Kini Tersedia Taksi Terbang di Bandara Soetta

(Business Lounge Journal – News)

Kini di Bandara Soekarno-Hatta tersedia taksi terbang. PT. Whitesky Aviation mempromosikan layanan taksi terbang dengan helikopter dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Perusahaan penerbangan yang berkembang di Indonesia ini telah bekerjasama dengan Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soetta untuk menyiapkan terminal helikopter atau heliport sebagai lokasi taksi terbang ini.

Sebagai airport terbaik, maka Bandara Soetta mulai mengoperasikan HeliCity atau taxi terbang sebagai multimoda. HeliCity ini sebenarnya sudah mulai beroperasi sejak 23 Agustus 2020 lalu, bertepatan dengan rampungnya pembangunan heliport di sisi selatan Bandara Soekarno-Hatta.

Dengan memiliki taksi terbang, layanan Bandara Soekarno-Hatta semakin berkelas dunia, sejajar dengan bandara-bandara besar dunia seperti di New York dan Prancis. Heliport taksi terbang ini dibangun di atas lahan seluas 3 ha, dan memiliki satu shooting point dengan tujuh parking stand. Heliport ini memiliki kapasitas maksimum wait helikopter 12 ton.

Kehadiran Helicity ini adalah untuk melengkapi moda tranportasi dari dan menuju bandara seiring upaya pemerintah mengembangkan infrastruktur bandara di seluruh Indonesia.

Untuk menggunakan jasa Helicity, Anda akan dikenakan tarif antara Rp 8 juta hingga Rp 20 juta untuk helikopter berkapasitas 3-4 penumpang. Sedangkan untuk helikopter VIP atau charter flight untuk 4-8 penumpang harganya bisa lebih dari Rp 20 juta. Layanan ini cocok bagi para pebisnis atau pengusaha, dan keluarga yang ingin menuju ke bandara atau dari bandara ke kota lebih cepat tanpa terkendala macet. Untuk menggunakan jasa ini, calon penumpang dapat memesan layanan melalui aplikasi HeliCity yang dapat diunduh di ponsel android atau iOs. Sesuai peraturan yang telah ditetap pe,erintah, maka sebagai persyaratan, calon penumpang diwajibkan untuk membawa hasil swab antigen (non-reaktif).

Karena baru beroperasi, layanan taksi terbang ini baru bisa melayani penerbangan dari Cengkareng Heliport ke 72 titik helipad di Jabodetabek begitupun sebaliknya.

Berikut Wilayah yang Dilayani Taksi Terbang dari dan menuju Soetta:
1. Jakarta (5 wilayah Jakarta)
2. Cengkareng
3. Kepulauan Seribu
4. Tangerang
5. Bogor/Puncak
6. Tangerang Selatan
7. Serpong
8. Bekasi
9. Depok
10. Cikarang
11. Karawang
12. Sentul
13. Bandung
14. Cibubur
15. Anyer
16. Cilegon
17. Sukabumi
18. Pelabuhan Ratu

Mau mencoba? Pastinya merupakan satu pengalaman yang menarik menggunakan taksi terbang di kota kita.

Debbie Kusuma/VMN/BLJ

pict: Whitesky Aviation