Orang Awam Bisa Gak sih Menggunakan App Adobe Lightroom cc?

(Business Lounge Journal – Tech)

Ternyata dunia editing bukan hanya digemari oleh para fotografer, tapi kalangan selebgram bahkan orang biasa pun mulai menggemari dunia editing. Apa lagi editing foto pastinya akan menghasilkan kualitas yang jauh lebih baik dari foto aslinya, dengan tambahan filter yang akan membuat foto semakin menarik.

Nah, untuk kamu yang mau mencoba masuk di dunia editing foto, tidak ada salahnya untuk kamu menggunakan “Adobe Lightroom CC”, karena sangat mudah sekali untuk dipelajari. Kamu bisa menginstalnya di laptop/komputer kamu atau menginstalnya di Android kamu. Aplikasi ini ‘enak’ banget, karena kamu bisa ngedit foto kamu kapan saja kamu mau dan di mana saja kamu berada. Jadi sekalipun kamu hanya menggunakan handphone, tapi kamu bisa menghasilkan foto yang memuaskan dan keren. Setingan yang keren akan membuat foto menjadi menarik dengan berbagai macam fitur yang ada pada aplikasi lightroom tersebut.

Oh ya, hal yang harus kamu tahu dan pelajari, untuk menggunakan aplikasi lightroom diharuskan bisa memadukan setingan yang ada baik itu pencahayaan foto, penyesuaian warna, ketajaman dan masih banyak yang lain untuk bisa kamu tambahkan pada foto kamu supaya menjadi lebih menarik ala selegram lho.

Memang banyak sih fitur dari aplikasi ini, membuat banyak penggunanya kebingungan bagaimana cara menggunakannya. Perlu kejelian untuk mengedit sebuah foto dengan aplikasi lightroom ini. Tapi, kalau kamu mau mencoba dan berusaha untuk mempelajarinya pasti bisa dan pastinya akan puas bisa mengedit foto sendiri.

Yuks kita pelajari fitur-fitur yang ada :

1. Pencahayaan / Lightroom
Setingan ini dapat mengubah pencahayaan di foto kamu menjadi kelihatan gelap atau terang, ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengubah tampilan foto kamu agar terlihat menarik. Hal yang perlu kamu tahu ada beberapa fitur harus dipadukan agar foto bisa sesuai dengan keinginan kamu, seperti exposure, contras, highlight, shadow, white, dan black.

2. Black & White Balance
Fitur ini digunakan untuk mengatur keseimbangan warna. Fitur ini terbagi menjadi beberapa fitur lagi seperti warna putih dan gelap dari gambar. Dalam White balance ini kamu juga dapat mengatur temperatur, tin, vibrance, dan saturation.

3. Mix Colour/ campuran warna
Fitur ini merupakan setingan yang sangat krusial bagi kamu jika ingin mengedit foto. Kamu harus pandai untuk menyesuaikan perpaduan warna dari warna merah, hijau, kuning, biru, dan warna lainnya yang ada pada aplikasi.

4. Effect Fitur
Setingan fitur ini yaitu clarity, ini akan mengubah gambar menjadi halus atau lebih kasar, saran saya sih jangan menggunakannya sampai angka 100. Karena efeknya begitu jelas, kamu bisa pilih di angka 30-an, baik ke kanan dan juga ke kiri. Dehaze adalah fitur untuk menghilangkan kabut dan juga untuk menambahkan kabut yang ada pada gambar. Sedangkan vignette adalah fitur untuk memfokuskan kepada objek yang ada pada foto sehingga latar belakang akan kelihatan gelap, dan berfokus pada satu gambar tertentu.

Nah, bagaimana? Sudah mulai ada gambaran mengenai penggunaan lightroom ini kan? Yuks pelajari sekarang juga. Semakin sering digunakan, semakin bertambah pengetahuan dan keahlian kamu dalam menggunakan App Lightroom cc ini, dan pastinya semakin keren dan menarik foto-foto yang kamu hasilkan nanti.