(Business Lounge Journal – News and Insight)

Sekarang kita sudah tahu bahwa peralatan teknologi yang kita gunakan sehari-hari justru menjadi rumah yang nyaman bagi banyak bakteri. Keyboard laptop Anda, adalah salah satunya karena ternyata dapat mengandung bakteri 20.000 kali lebih banyak daripada dudukan toilet di kamar mandi Anda. (Baca: Seberapa Rawan Meja Kerjamu?).

Sekarang mari kita mencoba membersikan keyboard laptop Anda dan mengembalikannya seperti baru lagi.

Matikan dulu powernya
Sebelum Anda memulai, matikan komputer Anda. Anda tidak ingin secara tidak sengaja menekan kombinasi tombol yang ternyata dapat menyebabkan bencana. Cabut kabel listriknya untuk mengurangi risiko korsleting jika ada uap air di dalamnya. Pastikan Anda mempunyai backup atas seluruh data penting Anda jika terjadi kesalahan besar. (Bukan hendak menakut-nakuti, tetapi mempunyai kebiasaan untuk melakukan back up data adalah kebiasaan yang baik walaupun Anda tidak sedang membersihkan keyboard Anda.)

Menyingkirkan remah-remah
Untuk membersihkan remah-remah terbesar, debu, atau kotoran lain yang berkeliaran di sela-sela tombol-tombol keyboard Anda, balikkan laptop Anda dan biarkan semua kotorannya keluar. Anda dapat mengetuk perlahan bagian bawah untuk menghilangkan partikel yang membandel. Anda juga dapat menggunakan alat pembersih seperti pipet besar yang sering kali digunakan untuk membersihkan keyboard dengan memencet berulang dan mengarahkan angin yang keluar ke antara tombol-tombol keyboard untuk mengeluarkan kotoran.

Jika itu belum berhasil, Anda dapat menggunakan penyedot debu dengan alat tambahan kecil dan pengaturan daya terendah. Jika Anda memiliki penyedot debu genggam kecil, tentunya lebih baik. Anda juga dapat mencoba perangkat lain yang menghembuskan udara (seperti pengering rambut). Namun jangan menyemprotkan udara langsung di bawah penutup tombol; sebab dapat merusak elektronik yang sensitif.

Jika Anda telah melakukan semua ini dan masih memiliki beberapa kotoran di bawah tombol-tombol keyboard Anda, Anda mungkin perlu mengadakan sedikit pembongkaran, namun semua tergantung pada model laptop Anda. Dalam beberapa kasus, hal itu tidak mungkin dilakukan karena itu jika Anda perlu melepas keycaps, cari tahu model laptop Anda dan ikuti petunjuk pabrikan.

Disinfeksi dan hilangkan noda
Selanjutnya, bersihkan permukaan keyboard itu sendiri untuk menghilangkan kuman dan noda yang ada. Pertama, bersihkan semuanya dengan lap desinfektan. Hindari tisu yang mengandung pemutih. Jika Anda tidak memiliki tisu, kain lembut dengan sedikit alkohol gosok juga bisa digunakan. Seka keycaps satu per satu, serta area di antaranya, untuk memastikan bahwa Anda sudah membersihkan setiap permukaan.

Pastikan bahwa tidak ada cairan apa pun yang masuk ke bawah, jadi jangan gunakan kain yang basah kuyup. Jika perlu, peras tisu Anda sebelum digunakan. Jangan menyemprotkan air atau cairan pembersih apapun langsung ke keyboard.

Selanjutnya, bersihkan semuanya dengan kain lembab (sekali lagi: lembab, tidak menetes). Idealnya, gunakan kain mikrofiber. Jika Anda tidak memilikinya, kain lain tidak apa-apa. Cobalah untuk menghindari sesuatu yang abrasif yang dapat menggores seperti handuk kertas.

Terakhir, keringkan area tersebut dengan kain lembut lainnya. Selesai – semuanya telah bersih! Jangan lupa untuk melakukannya secara berkala.

RB/VMN/BLJ

3 Responses

  1. Tania

    Bagus banget tips nya. Udah sering coba lakukan dan jadi lebih enak bekerja.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.