Jualan Makanan Paling Enak di Instagram – Serial Business from Home

(Business Lounge Journal – Entrepreneurship)

Apakah Anda menyukai Instagram?

Yup.. saya pribadi juga menyukai instagram. Di Instagram, foto lebih berbicara daripada banyaknya kata-kata dan Anda sendiri merasakan bahwa foto sangat membangkitkan imajinasi.

Lalu sekarang, apakah Anda senang memasak? Banyak yang memuji makanan Anda enak? Menjual makanan? Kenapa tidak? Jika Anda memang  berniat berbisnis kuliner maka gunakanlah Instagram sebagai panggung jualan Anda. Jangan kuatir, saat ini koki-koki rumahan banyak yang telah memanfaatkan panggung jualan ini dan menjadi entreprenuer yang sukses.

Instagram memang menjadi pilihan bagi yang berbisnis kuliner untuk mempromosikan produk-produk andalannya. Foto-foto yang ditampilkan dapat membuat apa pun menjadi hidup, bahkan ketika Anda tidak memiliki restoran atau kafe sekalipun. Anda dapat mengunggah foto yang membangkitkan air liur setiap follower ataupun yang mampir ke Instagram Anda.

Jangan kuatir, di masa sekarang mendesain gambar yang cantik itu mudah dengan maraknya beragam aplikasi yang dapat membuat seorang amatir terlihat seperti fotografer profesional. Fotografi makanan telah memanfaatkan fenomena ini dan telah mengambil dimensi baru di Instagram. Bayangkan jika Anda sedang ingin burger dan mengetik #burgerenak misalnya, lalu muncullah foto-foto burger yang menggiurkan, menggugah selera dan membuat lapar perut. Tidak lama setelah memilih pastilah Anda akan segera mengontak penjual burger dan makananpun tibalah di rumah Anda.

Bagaimana langkah memulainya?

  1. Penting untuk memulai dengan rasa enak disertai bentuk tampilan yang fantatis. Sebab Anda berjualan dengan foto dan video! Mintalah review dari orang-orang di sekitar Anda, apakah rasa dari makanan yanag anda buat cukup representatif atau tidak.
  2. Foto produk dapat Anda buat sendiri ataupun meminta bantuan fotographer professional. Jangan kuatir, asal menarik dan menggiurkan saja sudah cukup tanpa perlu polesan-polesan terlalu banyak.
  3. Untuk video, Anda bisa membagikan proses memasak dan mempostingnya sambil memberitahu bahwa makanan itu untuk dijual.
  4. Buatlah dengan detil bagaimana cara memesan makanan atau bekerjasama dengan aplikasi ojek online pengantar makanan.
  5. Buatlah akun instagram khusus untuk berjualan.
  6. Butuh keseriusan menangani akun sebab DM akan mulai banyak dan pertanyaan akan datang dari para calon customer Anda.
  7. Jika sudah ada yang membeli, jangan lupa ingatkan untuk me-review baik di akun Anda maupun di akun pribadi pembeli dengan tagar yang populer agar mudah dicari orang.
  8. Buatlah program-program promosi yang dapat mengangkat penjualan.
  9. Jika dapat, gunakanlah jasa para selebgram untuk semakin mempopulerkan jualan Anda, misalnya dengan menghubungi mereka untuk meminta kesediaan mereka mem-posting review makanan gratis dari Anda di sosial media mereka.
  10. Sabarlah menunggu keberhasilan dan jangan putus asa sebab semua memerlukan waktu. Bila belum berhasil, lakukan review dan coba lagi.

Selamat mencoba!