Tips & Trik Menggunakan Aplikasi Snapseed di Ponsel Kamu

(Business Lounge Jounal – Tech)

Mau tahu aplikasi edit yang pas untuk kamu untuk menghasilkan foto-foto yang keren dan kece, tapi mudah banget untuk di pelajari dan digunakan untuk mempercantik postingan kamu di media sosial? Snapseed! Aplikasi ini bisa kamu install di ponsel kamu, jadi di manapun kamu berada dengan mudah kamu dapat mengedit foto dengan hasil yang memuaskan lho.

Nah, untuk bisa menghasilkan foto yang bagus, tentunya ada tips dan trik yang harus diperhatikan lho dalam menggunakan Snapseed. Apa saja sih caranya? Yuk, simak penjelasan dibawah ini.

Untuk menguasai Aplikasi editor ini, kamu harus mengenali terlebih dahulu elemen dasar yang ada di Snapseed ini. Caranya adalah dengan membuka Aplikasi Snapseed, kemudian pilih menu Tune Image dan ada beberapa opsi editing yang bisa dipahami untuk dipilih. Di antaranya, sebagai berikut:

  • Brightness adalah pilihan untuk menerangkan atau menggelapkan foto. Jadi untuk kamu yang fotonya kurang terang atau terlalu terang, kalian bisa menggunakan elemen brightness ini yaa.
  • Contrast adalah perbedaan antara piksel terang maupun gelap. Gambar dengan kontras rendah, memiliki rentang warna yang sempit dan gambar dengan kontras tinggi, memiliki highlight yang terang serta bayangan gelap.
  • Saturation adalah cara untuk mengatur tingkat kecerahan warna agar tampak lebih menyala atau berkurang.
  • Ambiance adalah pilihan untuk mengendalikan keseimbangan cahaya dalam foto.
  • Highlight adalah pilihan untuk mencerahkan area gelap dan membuat warna sedikit pudar pada foto.
  • Shadows adalah pilihan untuk mereduksi maupun mengurangi bayangan pada foto.
  • Warmth adalah fitur untuk mengatur keseimbangan suhu.

Oh iya… bagi kamu yang mau menambahkan ketajaman foto dapat dilakukan dengan fitur detail yang bisa mempertegas dan membuat subjek foto lebih menonjol. Dua pilihan yang bisa digunakan pada fitur ini adalah structure dengan meningkatkan detil gambar, menampilkan tekstur objek, namun tidak memengaruhi tepi objek gambar. Lalu, ada sharpening yang digunakan untuk mempertajam gambar. wow, ini keren banget, pas banget untuk kamu lho yang mau tampilan foto kamu menjadi lebih keren. Juga bagi kamu yang ingin melakukan edit di bagian spesifik sebuah foto, maka fitur selective bisa menjadi pilihan. Misalnya, saat bagian background terlihat terlalu terang dan objek utamanya terlalu gelap, maka kamu bisa menggunakan fitur ini di area tertentu, namun tidak memengaruhi area lainnya. Ada beberapa pilihan untuk mencerahkan mengatur saturasi, kontras, hingga struktur.

Dengan fitur ini berarti kamu bisa mengukur area pusat dari jangkauan paling kecil ke paling luas seperti +1 hingga +100, nah disini kamu bisa mengaturnya sendiri sesuai dengan selera kamu untuk menghasilkan foto yang menurut kamu sudah pas.

Kalau fitur brush pada Snapseed digunakan untuk mengatur pencahayaan, terang dan gelap, serta suhu dan saturasi sebuah gambar. Kamu juga dapat memperkecil maupun memperbesar ukuran kuas untuk disapukan ke area foto yang akan diedit. Akan tetapi, mengedit area tertentu cukup ‘tricky’ saat menggunakan brush. Hal ini karena kuas yang digunakan bisa saja mengenai objek lain yang tidak diedit jadi harus berhati-hati juga, supaya tidak mengenai objek lainnya. Tapi tenang saja, kamu bisa memperbesar gambarnya kok untuk menyiasati objek lain yang tidak ingin diedit.

Terkadang ada saja objek yang menurut kamu tidak seharusnya ada disitu. Hal ini bisa kamu siasati dengan menggunakan fitur healing pada Snapseed. Fitur ini bisa menghilangkan objek yang tidak diinginkan dengan menyentuh objek yang ingin dihilangkan. Contohnya seperti flek hitam di wajah, jerawat, atau apa saja yang menurut kamu harusnya tidak ada di situ, maka healing ini cocok untuk kamu gunakan. Akan tetapi, kamu harus hati-hati dalam menggunakannya karena detil yang ada pada foto bisa tampak hasil manipulasinya.

Nah, tips dan trik dalam menguasai Snapseed ini bisa membuat kamu menghasilkan foto secara lebih sempurna dan sesuai dengan keinginan kamu. Dengan begitu, hasil foto layak untuk kamu unggah di akun media sosial. Wow, pastinya, orang yang melihatnnya akan tertarik juga dengan postingan-postingan baru yang kamu naikkan ke media sosial, lumayan bertambah follower atau comments yang positif untuk kamu.

Gimana, bermanfaat kan tips dan trik kita kali ini, jadi pengen instal Snapseed di ponsel kamu kan yaa.