalnya, apakah yang menjadi tujuan Anda berlatih renang dan menjaga pola makan Anda setiap hari? Apakah hanya karena memprioritaskan kesehatan Anda atau karena Anda memiliki cita-cita untuk menjadi seorang atlet nasional?

Tujuan yang jelas akan menjadi motivasi yang kuat untuk Anda dapat bersemangat menyelesaikan semua action yang sudah Anda tulis dan kerjakan. Cobalah untuk menyemangati diri Anda dengan kata-kata motivasi  seperti ‘aku harus konsiten atau aku pasti bisa melakukannya’.

  1. Rencana aksi besar-besaran

Di sinilah menjadikan tujuan Anda menjadi tindakan untuk menghasilkan hasil seperti apa yang Anda inginkan. Ada baiknya jangan hanya menuliskan satu atau dua hal saja. Kemudian, lakukan brainstorming sebanyak mungkin seperti ide, tugas, dan rencana yang dapat Anda pikirkan dan ubahlah itu menjadi kenyataan.

Anda bisa segera mengatur rencana aksi besar Anda setelah selesai menyusunnya. Cobalah untuk mengelompokkan bagian-bagian tertentu sehingga daftar ekstensif Anda menjadi padat dan lebih layak. Buatlah prioritas berdasarkan seberapa penting tugas tersebut atau seberapa cepat harus diselesaikan untuk sisa rencana yang akan dilakukan.

  1. Menggunakan RPM untuk meningkatkan produktivitas

Sekarang Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang apa yang ingin dilakukan RPM, saatnya untuk mewujudkannya. Cobalah untuk  uji coba RPM ini dengan tidak hanya menuliskannya tetapi mengerjakannya. Berikut cara yang dapat membantu Anda:

  • Jadikan kesibukan Anda sebagai kerja yang berarti.

Dengan RPM, Anda bisa membuat kesibukan Anda menjadi lebih bermakna. Misalkan, mengapa Anda menyelesaikan pekerjaan rumah? Memikirkan untuk menjadikan rumah Anda tempat yang lebih baik untuk membesarkan anak-anak Anda adalah motivator yang lebih baik daripada melakukannya hanya karena itu diharapkan dari Anda. Dengan tujuan yang lebih besar, produktivitas menjadi lebih mudah.

  • Perjelas apa yang menjadi visi Anda.

Banyak orang merasa hidup menjadi membosankan karena terlalu fokus melakukan banyak hal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. RPM akan membantu Anda untuk menjernihkan visi Anda sehingga hal-hal yang Anda lakukan setiap hari menjadi jauh lebih berarti.

  • Bekerja lebih keras dan lebih cerdas

Ada berapa banyak orang yang selalu mengedepankan untuk bekerja lebih keras daripada lebih cerdas. Tetapi jika Anda bisa melakukan keduanya, bukankah itu hal yang lebih baik?

Aspek penting dari RPM adalah pengelompokan item dari daftar yang Anda miliki secara bersama-sama. Mengapa tidak mencoba dan mengumpulkan item sebanyak mungkin sehingga Anda bisa menyelesaikan lebih banyak daftar dalam satu hari? Ini adalah tindakan nyata dari apa yang dinamakan bekerja keras dan cerdas. Banyak pengusaha dan superstar hebat yang sampai pada posisi mereka hari ini karena mengerjakan dua hal ini bersama-sama.

Tentunya Anda juga bisa menjadi superstar seperti orang lain dan mewujudkan mimpi Anda. Jadi segera ambil kalender Anda dan cobalah membuat RPM. Lihatlah dan catat berapa banyak yang dapat Anda capai. Analisis waktu Anda akan membantu mengukur kemajuan Anda.

Selamat mencoba dan membuat hidup Anda semakin berkualitas!

Betania Mangkey/VMN/BLJ