Telegram segera Hadirkan Fitur Grup Video Call

(Business Lounge Journal – Tech)

Bagi anda para pengguna Telegram, mungkin sudah bertanya-tanya “kapan nih Telegram punya fitur grup video call?” Hal ini wajar saja, mengingat fitur ini sudah dimiliki oleh beberapa saingannya seperti WhatsApp dan beberapa aplikasi pesan instan lainnya. Nah kabar baiknya, CEO Telegram Pavel Durov baru saja mengumumkan bahwa Telegram akan segera memiliki fitur grup video call pada bulan Mei ini.

Durov mengatakan bahwa fitur group video call Telegram ini akan dilengkapi dengan berbagai fitur yang pengguna harapkan dari video conference modern. Di antaranya adalah fitur berbagi layar (screen sharing), enkripsi, noise cancellation agar suara lebih jernih, selain itu Fitur video call group ini juga akan mendukung beberapa platform, seperti mobile (Android & iOS), desktop dan tablet.

Dengan adanya Fitur grup video call ini maka nantinya pengguna Telegram akan bisa melakukan panggilan video kepada lebih dari dua orang, pengguna yang tergabung dalam sebuah grup akan bisa berkomunikasi lewat video call. Dengan adanya fitur ini pastinya posisi Telegram akan meningkat, seimbang dengan beberapa aplikasi yang sudah terlebih dahulu memiliki fitur ini, diantaranya adalah Zoom, WhatsApp, dan Messengers Room.

Dibandingkan dengan aplikasi pesan instant lainnya, Telegram sebenarnya sudah telat meluncurkan fitur grup video call.  Akan tetapi Durov dalam keterangan resminya mengatakan bahwa grup video call-nya ini akan hadir dengan segala kecanggihannya. Segala fitur canggih yang ada di aplikasi video telekonferensi akan dapat dinikmati dengan tampilan, kecepatan, dan sistem keamanan Telegram, demikian ungkap Durov. Ketika video call dilakukan dalam mode portrait, tampilan peserta video call grup akan terususun dari atas ke bawah disertai dengan daftar pengguna dan juga sejumlah tombol untuk mengontrol meeting. Sedangkan jika panggilan video grup dilakukan dengan mode landscape, maka secara otomatis tombol kontrol akan lenyap, pengguna akan berada di sebelah kiri, dan peserta lainnya akan berada di sebelah kanan.

Ditilik ke belakang, aplikasi pesan instan yang cukup popular ini, sudah memiliki layanan video call sejak Agustus tahun 2020, yaitu pada saat layanan ini berusia tujuh tahun. Akan tetapi layanan video call ini hanya terbatas untuk panggilan individual, tidak untuk grup. Fitur video call ini bahkan sudah dengan enkripsi end-to-end, dan sudah mendukung mode picture-in-picture, artinya memungkinkan pengguna untuk mengakses chat dan hal lainnya saat melakukan panggilan video call.

Nah selain rencana menghadirkan fitur grup video call, Telegram juga melakukan beberapa inovasi, di antaranya dengan adanya fitur scheduled voice chat (obrolan suara berjadwal), dengan admin grup dapat menjadwalkan voice chat dan semua anggota grup dapat melihat jadwal tersebut. Selain itu Telegram juga menghadirkan versi web baru, dan juga melakukan pembaruan pada fitur Voice  Chat 2.0 nya.