Ada Fitur Baru dari Instagram nih, namanya Recently Deleted !

(Business Lounge Journal – News)

Instagram (IG) dikabarkan baru saja meluncurkan fitur baru yang disebut Recently Deleted. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa memunculkan kembali postingan yang sudah dihapus, entah itu adalah postingan yang sengaja dihapus atau tidak sengaja terhapus. Fitur ini mirip dengan folder “recently deleted” yang ada di aplikasi foto untuk perangkat iOS. Bukan hanya postingan berupa foto atau video yang bisa dikembalikan, fitur ini juga bisa mengembalikan IGTV, Stories, dan Reels.

Dengan adanya fitur ini, maka ini bisa menjadi cara ketika pengguna tanpa sengaja menghapus kontennya. Pengguna mendapatkan kesempatan untuk memperbaharui kembali konten yang telah dihapusnya. Selain itu fitur ini juga dibuat sebagai upaya dari Instagram untuk melawan perentasan (hacking). Adanya fitur ini akan menolong pengguna dalam mengamankan konten akunnya dari peretas.  “Kami tahu peretas terkadang menghapus konten pengguna ketika mereka mendapatkan akses ke akun, dan orang tidak dapat dengan mudah mendapatkan kembali foto dan videonya”, demikian keterangan dari pihak Instagram. Sementara konten ini sangat penting bagi penggunanya, khususnya bagi mereka yang menggunakan Instagram sebagai akun bisnisnya, atau bagi pengguna yang memanfaatkan Instagram sebagai arsip foto keluarga.

Nah dengan adanya fitur Recently Deleted ini, tiap postingan berupa foto, video, reels, video, dan IGTV yang dihapus akan ditampung dalam folder Recently Deleted. Unggahan yang sudah dihapus ini tidak bisa dilihat oleh pengguna lain, akan tetapi tetap bisa terlihat oleh pemilik akun jikalau berubah pikiran untuk memulihkannya. Dalam  30 hari kedepan, pemilik akun dapat mengakses konten yang telah dihapus itu untuk memulihkannya. Caranya adalah masuk ke bagian setting, lalu pilih menu Recently Deleted, lalu pilih postingan yang ingin diperbaharui, kemudian tekan restore. Demikian juga kalau pengguna ingin menghapus postingannya secara permanen. Sementara untuk konten Stories, Instagram memberikan waktu 24 jam untuk pengguna yang ingin mengembalikan Stories-nya.

Untuk bisa menghapus atau memulihkan postingan dari Recently Deleted, pihak Instagram mewajibkan penggunanya untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu, dengan demikian dapat dipastikan bahwa yang ingin melakukan pengembalian atau penghapusan konten secara permanen bukan pihak lain tapi pemilik akun yang sah. Langkah ekstra ini pada dasarnya adalah bentuk verifikasi dua langkah. Verifikasi akan dilakukan by sms atau email.

Untuk dapat menggunakan fitur baru ini, pengguna harus terlebih dahulu melakukan pembaharuan aplikasi Instagramnya ke versi yang terbaru. Sayangnya menurut informasi yang didapat, meskipun fitur ini sudah diluncurkan secara global, akan tetapi belum tersedia bagi pengguna Instagram di Indonesia. Nah nampaknya warganet di tanah air harus bersabar menunggu hadirnya fitur baru ini nih.

RH/VMN/BLJ