Pro dan Kontra Bisnis dari Rumah – Serial Berbisnis dari Rumah

(Business Lounge Journal – Entrepreneurship)

Berbisnis dari rumah merupakan suatu tren yang semakin meningkat di masa pandemi ini. Bisnis rumahan adalah usaha, baik  dilakukan dengan penuh waktu ataupun dijalankan sebagai usaha sampingan. Bisnis ini dapat Anda mulai dan operasikan menggunakan rumah Anda sendiri sebagai basis operasi Anda. Anda dapat memulai bisnis setiap waktu setelah mempertimbangkannya matang-matang.

Beberapa bisnis rumahan, yang menjual secara online rata-rata tidak membeli persediaan dan juga tidak menyimpan banyak inventaris. Sehingga hanya diperlukan rumah biasa saja, tidak perlu besar, tidak perlu lokasi strategis dan tidak memerlukan gudang tambahan untuk penyimpanan barang yang dijual. Bisnis ini bahkan dapat tetap dijalankan saat bepergian kemana saja, sehingga Anda tidak perlu terikat dengan rumah Anda.

Namun, selalu ada pro dan kontra yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan apakah berbisnis dari rumah  tepat untuk Anda.

Berikut ini ada beberapa kelebihan berbisnis dari rumah, yaitu:

  • Bisnis tetap dapat berjalan dengan kondisi seadanya. Besar kecilnya rumah Anda tidak menjadi halangan.
  • Ide bisnis dengan nilai investasi rendah akan memiliki biaya overhead yang lebih sedikit (seperti tidak adanya biaya pergudangan), ditambah pengurangan pajak potensial yang dapat Anda klaim.
  • Adanya beragam pilihan untuk menjual produk atau jasa baik secara lokal ataupun
  • Keseimbangan kerja dan kehidupan yang lebih fleksibel. Anda dapat berbisnis dan tetap dekat dengan keluarga. Hal ini sangat ideal jika Anda adalah orang tua yang tinggal di rumah atau Anda adalah seorang pensiunan dan tidak tertutup kemungkinan bagi orang muda sekalipun menyeimbangkan antara kuliah dan berbisnis.
  • Flexibilitas dalam mengatur waktu Anda sendiri dalam berbisnis.
  • Anda dapat membuat bisnis keluarga di mana relasi Anda atau pasangan Anda dapat ikut serta membantu sesuai kebutuhan tanpa perlu kuatir tidak mampu membayar karyawan karena semuanya dikerjakan bersama-sama.

Sedangkan kontranya  yang perlu Anda pertimbangkan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Anda mungkin perlu mengubah ruang di rumah Anda untuk mendukung kebutuhan bisnis rumahan Anda (misalnya menyimpan inventaris, membuat rumah menjadi kantor, atau menyimpan peralatan yang diperlukan). Namun jangan kuatir, hal ini tetap bisa dilakukan tanpa mengganggu kehidupan Anda di rumah.
  • Anda tetap harus mematuhi peraturan apa pun yang berkaitan dengan bisnis yang ingin Anda mulai (misalnya Anda mungkin masih perlu menyewa dapur komersial jika Anda berencana untuk menjual produk makanan atau  Anda mungkin memerlukan lisensi/izin untuk menyimpan inventaris).
  • Suatu ketika nanti bisa saja bisnis Anda mungkin tumbuh lebih besar dari rumah Anda dan mengharuskan Anda untuk menyewa ruang tambahan dan mulai mempekerjakan karyawan.
  • Berbisnis dari rumah memang menawarkan Anda banyak kebebasan, tetapi juga bisa membuat Anda kesepian karena hanya di rumah saja dengan keluarga dan mengurangi interaksi sosial Anda dengan orang lain. Bagi Anda yang yang senang bersosialisasi dan senang berada di sekitar orang lain hal ini mungkin akan menimbulkan stress tersendiri.
  • Berbisnis dari rumah jika tidak mengatur waktu dengan baik seringkali juga kebablasan sehingga sibuk dari pagi hingga malam.