ReWalk Robotics Ciptakan Alat untuk Pasien Pasca Stroke

(Business Lounge Journal – Tech)

Banyak dari pasien pasca stroke, mengalami gangguan untuk dapat berjalan. Hal ini mendorong ReWalk Robotics, Ltd, menyumbangkan perangkat robot medisnya untuk digunakan dalam membantu para pasien pasca stroke untuk dapat berlatih berjalan.

Alat yang disebut dengan ReStore Exo-suite ini dibuat untuk menggantikan teknologi robotik yang banyak digunakan sebelumnya. Dengan mempertimbangkan fleksibiltas dan multifungsi, maka perusahaan produsen perangkat medis robotik ini berinisiatif mengembangkan alat yang sebelumnya dikembangkan oleh universitas Harvard untuk mereka yang mempunyai disabilitas tungkai bawah seperti yang sering kali dialami oleh pasien pasca stroke.

Restore Soft Exosuit berupa sebuah alat yang dililitkan pada tungkai bawah yang mengalami gangguan fungsinya dan terhubung dengan alat lainnya yang dipasang pada pinggang pasien.

Brooks Rehabilitation, yang berlokasi di Jacksonville, Florida adalah klik rehabilitasi stroke yang pertama mendapatkan sumbangan Restore Soft Exosuit ini. Brooks telah menggabungkan dokter yang sangat terlatih dengan teknologi terbaru untuk memajukan rehabilitasi melalui inovasi dan praktik berbasis penelitian. Bagi Brooks Rehabilitation, teknologi yang mereka gunakan dalam rehabilitasi bukanlah sebagai alat, tetapi sebagai sumber daya untuk membantu para dokter sehingga dapat mencapai hasil yang lebih berkualitas selama rehabilitasi pasien.

RB/VMN/BLJ