Miliarder Jepang membuka Lowongan untuk Mereka yang Mau Terbang ke Bulan Bersamanya

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Yusaku Maezawa, seorang taipan fesyen online Jepang, sedang mencari 8 orang untuk mengisi delapan kursi kosong di pesawat luar angkasa menuju bulan yang sedang dikembangkan oleh SpaceX. Dimulai pada tahun 2018, ketika Yusaku Maezawa mengumumkan bahwa ia adalah orang pertama yang memesan tempat di pesawat luar angkasa menuju bulan yang sedang dikembangkan oleh SpaceX. Maezawa pun membayar sejumlah nominal yang dirahasiakan untuk perjalanan yang diperkirakan akan diluncurkan paling cepat pada tahun 2023.

Pada awalnya ia berencana untuk mengundang enam hingga delapan orang seniman untuk bergabung dengannya dalam perjalanan mengelilingi bulan tersebut. Namun kemudian pria berusia 45 tahun ini beranggapan bahwa setiap orang yang melakukan sesuatu yang kreatif bisa disebut seniman. Karena itu pada hari Rabu, dalam sebuah video yang diposting di akun Twitter-nya, dia mengungkapkan bahwa ia membuka kesempatan yang lebih luas. “Saya mengundang Anda untuk bergabung dengan saya dalam misi ini. Delapan orang dari seluruh dunia, ”katanya. “Saya sudah membeli semua kursi, jadi ini akan menjadi perjalanan pribadi saya,” tambahnya.

Pengusaha Jepang tersebut menetapkan dua kriteria yang harus dipenuhi oleh calon peserta, siap untuk mencoba sesuatu yang baru secara kreatif, dan bersedia membantu anggota kru lainnya melakukan hal yang sama.

Secara keseluruhan, dia mengatakan sekitar 10 hingga 12 orang akan berada di pesawat ruang angkasa, yang diperkirakan akan berputar mengelilingi bulan sebelum kembali ke bumi. Pra pendaftaran untuk perjalanan ini akan dilakukan sebelum 14 Maret dan seleksi akan dilakukan pada 21 Maret. Tidak ada tenggat waktu yang diberikan untuk tahap selanjutnya – namun sebuah assignment dan wawancara online serta pemeriksaan kesehatan dijadwalkan pada akhir Mei 2021, demikian seperti dilansir oleh situs web Maezawa.

Maezawa dan kelompok astronotnya akan menjadi penjelajah bulan pertama sejak misi Apollo AS terakhir pada tahun 1972 jika SpaceX berhasil mewujudkannya. Sebab pada bulan lalu, prototipe Starship milik SpaceX terbakar saat mencoba mendarat tegak setelah uji terbang. Ini adalah kecelakaan kedua, setelah prototipe sebelumnya pada bulan Desember mengalami nasib yang serupa.

Tetapi SpaceX terus berharap bahwa sistem roket 394 kaki (120 meter) yang dapat digunakan kembali suatu hari akan membawa awak dan kargo ke bulan, Mars, dan sekitarnya. “Saya sangat yakin bahwa kami akan mencapai orbit berkali-kali dengan Starship sebelum 2023 dan itu akan cukup aman untuk transportasi manusia pada tahun 2023. Ini terlihat sangat menjanjikan,” demikian dikatakan pendiri SpaceX Elon Musk dalam video Maezawa yang diposting Rabu (3/3).

Maezawa adalah salah satu orang terkaya di Jepang. Dia menghasilkan banyak uang sebagai pendiri toko mode online Zozo, yang kemudian dijual ke Yahoo! Jepang pada 2019.

Ruth Berliana/VMN/BLJ

pict: twitter Yusaku Maezawa