Yuk Jualan Lewat Toko Online – Serial Business from Home

(Business Lounge – Entrepreneurship)

Siapa bilang pandemi hanya membawa keburukan dan kebangkrutan usaha? Ternyata bagi sebagian orang kondisi saat ini justru menjadi peluang untuk berbisnis. Sesuai dengan prinsip bahwa “behind every problem there is opportunity”.

Di masa pandemi ini  bisnis online sangat meningkat pesat dan muncul pedagang-pedagang online baru. Kini berdagang itu mudah dengan banyak portal toko online. Anda dapat melakukannya sendiri dengan masuk menjadi menjadi member toko online seperti Tokopedia, Shopee dan lainnya. Ini adalah pasar virtual tempat Anda dapat membeli dan menjual hampir semua jenis barang baik barang  baru atau bekas, semuanya dapat Anda jual.

Latar belakang orang berdagangpun bermacam-macam. Untuk barang bekas  misalnya, ada penjual yang menjual hanya karena hobbi berganti barang fashion baru dan menjual yang lama yang sudah tidak dipakainya. Ada juga yang karena hobbi memasak dan makanannya enak, jadilah dijual online. Bahkan ada yang memutuskan berhenti bekerja dan memilih untuk berdagang dan banyak lagi kisah-kisah awal seseorang memulai bisnis online.

Banyak jualan online yang telah dibuat oleh pembeli dan penjual yang cerdas. Membeli dan menjual di Tokopedia atau Shopee adalah bentuk seni membeli dan menjual.

Bagaimana langkah memulainya?

1. Anda harus menentukan produk apa yang hendak Anda jual

2. Anda dapat mencari supplier lebih dulu sebelum menjual barang. Anda juga dapat membeli barang grosir dan mengambil keuntungan dengan menjualnya lagi. Ada banyak barang murah dan bernilai rendah yang dapat Anda temukan di dunia online maupun offline. Anda juga dapat membeli dari platform lain yang berasal dari luar negeri seperti Alibaba atau e-Bay dan menjual kembali di Tokopedia atau Shopee untuk mendapatkan keuntungan.

3. Buatlah toko Anda sendiri di platform yang Anda pilih dan mulailah berdagang. Bahkan jika Anda memiliki cukup waktu untuk mengelola toko Anda lebih dari satu platform, Anda dapat membuka sekaligus di beberapa platform.

4. Jangan takut bila tidak ada modal. Pakai saja fasilitas drop shipping. Model ini akan sangat cocok bila Anda kekurangan dana yang dibutuhkan untuk membeli inventaris di awal berdagang. Model menentukan ceruk produk apa yang akan Anda beli dan jual melalui toko online Anda. Pada tahap ini, yang terpenting adalah mencari penawaran di dalam platform yang menerima drop shipping dan pasar di luar platform untuk kemudian dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan. Pasar dapat berubah dengan cepat sehingga Anda harus terus menyesuaikan produk yang Anda beli dan jual agar tetap menguntungkan.

5.Platform yang Anda ikuti biasanya sudah memiliki program untuk membantu meningkatkan penjualan. Tidak ada salahnya bila Anda mencobanya untuk membuat produk Anda lebih dikenal orang bukan?

6. Jika belum berhasil menjual, jangan putus asa cobalah lagi mengganti produk, mengubah strategi harga ataupun memulai dari kerabat-kerabat terdekat untuk memperkenalkan produk Anda.

Mudah bukan? Yuk dicoba, selagi perdagangan online sedang mencapai puncaknya saat ini di Indonesia.