Mau Check In Penerbangan Internasional? Sekarang Cadangkan Waktu Lebih Lama untuk Beberapa Hal ini!

(Business Lounge Journal – Travel)

Sudah bosan di rumah saja? Tidak ada salahnya jalan-jalan sejenak keluar negeri bila Anda mau. Sudah semakin banyak orang yang pergi keluar negeri akhir-akhir ini. Walau di masa pandemi namun dengan penggunaan protokol kesehatan yang memadai tidak ada yang perlu dikuatirkan bila ingin bepergian.

Sesuatu yang penting diperhatikan dalam traveling internasional adalah waktu. Jangan pernah mepet-mepet untuk berangkat ke bandara. Sejak dulu kita biasanya mencadangkan waktu kedatangan ke terminal keberangkatan penerbangan internasional minimal dua jam sebelum penerbangan. Hal ini sudah merupakan kebiasaan banyak orang. Namun, tunggu dulu! Di masa pandemi seperti ini, semua sudah berubah. Hal yang perlu kita sadari sekarang adalah terjadinya perubahan sistem dalam penerbangan dan imigrasi sehingga tidak semudah pada masa seperti masa yang lalu sebelum pandemi. Ini sebagai pengalaman pribadi saja.

Jadi hal tambahan apa saja yang membuat waktu menjadi lebih lama?

  • Verifikasi hasil pemeriksaan PCR

Pastikan sudah membawa print out hasil pemeriksaan yang mencantumkan barcode disertai dengan  surat keterangan sudah melakukan pemeriksaan PCR. Jangan lupa semuanya dalam bahasa inggris. Bila Anda memiliki jadwal penerbangan dengan connecting flight di negara tempat Anda transit maka surat ini akan dimintakan kembali.

  • Sertifikat vaksinasi

Untuk negara-negara tertentu ada yang meminta minimal sudah vaksin satu kali. Ada juga yang meminta sudah vaksin dua kali. Anda perlu membawa print out sertifikat vaksinasi Anda. Bila sudah dua kali cukup menunjukkan sertifikat vaksinasi yang kedua, sebab hal ini berarti Anda pasti sudah jalani yang pertama.

  • Beberapa airline juga akan meminta form disclosure/attestation form yang perlu Anda tangani. Terkait dengan apakah Anda terkena COVID atau tidak. Form ini biasanya dapat di-download di situs airline itu sendiri dan tinggal Anda print dan tanda tangani.

Selain hal-hal di atas, maka Anda juga akan memerlukan waktu untuk:

  • Check in bagasi

Siapkan paspor, visa dan tiket saat check in. Rata-rata penerbangan mengijinkan bagasi sampai 23 kilogram per bagasi dan untuk penerbangan internasional boleh membawa hingga dua bagasi disertai dengan koper kabin yang tidak melebihi dari 7 kilogram. Jika Anda ingin menghemat waktu, sebaiknya timbang dulu bagasi bawaan Anda di rumah sehingga proses check in menjadi lebih cepat.

  • Proses pemeriksaan imigrasi

Pelajari apa yang boleh dan tidak boleh dibawa dalam koper kabin agar tidak memperlama pemeriksaan

Penerbangan pada hari-hari ini memang tidak seramai dulu tapi juga tidak sepi. Boleh dikatakan cukup ramai. Orang sudah mulai bepergian ke mana-mana. Sehingga jika kita berpikir proses akan lebih cepat karena bandara sepi, maka kita akan kaget karena ternyata antrian cukup panjang dan setiap penumpang membutuhkan waktu lebih lama. Itu sebabnya siapkanlah perjalanan Anda sebaik mungkin agar tidak terhambat.