Apakah Area dan Handphone-mu Termasuk yang Dapat Mengakses Jaringan 5G?

(Business Lounge Journal – News)

Yuk, kita mengenal lebih jauh tentang jaringan 5G yang ada di Indonesia. Jaringan ini telah diresmikan oleh Telkomsel sejak bulan Mei kemarin dan Telkomsel adalah operator telekomunikasi pertama yang memberikan layanan 5G di Indonesia. Secara umum, jaringan 5G merupakan sebuah teknologi seluler generasi kelima yang beroperasi di frekuensi n-40(2.300 MHz). Saat ini dapat dinikmati oleh para pelanggan dengan menggunakan smartphone 5G dengan cakupan area khusus dan terbatas, yaitu hanya di 6 (enam) lokasi di Jabodetabek: Kelapa Gading (DKI Jakarta), Pondok Indah (DKI Jakarta), Pantai Indah Kapuk (DKI Jakarta), Widya Chandra, Bumi Serpong Damai (Banten), dan Alam Sutera (Banten). Nah, jadi untuk kamu yang berada di lokasi tersebut, kalian biasa ngecek siapa tahu beruntung mendapatakan Jaringan 5G dari Telkomsel ini. Adapun daftar wilayah yang termasuk dalam jangkauan Jaringan 5G dari telkomsel, yaitu Jakarta, Riau, Surakarta, Bandung.

Bukan hanya daerah dan kota saja yang termasuk dalam jangkauan Jaringan 5G ini, tapi jenis hp juga berpengaruh loh. Tahu gak sih, ternyata tidak semua jenis hp mendapatkan jaringan 5G ini, hanya perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, dan yang beruntung adalah Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro. Nah, kamu bisa cek sekarang kalau kamu memiliki salah satu dari tipe hp di atas ini dan kamu berada di kota jangkauan jaringan 5G Telkomsel, kamu dapat mengaktifkan Jaringan 5G dari Telkomsel.

Sekarang, kenapa kita harus berpindah ke Jaringan 5G? Apa sih keuntungan yang didapatkan dari Jaringan 5G ini? Yuks kita simak keterangan di bawah ini :

  • Kecepatannya jauh lebih cepat dari 4G. Kecepatan adalah hal yang sangat dicari dan diutamakan dari setiap pengguna, karena semua kalangan yang ada di Indonesia sangat membutuhkan Jaringan yang sangat cepat, apalagi di era pandemi seperti ini, semua orang berkomunikasi menggunakan zoom/gmeet yang mengharuskan menggunakan Jaringan Internet yang cepat.
  • Dalam menggunakan media sosial juga semua membutuhkan jaringan untuk login, bahkan dalam mendownload video, file, dan musik semua membutuhkan Jaringan yang cepat.
  • Kapasitas 10x lebih besar. Pastilah semua orang pernah frustasi ketika jaringan mulai berkurang dikarenakan kamu berada di lingkungan yang ramai dan semua perangkat menggunakan jaringan yang sama, seperti di bandara, di tempat liburan, ruang tunggu rumah sakit, dan tampat keramaian lainnya. Terlalu banyak perangkat yang menggunakan jaringan yang sama, menyebabkan jaringan menjadi tersendat-sendat, dan membuat kamu frustasi.

Jadi kehadiran 5G memberikan solusi untuk kamu, karena memberikan kapasitas yang lebih besar dan tidak menurunkan kualitas jaringan. Bagaimana, mau beralih ke Jaringan 5G Telkomsel?

Yuk segera cek daerah dan tipe handphone kamu, apakah sudah mendukung untuk Jaringan 5G Telkomsel? Kalau sudah kamu tinggal mengaktifkannya dan yang tidak beruntung, jangan sedih ya  karena Jaringan 3G dan 4G masih tetap berfungsi lho.

Update terus perkembangannya bersama kami yaa.