(Business Lounge Journal – Tech)

“Habis manis sepah dibuang”, begitukah Anda memperlakukan ponsel lama Anda yang telah menemani hari-hari Anda selama sekian lama? Kegembiraan mendapatkan ponsel baru sering kali membuat Anda melupakan ponsel lama Anda. Dengan cepat, segera membuka laci dan membiarkannya teronggok di sana. Lebih parahnya lagi jika Anda hanya menggunakannya sebagai salah satu alat pengganjal di meja kerja Anda.

Hanya karena Anda memiliki ponsel baru yang bagus, bukan berarti Anda harus membuang ponsel lama. Apalagi bila ponsel lama Anda masih ada dalam kondisi yang baik. Kecuali jika baterainya telah menggelembung atau layar yang pecah, ini jelas akan mempengaruhi tampilannya.

Ada banyak cara untuk memanfaatkan ponsel lama Anda. Lagi pula, sebagian besar smartphone lama masih memiliki kekuatan yang lebih. Anda dapat mengalihkan fungsi ponsel Anda tanpa harus menggunakan SIM card. Berikut adalah beberapa saran tentang apa yang harus dilakukan dengan ponsel lama itu, selain memutuskan untuk menjualnya.

Simpanlah sebagai ponsel cadangan
Pada suatu kesempatan tak terduga, bisa saja Anda akan membutuhkan ponsel cadangan. Misalnya, ketika ponsel baru terselip (baca: hilang), dicuri orang, atau kejadian tidak diharapkan lainnya. Dengan cepat Anda dapat mempergunakan ponsel lama Anda kembali.

Jadikan remote
Anda mungkin telah mengetahui bahwa ponsel dapat berfungsi dengan baik sebagai remote control untuk TV atau perangkat streaming. Apple TV memiliki aplikasi remote control yang bagus untuk iOS, dan aplikasi Google Home akan mengontrol perangkat Chromecast di iOS dan Android. Aplikasi Roku untuk Android dan iOS mereplikasi remote ikoniknya. Aplikasi remote control lainnya termasuk aplikasi Amazon Fire TV untuk Android dan iOS, dan aplikasi TiVo untuk Android dan iOS juga.

Di satu sisi, aplikasi remote pada ponsel lebih baik daripada remote yang sebenarnya, sebab memiliki keypad, sehingga kita dapat mencari lebih cepat dengan menuliskan judul daripada scrolling di screen keyboard di layar perangkat itu sendiri.

Platform game
Anda dapat menggunakan ponsel lama Anda sebagai perangkat game. Gamer itu inventif; ada banyak gadget, seperti Moga Mobile Gaming Clip For Xbox Wireless Controllers, yang memungkinkan Anda menempelkan ponsel ke pengontrol Xbox atau Playstation untuk menjalankan permainan. Tetapi berhati-hatilah: kompatibilitas tidak selalu universal di seluruh platform atau dengan semua game, dan beberapa pengontrol lebih sensitif pada beberapa jenis game. Pertimbangkan bagaimana dan apa yang Anda mainkan sebelum Anda membeli game tersebut.

Sebagai web cam
Webcam sangataman digunakan dalam beberapa aplikasi online meeting seperti Zoom. Cobalah untuk mengalihfungsikan ponsel lama Anda menjadi webcam.
Jadikan mobile library Anda

Dahulu kala, sebelum iPhone, Anda harus membawa dua perangkat: ponsel dan pemutar musik terpisah seperti iPod. Sekarang Anda dapat menjadikan ponsel lama Anda sebagai perangkat penyimpanan media pribadi Anda, baik untuk mendengarkan musik (terutama jika Wi-Finya masih berfungsi) sebagai platform streaming, juga dapat menjadi solusi sempurna untuk menghibur anak kecil saat bepergian.

Hibahkan saja
Ponsel lama Anda tentu saja dapat menjadi ponsel pertama untuk adik kecil yang masih belajar atau juga bagi mereka yang tertarik untuk mempelajari bagian-bagian dari handphone. Mereka dapat membongkarnya dan merakitnya kembali, bahkan memodifikasinya.

Jadi jangan buang ponsel lama Anda!

RB/VMN/BLJ

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.