Scopello, Desa Pesisir yang Selalu Punya Penduduk Hingga 5 Kali Lipat pada Musim Panas

(Business Lounge Journal – Travel)

Scopello adalah sebuah desa pesisir, di kotamadya Castellammare del Golfo di provinsi Trapani di Italia. Provinsi ini terletak di bagian barat sebuah pulau yang bernama Sicily yang berada di Italia bagian selatan. Ajaibnya… desa ini memiliki penduduk sekitar 452 orang saja (data di awal tahun 2018). Tetapi, ketika musim panas tiba, jumlah populasi sementaranya bertambah hingga lima kali lipat. Wow! Ini disebabkan para pelancong yang datang untuk menikmati keindahan alam Scopello.

Pinggir pantai Scopello dipenuhi oleh banyak resor sehingga menjadikan pantai Scopello menjadi tepi laut wisata yang didatangi turis termasuk pada musim panas yang sedang berlangsung saat ini.

Ada 3 keindahan yang dapat dinikmati di desa ini yaitu, sebuah cagar alam bernama Riserva naturale dello Zingaro, Scopello (Faraglioni) yaitu batu karang besar yang berdiri menjulang, serta tonnara (sebuah bangunan kuno) yang terletak bersebelahan. Itulah sebabnya, nama desa ini disebut Scopello, yaitu berasal dari kata scopulus (Latin) atau scopelos (Yunani) yang berarti tumpukan atau batu. Sedangkan Tonnara adalah sebuah bangunan yang paling penting dan tertua di Sisilia. Bangunan pertamanya berdiri pada abad ke-13; lalu dibangun kembali pada abad ke-15 oleh Giovanni Sanclemente dan diperbesar oleh keluarga Sanclemente selama abad ke-16. Kemudian diberikan kepada organisasi keagamaan Societas Iesu dan akhirnya dimiliki oleh keluarga Florio.

Dalam beberapa tahun terakhir, Tonnara menjadi populer di kalangan wisatawan dari seluruh dunia, terutama karena lokasinya yang menjadi latar beberapa produksi film dan serial tv internasional.

Beberapa kilometer dari situ juga terdapat Teluk Guidaloca, sebuah teluk yang dibatasi oleh “Pizzo della Gnacara” dan la “Puntazza”. Di dalamnya Anda akan menemukan pantai besar berbentuk busur, dibentuk oleh kerikil, sepanjang 400 meter. Di sebelah barat “cala” (sebuah teluk) terdapat menara silinder yang berasal dari abad ke-16, ditempatkan untuk menjaga bagian pantai itu.

Ketika musim dingin tiba, banyak para pelancong yang tetap mendatangi desa ini, karena itu desa ini tetap ramai dengan banyak atraksi di kota-kota kecil di sekitar seperti: Castellammare del Golfo, Calatafimi-Segesta, Alcamo, Riserva naturale dello Zingaro, Erice, San Vito Lo Capo.

Picts: Connie Vella