Empat Hal Terkait SDM yang Penting Diantisipasi para Entrepreneur

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Seperti telah kita ketahui bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah sebuah inti dari sebuah organisasi. Baik perusahaan besar maupun startup, baik sebelum terjadi pandemi hingga saat ini, hal itu tidak akan pernah berubah. Maka hal penting yang perlu diperhatikan para startup adalah untuk mulai memiliki kebijakan SDM dan memantaunya secara berkala guna mendukung para SDM untuk terus berdedikasi. Ini semua akan mengatisipasi segala sesuatu permasalahan yang terjadi di kemudian hari.

Jika saya bertanya kepada tim Human Capital, tentang tantangan terbesar mereka, maka ada beberapa hal yang sering menjadi permasalahan terkait SDM. Mari kita membahasnya satu per satu sebab hal ini sangat berguna untuk diketahui oleh para entrepreneur sehingga dapat melakukan antisipasi di kemudian hari.

Perubahan Manajemen

Bayangkan jika terjadi pergantian pemimpin, baik itu CEO, kepala department, bahkan seorang team leader sekalipun, sudah pasti akan membawa dampak pada berjalannya organisasi. Ini sudah tentu akan menjadi sebuah tantangan terbesar. Setiap kali terjadi pergantian pemimpin, maka akan berdampak pada perubahan berbagai kebijakan serta peraturan. Sebab setiap pemimpin akan memiliki visinya masing-masing serta caranya sendiri untuk mencapai mewujudkan visi perusahaan. Karena itu sebagai seorang entrepreneur, bersikaplah selalu dapat menyesuaikan diri dengan cepat dan persiapkanlah semua tim untuk selalu siap menerima perubahan.

Namun ternyata pandemi telah menjadi sebuah contoh bahwa sebuah perubahan yang cukup significant dapat terjadi bukan karena pergantian seorang pemimpin. Pandemi telah mengubah berbagai sistem kerja. Beberapa perusahaan telah beralih ke model kerja hybrid sejak pandemi berlangsung. Ini berarti bahwa pekerja perlu membagi waktu antara WFH (Working from Home) dan WFO (Working from Office). Hal ini berdampak bagaimana perusahaan harus melakukan penyesuaian baik dalam hal kebijakan maupun prosedur yang berlaku. Apakah para pekerja akan masuk secara bergantian atau pada lokasi yang berbeda, dan sebagainya.

Tentang kompensasi

Membahas masalah kompensiasi, tidak akan pernah habisnya. Jika Anda membayar semua orang di perusahaan Anda dengan baik, maka semua orang akan puas. Namun, hal itu hanyalah sementara. Setiap orang selalu ingin mendapatkan lebih dan lebih apalagi jika mereka melakukan perbandingan dengan karyawan lain atau perusahaan lain.

Hal terbaik untuk mengantispasinya adalah memiliki penilaian yang tepat terhadap kinerja dan menentukan pengukurannya terhadap kompensasi secara terbuka. Bicarakanlah itu dan lakukan evaluasi secara bersama-sama secara berkala. Setiap orang patut mengerti mengapa ia dibayar dengan sebuah angka dan bagaimana mengukur kinerjanya.

Krisis Kepemimpinan

Krisis kepemimpinan di kemudian hari akan menimbulkan sebuah permasalahan. Karena itu penting bagi seorang pemimpin untuk mencetak pemimpin. Anda bisa saja mendapatkan SDM yang kurang berpengalaman, tetapi jangan ragu untuk mengembangkannya menjadi seorang pemimpin tanpa sekalipun mempertimbangkan bahwa bisa saja Anda akan segera kehilangannya sebab ia berpindah ke perusahaan lain.

Buatlah sebuah sistematika bekerja sehingga setiap orang memiliki kesempatan untuk mengembangkan sisi kepemimpinannya. Hal ini akan membuat Anda memiliki SDM yang berpotensi sebagai seorang pemimpin.

Efektivitas Organisasi

Organisasi yang efektif adalah organisasi dengan struktur dan hieraki yang jelas. Pastikan bahwa semua orang tahu kepada siapa mereka harus melapor. Mereka tahu siapa yang berada tepat di atas mereka dan selalu mudah diakses jika terjadi masalah. Jika seorang bawahan melaporkan sebuah masalah kepada atasan, namun sang atasan tidak memiliki jawabannya, maka pastikan selalu ada orang pada jenjang berikutnya yang dapat memberikan solusi.

Hirarki yang jelas juga akan membuat semua orang tahu dengan siapa harus berbicara jika terjadi sebuah kesalahan. Jika semua orang tahu bahwa ada seseorang yang mem-back up dia dalam segala situasi, maka ini tentu saja kaan menimbulkan rasa percaya diri dan selalu siap untuk menghadapi setiap tantangan baru yang muncul.

Cobalah untuk selalu mengidentifikasi kemungkinan permasalahan yang terjadi, terkait empat hal di atas. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mengembangkan SDM yang Anda miliki.