(Business Lounge Journal – News and Insight)

Google berencana untuk menghentikan salah satu keunggulan layanan terbaiknya saat ini, yaitu Google Photo. Mulai 1 Juni 2021, setiap foto atau video “berkualitas tinggi” yang Anda unggah ke layanan akan dihitung berdasarkan batas 15 GB ditambah dokumen, slide, dan spreadsheet Google Workspace Anda. Setelah Anda melewati batas tersebut, Anda harus membayar untuk penyimpanan Google One.

Foto dan video “berkualitas tinggi” apa pun yang Anda upload sebelum 1 Juni tidak termasuk dalam pembatasan, sehingga Anda memiliki waktu untuk memutuskan apakah Anda ingin terus menggunakan layanan tersebut. Selain itu, pemilik Pixel tidak perlu khawatir untuk membeli penyimpanan tambahan, karena mereka akan dibebaskan dari batasan.

Foto dan video “kualitas tinggi” akan dikompres oleh layanan agar tidak memakan banyak ruang tetapi Anda juga dapat mengunggah konten tanpa mengompresnya, namun itu selalu dihitung dari batas penyimpanan Anda dan akan terus demikian. Sejak Foto dirilis pada tahun 2015, salah satu aspek terbaik dari layanan ini adalah kenyataan bahwa Anda dapat mengunggah kenangan tanpa khawatir harus menghapus apa pun.

Menurut Google, perubahan kebijakan ini dibuat untuk mengimbangi permintaan penyimpanan yang terus meningkat.

Untuk mempersiapkan para pengguna menerima perubahan ini, Google berencana untuk memperkenalkan alat baru yang dikatakan akan membantu pengguna foto untuk mengelola konten cadangan mereka dengan lebih mudah. Fitur ini akan memunculkan foto yang buram atau gelap dan menyarankan Anda menghapusnya untuk menghemat ruang.

Tarif Google One tidak berubah, sama seperti sebelumnya, yaitu $2 per bulan dan memberi Anda akses ke penyimpanan sebesar 100GB. Terlebih lagi, Google berharap lebih dari 80 persen pengguna Foto tidak perlu khawatir tentang batasan baru selama tiga tahun lagi.

Google memang mulai mencari cara lebih banyak untuk memonetisasi layanan. Baru minggu lalu, perusahaan memperkenalkan fitur pengeditan premium dalam foto yang hanya tersedia untuk pelanggan Google One.

RB/VMN/BLJ

Related Posts

2 Responses

  1. franca

    thanks for this info. I’ll share to my friends who love photograph

    Reply
  2. Sonn

    Media penyimpanan Google One mungkin kurang populer di kalangan netizen umum, yang tidak hobi foto editing atau fotografi.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.