Tahu Tanaman Asia Tenggara yang Satu ini?

(Business Lounge Journal -News)

Di tengah naik daunnya tanaman hias, tanaman yang satu ini turut menjadi primadona penggemar tanaman hias. Tumbuh  menghijau di pakis dan menjuntai  ke bawah membuatnya tampil  sangat cantik dan unik. Juga tampilannya yang bak tanaman plastik sangat menggoda untuk dimiliki.

Nama tanaman ini adalah Rumpai Lycopodium sering dinamakan orang dengan Kumpai. Bila Anda pergi ke penjual tanaman hias, tanaman ini dapat ditemukan dengan harga jual beragam, berkisar mulai dari Rp. 25.000 hingga 100.000 tergantung pada gemuk atau kurusnya dan seberapa besarnya. Tanaman ini batangnya memanjang dengan daun yang meruncing kecil seperti segitiga, teraba keras seperti kawat dan ujungnya seperti helai daun cemara. Cabang-cabangnya dapat tumbuh hingga mencapai tanah dan membentuk juntaian yang baru. Daunnya bersusun rapi dengan warna hijau yang nampak seperti plastik. Apalagi bila sudah lebat dan panjang. Sangat menarik!

Rumpai Lycopodium (Lycopodium nummularifolium Blume) dari keluarga Lycopodiaceae adalah tanaman yang tidak bisa terkena langsung matahari. Jenis tanaman ini juga membutuhkan banyak air walau cukup disiram sekali sehari. Kalau tidak cukup air, dengan cepat ia akan menjadi kering. Uniknya lagi Rumpai Lycopodium seringkali tumbuh bersama tanaman lain misalnya anggrek atau lainnya.

Rumpai Lycopodium adalah termasuk keluarga tumbuhan paku-pakuan yang merupakan tanaman perennial yang artinya tanaman ini memiliki kemampuan untuk tetap tidak aktif dalam jangka waktu yang lama dan kemudian melanjutkan pertumbuhan dan reproduksi. Selain itu Rumpai Lycopodium juga tumbuh menumpang tumbuhan lainnya (epifit). Tanaman ini diduga berasal dari daerah beriklim tropis seperti Asia Tenggara. Itu sebabnya Rumpai Lycopodium banyak ditemui di Indonesia dan dapat dengan mudah tumbuh dengan subur. Namun, beberapa peneliti tanaman juga menemukan bahwa tanaman ini dapat tumbuh juga di hutan-hutan bagian utara Australia.

Tanaman ini cantik digantung di mana saja. Bisa didinding, menumpang di pohon besar atau didekatkan dengan anggrek kesayangan Anda. Cobalah menaruh Rumpai di rumah Anda. Siapapun yang melihatnya pasti akan tertarik untuk menyentuhnya. Tertarikkah Anda?

VH/VMN/BLJ