Smart dengan Drop Shipping – Serial Business from Home

(Business Lounge Journal – Entrepreneurship)

Istilah drop shipping menjadi populer sejak maraknya portal dagang online di Indonesia. Hal ini tentu saja mengakibatkan semakin banyaknya orang berbisnis dengan menawarkan drop shipping. Drop shipping memang bisa menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang kekurangan modal namun ingin mencoba berdagang.

Sebenarnya apakah drop shipping itu?
Drop shipping adalah sistem penjualan ketika penjual yang disebut dengan drop shipper menjadi perantara yang menyambungkan antara pihak pemasok, importir (penjual pertama) dengan pembeli. Drop shipper tidak perlu membeli ataupun membuat stock barang. Namun drop shipper dapat memasarkan dan menjual barang milik orang lain.

Sistem Penjualan
Dropshipper menjadi pihak ketiga dan menerima pembayaran langsung dari pembeli dan bertanggung jawab atas barang yang dijualnya. Dropshipper mengambil margin keuntungan dari pemasok/penjual pertama. Dan barang dikirim langsung dari pemasok ke pelanggan.

Di portal online seperti Tokopedia, Shoppee, Blibli dan lainnya akan ditulis oleh pemasok bila bisa dilakukan drop shipping.
Modal seorang drop shipper hanyalah:
1. Koneksi internet
2. Perangkat HP atau komputer
3. Kerajinan mencari produk apa saja yang dapat dijual dengan cara drop shipping dari pemasok
4. Membuat akun sosial media baik Instagram, Facebook dan lainnya untuk menjual atau menawarkan barang-barang. Bahkan juga dapat menjual di portal yang sama dengan pemasok.

Barang apa saja yang dapat dijual dengan model bisnis drop shipping? Ada bermacam-macam produk, antara lain: makanan dan minuman, skin care atau kosmetik, baju, tas, celana, elektronik, dan masih banyak lagi.

Kelebihan drop shipping:
⁃ Tidak perlu stok barang
⁃ Tidak pusing dengan pengemasan dan pengiriman barang, serta biaya operasional
⁃ Dapat menjual beragam barang dari pemasok yang berbeda-beda
⁃ Cara menjual sederhana dengan modal sangat minim
⁃ Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja
⁃ Resiko rendah

Kelemahan drop shipping:
⁃ Margin rendah, bersaing dengan drop shipper dan reseller lainnya.
⁃ Jika mutu barang atau kualitas pengiriman barangnya tidak baik maka yang dikomplain adalah drop shipper
⁃ Tanggung jawab produk ada di drop shipper. Jika barang bermasalah harus diurus ke pemasok.

Sekarang bagaimana untuk dapat sukses dalam menjalani drop shipping, sebab walaupun Anda tidak perlu menyediakan modal yang besar tetapi kerja keras haruslah menjadi modal besar Anda.

Memilih Ceruk yang Tepat

Pilihlah ceruk yang sesuai dengan minat Anda dan Anda dapat mengetahui dengan pasti bahwa Anda akan memiiliki pasarnya. Saat Anda menjalankan model bisnis ini, maka sangat penting untuk berfokus pada pemasaran dan mengakuisisi pelanggan, sehingga jumlah upaya yang diperlukan untuk menjual barang seharga Rp20,000 pada dasarnya sama dengan menjual barang seharga Rp2,000,000. Karena itu pilihlah ceruk dengan produk yang memiliki harga lebih tinggi. Lalu pastikan bahwa produk yang Anda jual akan menarik perhatian bagi bagi para pembeli berduit. Pastikan bahwa Anda mengindahkan strategi menggunakan keyword planner dan trend untuk memastikan bahwa produk Anda dicari. Jika tidak ada yang mencari produk Anda, maka sudah dapat dipastikan bahwa bisnis Anda tidak akan bertahan.

Buatlah brand Anda sendiri. Bisnis drop shipping Anda akan memiliki nilai lebih jika Anda dapat mengubah citra apa pun yang Anda jual dan menjadikannya milik Anda sendiri. Akan lebih baik lagi jika Anda dapat menual sesuatu yang tidak tersedia secara lokal. Pilih sesuatu yang tidak pasaran. Dengan begitu, Anda menjadi lebih menarik bagi calon pelanggan

Lakukan Competition Research

Jangan salah! Jika Anda memilih produk yang sepertinya sedikit pesaing, hal itu belum berarti bahwa Anda dapat melakukan monopoli, tetapi bisa saja itu sebagai pertanda bahwa produk itu tidak memiliki banyak peminat. Walaupun belum tentu demikian, sebab ada banyak alasan mengapa suatu produk tidak memiliki banyak persaingan, termasuk biaya pengiriman yang tinggi, adanya masalah dalam supplier dan manufaktur, atau margin keuntungan yang buruk. Carilah produk yang memiliki daya saing, karena itu pertanda tingginya permintaan dan model bisnisnya berkelanjutan.

Menggandengan Supplier yang Tepat

Bermitra dengan supplier yang salah dapat merusak bisnis Anda, jadi penting bagi Anda untuk tidak terburu-buru dalam menentukan supplier. Pastikan bahwa supplier Anda akan sangat mudah dikontak, apalagi jika ia berada di luar negeri. Jika Anda tidak 100 persen yakin dapat berkomunikasi dengan calon supplier, maka pilihlah supplier yang lain.

Bangun Platform E-commerce Anda

Walaupun Anda memilih berbisni dengan drop shipping, tetapi Anda harus dapat mengerjakannya dengan cara profesional. Anda harus memikirkan platform apa yang akan Anda gunakan. Sebenarnya jika Anda tidak memiliki latar belakang teknologi, Anda tetap dapat memiliki platform sebab ada banyak aplikasi yang dapat membantu meningkatkan penjualan.

Bahkan jika Anda memiliki anggaran yang cukup besar, Anda dapat menggunakan jasa perusahaan desain dan pengembangan web untuk membuat solusi khusus. Adalah langkah yang tepat jika Anda memutuskan untuk menggunakan salah satu opsi plug-and-play, terutama pada awal bisnis Anda. Setelah Anda mapan dan menghasilkan pendapatan, Anda dapat melakukan penyesuaian.

Temukan Pelanggan yang Tepat

Sekarang jika Anda sudah mempnyai produk dan platform yang hebat, tetapi Anda tidak mempunyai pelanggan yang ingin membeli, sama saja Anda tidak memiliki bisnis. Ada beberapa cara untuk mendapatkan pelanggan yang potensil, tetapi opsi yang paling efektif adalah dengan mulai beriklan di sosial media.

Lalu buatlah rencana jangka panjang dengan melakukan analisa semua data dan metrik yang tersedia untuk mengembangkan bisnis Anda. Ini termasuk lalu lintas Google Analytics dan berbagai cara untuk mengetahui dari mana pelanggan berasal dan bagaimana mereka dapat sampai membeli produk Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengukur apa yang berhasil dan meniadakan berbagai cara yang tidak efektif.

Anda tidak akan pernah memiliki solusi periklanan atau pemasaran yang siap pakai. Anda perlu untuk terus-menerus menguji peluang baru dan menyempurnakan cara beriklan yang akan membuat Anda tahu kapan harus habis-habisan untuk membiayai iklan Anda.

Drop shipping menjadi alternatif yang sangat baik di masa pandemi karena semuanya dapat dikerjakan melalui online. Anda tertarik?