Simak 5 Prestasi Membanggakan Indonesia di Tahun 2020

(Business Lounge Journal – Do You Know)

Banyak orang mengatakan bahwa tahun 2020 adalah tahun yang tough, tahun yang berat, dan banyak tantangan. Hal ini tentu karena kondisi pandemi yang melanda dunia, tidak terkecuali bangsa kita sendiri Indonesia. Namun sebagai warga Indonesia yang tangguh, simak ulasan berikut ini, apa saja sih prestasi Indonesia di kancah internasional sepanjang tahun 2020. Rupanya meski tidak mudah, tetapi pandemi tidak menjadi halangan untuk anak bangsa tetap berkarya dan dikenal masyarakat dunia.

Terpilih sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB

Untuk kedua kalinya pada bulan Agustus 2020, dunia kembali memberikan kepercayaan kepada Indonesia. Dengan mengusung tema Advancing sustainable Peace, Indonesia berupaya keras memajukan perdamaian meski dalam situasi pandemi yang melanda dunia. Pada masa presidensi pertama, Indonesia mendapat apresiasi dari para duta besar anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada sidang Dewan Keamanan (DK) PBB di Markas Besar PBB New York tahun 2019.

“Presidensi Indonesia berjalan lancar dengan program-program yang sangat baik dan kami mengapresiasi kepemimpinan Indonesia sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB yang tegas dan berwibawa pada bulan ini,” ujar wakil tetap Rusia untuk PBB di New York, Duta Besar Vassily Nebenzia. Hal serupa juga disampaikan oleh wakil tetap negara-negara lainnya.

Selain itu, apresiasi juga datang dari kalangan media di PBB dan beberapa organisasi masyarakat madani.

Terpilih menjadi Dewan Ekonomi Sosial PBB

Indonesia mendapat kehormatan dan kepercayaan sebagai anggota Dewan Ekonomi dan Sosial (Economic and Social Council/ECOSOC) Perserikatan Bangsa Bangsa periode 2021-2023 dari Kelompok Asia-Pasifik. Indonesia memperoleh 186 suara dari total 190 suara. Sebagai anggota ECOSOC, Indonesia berkomitmen untuk terus berpartisipasi aktif dalam mendorong upaya pencapaian Agenda Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) 2030.

Perguruan Tinggi masuk 100 Besar Dunia

Tiga perguruan tinggi Indonesia menorehkan prestasi sangat membanggakan dengan berada pda peringkat 100 besar dunia pada Times Higher Education Impact Ranking yaitu UI di peringkat 47, UGM di peringkat 72, dan IPB University di peringkat 77. Pemeringkatan Impact Ranking yang dilakukan oleh Times Higher Education dilakukan dengan mengukur dan melihat peran perguruan tinggi di dunia melalui 17 indikator Tujuan SDGs. Times Higher Education Impact Ranking tahun ini diikuti 766 institusi bergengsi di seluruh dunia.

Sebagaimana diketahui, pemeringkatan Impact Ranking yang dilakukan oleh Times Higher Education dilakukan dengan mengukur dan melihat peran perguruan tinggi di dunia melalui 17 indikator Tujuan SDGs. Times Higher Education Impact Ranking tahun ini diikuti 766 institusi bergengsi di seluruh dunia. Prestasi ini menjadi pemacu semangat perguruan tinggi di Indonesia untuk semakin berkontribusi bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Menjadi Negara Berpenghasilan Menengah ke Atas

Bank Dunia telah menaikkan status Indonesia menjadi negara berpenghasilan menengah ke atas. Ini merupakan bukti ketahanan ekonomi Indonesia dan kesinambungan pertumbuhan yang selalu terjaga dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya itu, pencapaian ini pun merupakan buah kerja keras masyarakat dan pemerintah Indonesia dalam upaya untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkualitas, dan berkelanjutan.

Raih Absolute Winner di Olimpiade Matematika

Tim SIMETRI Indonesia meraih prestasi gemilang di Olimpiade Matematika Tuymaada ke-27, Rusia. Salah satu anggota delegasi asal Indonesia, Stanve Avrilium Widjaja meraih predikat Absolute Winner atau nilai tertinggi di antara semua peserta. Prestasi tim Indonesia 2020 adalah pencapaian tertinggi dalam kancah Olimpiade Matematika selama ini. Tidak hanya itu, siswa asal SMA Ipeka Plus BSD itu juga memperoleh predikat perfect score dan special award for elegant solution.

Demikian 5 prestasi Indonesia di tahun 2020 yang tentu saja membuat kita bangga. Tentunya masih banyak lagi pencapaian dan prestasi Indonesia lainnya di dunia internasional sepanjang tahun 2020.


P Adi/VMN/BLJ